Sponsors Link

9 Pantangan Makanan Vitiligo yang Wajib Anda Hindari

Sponsors Link

Penyakit vitiligo, merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit yang memiliki beberapa penyebab. Sebelum masuk kepada apa saja pantangan makanan penyakit vitiligo, artikel kali ini akan menjelaskan apa maksud dari penyakit vitiligo tersebut, penyebabnya, dan juga cara mengatasinya.

ads

Maksud penyakit vitiligo

Berikut beberapa hal penting mengenai vitiligo,

  • Penyakit vitiligo, menurut wikipidia.org merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguan pigmentasi di mana melanosit atau sel yang membentuk atau membuat pigmen (warna kulit)  di kulit hancur lalu menyebabkan ketidakmampuannya menghasilkan pigmen. Hal ini mengakibatkan munculnya bercak putih pada kulit di bagian tubuh yang berbeda-beda.
  • Penyakit vitiligo ini, bisa menyerang hampir setiap bagian tubuh mana pun, baik itu bagian kulit, bagian mulut, rambut, bahkan mata sekalipun. Ketika tubuh mengalami serangan penyakit vitiligo, maka ketika itu juga sel yang membentuk melamin dan penting bagi tubuh , berhenti berfungsi dikarenakan sel-sel tersebut rusak atau bahkan mati.
  • Vitiligo menyebabkan munculnya bercak-bercak putih pada kulit, karena melanin yang mengalami gagal dan tidak mampu memproduksi warna kulit.
  • Banyak orang yang menyamakan penyakit vitiligo dengan panu. Padahal sebenarnya itu sebuah kekeliruan panu di sebabkan oleh infeksi jamur, sementara vitiligo disebabkan melanin yang tidak mampu memproduksi warna kulit.
  • Vitiligo, bisa dikategorikan sebagai penyakit jangka panjang yang bisa menyerang siapa saja dengan rentang usia berapa saja. Namun, penyakit ini lebih banyak ditemukan oleh penderita berusia di antara 20 tahun.
  • Penyakit vitiligo dikategorikan dua jenis. Jenis pertama adalah yang menyerang kedua sisi tubuh, dan jenis penyakit vitiligo yang kedua adalah hanya menyerang beberapa bagian tubuh tertentu saja.

Gejala penyakit vitiligo

Sebelumnya, Anda harus mengetahui dahulu, bagaimana gejala penyakit vitiligo ini. Karena bisa menyerang bagian tubuh mana pun. Beberapa gejala vitiligo antara lain,

  • Gejala paling awal yang bisa mendeteksi penyakit ini adalah munculnya bercak di bagian tubuh yang warnanya cenderung lebih muda dari warna kulit normal dan lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih. Meski begitu, perbedaan warna kulit belum tentu berarti vitiligo. Karena selain vitiligo, ada beberapa penyebab perubahan warna kulit  lainnya yang mungkin terjadi.
  • Pada tepian bagian yang terkena vitiligo, bisa mengalami kemungkinan kulit memerah dan mengalami peradangan.
  • Bercak yang timbul, bersifat permanen dan akan rentan sekali terbakar jika terpapar sknar matahari.
  • Dan walaupun tidak berpotensi menimbulkan iritasi, namun tidak dipungkiri bahwa penyakit vitiligo bisa menimbulkan sensasi rasa gatal.

Penyebab penyakit vitiligo

Sebenarnya, hingga saat ini para ahli masih juga belum mengetahui secara pasti apa penyebab vitiligo. Namun, ada beberapa pakar yang mencoba merumuskan beberapa hal yang bisa dan dapat memicu timbulnya penyakit vitiligo ini, beberapa di antaranya adalah :

  • Autoimun di dalam tubuh. Sebagian orang yang menderita penyakit autoimun diakibatkan oleh sistem kerja imun di dalam tubuh yang memiliki tugas utama melawan dan menyerang bakteri serta virus penyakit, malah berbalik menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Ini diakibatkan karena sistem imun tubuh keliru ketika menilai sel tubuh sehat justru dianggap sebagai benda asing yang berbahaya layaknya bakteri, virus dan sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan pigmen kulit menjadi rusak dan menyebabkan warna kulit menjadi terlihat memudar.
  • Serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah zat yang menimbulkan kerusakan pada sel tubuh manusia dan melakukan penyerangan terhadapnya. Terpaparnya tubuh manusia akan radikal bebas dalam jangka waktu yang lama menyebabkan dampak buruk bagi tubuh dan menyebabkan sel-sel pigmen kulit mengalami kerusakan sehingga memicu timbulnya penyakit vitiligo. Adapun jenis radikal bebas yang bisa memicu timbulnya penyakit vitiligo adalah paparan asap rokok, zat kimia seperti pestisida, bahkan radiasi sinar UV.
    Sponsors Link

  • Emosi. Faktor selanjutnya yang memicu penyakit vitiligo adalahfaktor emosional. Kondisi di mana seseorang tidak mampu mengendalikan emosinya sehingga mudah marah, sering merasa stres dan sedih yang berlebihan, hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit vitiligo. Maka sebaiknya, hindarilah stres berlebih dan lakukan kontril terhadap emosi Anda, agar tidak terjangkit penyakit ini.
  • Pigmen kulit yang tidak sempurna. Pada kondisi ini, erat sekali hubungannya dengan faktor genetik atau keturunan. Sel-sel pigmen yang tidak sempurna menyebabkan pigmen kulit bermasalah hingga akhirnya timbullah penyakit vitiligo.
  • Bahan kimia. Penyakit vitiligo juga, bisa disebabkan oleh pemakaian atau penggunaan krim yang mengandung bahan kimia di dalamnya. Pemakaian krim yang mengandung bahan kimia secara berkelanjutan dan terus menerus ditambah dengan paparan sinar matahari langsung pada tubuh, yang bisa menyebabkan terjangkitnya penyakit vitiligo. Pada penderita, makanan mengandung bahan kimia juga menjadi salah satu pantangan makanan penyakit vitiligo terpenting.
  • Autotoxic. Kondisi ini merupakan kondisi di mana masuknya zat beracun ke dalam tubuh, yang hal tersebut bisa menyebabkan rusaknya kualitas melanosit ketika memproduksi melanin. Hal inilah yang dapat memicu penyakit vitiligo.
  • Keturunan. Ini yang sering dan banyak sekali terjadi, bahwa vitiligo merupakan penyakit genetik dan bawaan.
  • Paparan sinar UV. Terpaparnya sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan penyakit vitiligo muncul
  • Stres. Stres dan emosi yang meledak-ledak pun, merupakan salah satu pemicu munculnya vitiligo
  • Bahan kimia. Penggunaan kosmetik, dan bahan-bahan perawatan tubuh lainnya yang mengandung bahan kimia berlebihan lalu digunakan dalam jangka waktu yang lama, tidak diragukan lagi bisa memicu timbulnya penyakit ini.
ads

Secara umum,  penyakit vitiligo ini di alami rata-rata oleh sekitar 1 s.d 2% dari penduduk dunia. Penyakit vitiligo ini biasanya akan semakin tampak jelas ketika si penderita menginjak usia 2 tahun. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit dengan tingkat pertumbuhan yang cepat,  jadi jika si penderita terlambat menyadari dan terlambat menanganinya,  maka vitiligo akan menyebar dengan cepat ke bagian-bagian tubuh tertentu seperti punggung,  tangan,  wajah hingga kaki. Selain itu ada pantangan penyakit vitiligo yang wajib diketahui agar tidak memperparah kondisi si penderita.

Pantangan Makanan Vitiligo

Dan informasi terakhir yang akan disampaikan adalah pantangan makanan vitiligo yang sebaiknya dihindari,

  • Makanan yang mengandung bahan pengawet seperti mie instan dan makanan instan lainnya. Seperti misalnya :
  • Susu beserta produk olahan. Susu seperti susu kambing maupun sapi, sebaiknya dihindari. Dan olahan lainnya yang juga harus dihindari seperti permen yang terbuat darisusu, keju, yougurt dan produk olahan susu lainnya.
  • Fast food atau makanan cepat saji. Produk olahan lainnya yang sebaiknya dihindari bagi penderita vitiligo adalah produk makanan cepat saji. Karena mengandung bahan pengawet yang berlebihan. Bahkan ikan dan daging merah pun sebaiknya tidak di konsumsi
  • Minuman kaleng. Berikutnya adalah, jenis yang harus dihindari adalah minuman kaleng. Sama halnya dengan makanan cepat saji adalah minuman kaleng. Karena diyakini bahwa minuman kaleng mengandung terlalu banyak bahan pengawet serta gula buatan yang tidak baik bagi penderita vitiligo.
  • Makanan berminyak dan pedas. Makanan seperti gorengan bahkan yang bersantan sangat tidak baik untuk dikonsumsi dan sebaiknya dihindari.

Selain ada jenis pantangan makanan penyakit vitiligo, ada juga makanan sehat yang untuk kesehatan kulit, seperti :

  • Buah-buahan segar
  • Sayuran segar
  • Minyak zaitun
  • Dan makanan yang mengandung asam folat, vitamin B, zink dan omega 3

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna kulit yang menjadi putih akibat penyakit vitiligo ini. Mulai dari penggunaan tabir surya dengan SPF tinggi sehingga kulit terlindungi. Manfaat dari tabir surya ini adalah melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet dan paparan sinar matahari secara langsung.

Penggunaan krim lain yang juga banyak di jual di pasaran pun bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyamarkan warna kulit yang terjangkit vitiligo. Krim ini biasanya mampu tahan jika terkena air sehingga jika bagian tubuh yang terjangkiti vitiligo bersentuhan dengan air, maka krim tersebut akan tetap dan tidak ikut hilang.

Dan di bawah ini,  beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit vitiligo, antara lain,

  • Suplemen vitamin D. Vitamin D,  pada dasarnya dapat diperoleh dari sinar matahari. Namun,  dikarenakan orang yang terjangkit vitiligo dilarang terkena paparan sinar matahari langsung,  maka vitamin D ini sangat diperlukan. Dikarenakan pentingnya vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi maka mengonsumsi vitamin D sangat di anjurkan bagi penderita vitiligo. Danmengonsumsi vitamin D disarankan untuk dipadukan dengan kortikosteroid atau fototerapi.
    Sponsors Link

  • Obat oles. Beberapa jenis obat oles yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan seperti tacrolimus, kortikosteroid, atau pimecrolimus dan losion depigmentasi. Salep ini sebenarnya hanya berfungsi untuk menutupi bercak-bercak yang bentuknya kecil dan salep ini juga tidak baik digunakan pada bagian wajah juga pada ibu hamil.
  • Terapi cahaya. Pada terapi ini menggunakan cahaya ultraviolet A atau B bertujuan mengembalikan warna kulit yang terkena vitiligo.
  • Terapi laser. Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit. Namun,  pada terapi ini hanya efektif untuk bagian kulit yang hanya sedikit dan tidak menyebar terlalu lebar.
  • Operasi cangkok kulit. Pada proses operasi ini adalah dengan mengambil bagian tubuh yang tidak terkena vitiligo dan digunakan untuk menutupi bagian tubuh yang terserang vitiligo.
  • Dokter kulit. Langkah terakhir adalah sebaiknya Andamengonsultasikan ke pada para ahli seperti dokter kulit,  untuk mengetahui langkah terbaik dalam penanganan penyakit vitiligo ini.
  • Obat tradisional. Diketahui ada beberapa obat tradisional vitiligo yang ampuh dan bisa Anda konsumsi di antaranya kunyit dan lada hitam.
  • Cangkok kulit. cangkok kulit dapat menyembuhkan vitiligo pada penderita? Pada dasarnya, cangkok kulit merupakan alternatif terakhir untuk menyembuhkan vitiligo. Hal itu pun hanya bisa dilakukan pada vitiligo yang mempunyai ukuran relatif kecil.

Demikian tadi, beberapa informasi yang berkaitan dengan penyakit vitiligo, mulai dari pengertiannya, penyebabnya, cara penanganannya hingga ke jenis pantangan makanan penyakit vitiligo dan makanan yang baik dikonsumsi bagi si penderita. Semoga bermanfaat bagi Anda dan tetap jaga kesehatan.

Sponsors Link
, , , , ,