Sponsors Link

6 Langkah Pencegahan Luka Bakar Yang Sangat Efektif

Sponsors Link

kanker kulitLuka bakar merupakan suatu kondisi kerusakan kulit akibat terkena panas atau terbakar yang menyebabkan kulit menjadi melepuh. Luka bakar menyebabkan rasa sakit yang cukup luar biasa bagi seseorang jika lukanya parah. Pada luka bakar ringan, luka ini akan berbekas dan sulit dihilangkan meskipun sudah melakukan pengobatan yang benar. Ada pula penyebab bekas luka terasa sering gatal yang juga perlu diketahui. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan terjadinya luka bakar.

ads

1 . Hindari Api

Api menjadi penyebab luka bakar yang utama sehingga harus berhati-hati jika beraktivitas yang berhubungan dengan api. Seperti saat memanggang atau membuat bara api untuk panggangan. Jangan terlalu dekat dengan api saat api sedang menyala.

2. Gunakan Pelindung Tangan Saat Memasak

Saat memasak, tangan sering kali menjadi korban luka bakar akibat terkena wajan panas atau percikan minyak panas. Untuk itu, pencegahan luka bakar yang disebabkan karena kegiatan memasak ini bisa dengan memakai pelindung saat memasak. Seperti menggunakan manset, baju lengan panjang atau sarung tangan tebal untuk mengangkat wajan panas.

3. Hindari Uap Panas Mendidih

Uap panas juga bisa menyebabkan luka bakar jika sedang dalam keadaan mendidih. Maka dari itu berhati-hatilah saat memasak yang menghasilkan uap panas, seperti saat mengangkat tutup panci yang sedang mendidih. Jadi jangan heran kulit sering luka sendiri tanpa disadari karena uap panas ini. Atau bisa juga disebabkan oleh penyakit impetigo yang bisa diobati dengan salep untuk penyakit kulit impetigo.

4. Hati-hati Saat Menyetrika

Setrikaan listrik yang sedang panas juga bisa menyebabkan luka bakar. Begitu juga dengan sterika uap yang menghasilkan uap panas bagi pekerja laundry, oleh karena itu berhati-hatilah saat menyetrika pakaian guna menghindari terjadinya luka bakar.

5. Hindari Air Panas

Kita kerap kali berhubungan dengan air panas setiap harinya, baik untuk menyeduh minuman, memasak atau merebus air untuk mandi air hangat. Sehingga rentan sekali untuk terkena luka bakar, maka untuk mencegah luka bakar diperlukan kehati-hatian dalam bekerja. Selalu periksa kondisi pegangan panci, pegangan yang sudah rusak dan goyah berisiko terlepas saat mengangkat air panas.

Juga, selalu cek kondisi air yang digunakan untuk mandi, terlebih jika air tersebut diperuntukkan untuk anak-anak yang kulitnya jauh lebih sensitif dari pada kulit orang dewasa. Air panas juga bisa menyebabkan ruam merah pada kulit tapi tidak gatal.

6. Hindari Berjemur Diterik Matahari Dalam Waktu Lama

Terik matahari juga bisa menyebabkan luka bakar, oleh karena itu perlu menghindari berada di bawah terik matahari dalam jangka waktu yang lama untuk pencegahan luka bakar terjadi. Kulit yang terbakar matahari akan terlihat memerah dan menghitam, pada kondisi lebih parah bisa menyebabkan kulit mengelupas dan juga bisa memicu kanker kulit.

7. Jauhi Bahan Kimia Keras

Hindari juga produk-produk berbahan kimia keras yang juga bisa menyebabkan luka bakar jika terkena kulit. Terlebih jika menyimpan produk cairan tersebut dirumah, harus diletakkan ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan sebagai langkah pencegahan luka bakar.

8. Jauhkan Kaki Dari Knalpot

Knalpot motor juga sering menyebabkan luka bakar pada seseorang. Hal ini terjadi justru karena ketidaksengajaan menyentuh knalpot saat turun dari motor atau berdiri di dekat motor. Jika sudah terlanjur, perlu disimak cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan cepat.

Demikianlah 6 pencegahan luka bakar saat beraktivitas sehari-hari. Selalu berhati-hati dan waspada jika berhubungan dengan hal-hal yang bisa mengundang bahaya seperti luka bakar ini. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit bekas luka.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan