Sponsors Link

7 Pantangan Makanan Untuk Penderita Eksim Kering yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Penyakit kulit eksim atau Eczema bisa terjadi pada anak-anak atau pun orang dewasa. Penyebab penyakit eksim basah dan kering sendiri dipercayai karena ketidak mampuan kulit dalam memperbaiki sel-sel dirinya, sehingga bakteri, kuman, serta virus dapat dengan mudah menyusup masuk. Inilah yang menyebabkan kulit penderita eksim mengalami pembengkakan, munculnya ruam merah hingga tanda-tanda seperti terjadinya alergi.

ads

Pada masyarakat umum, eksim dibagi menjadi 2 jenis berbeda. Eksim basah dan kering. Eksim kering menahun memiliki gejala seperti kulit kering yang bersisik, dan menebal. Selain itu juga, eksim kering ini tidak begitu menimbulkan rasa gatal. Hal ini bukan hanya menjadi salah satu perbedaan antara eksim kering dan basah. Namun juga perbedaan kurap dan eksim kering. Eczema atau eksim kering sering ditengarai sebagai belum adanya infeksi dari bakteri atau pun virus pada kulit.

Berbeda dengan eksim basah yang lebih memerlukan perawatan lanjut, eksim kering cukup dicegah agar tidak kambuh. Serta tentunya agar tak ada bakteri serta virus yang menginfeksi kulit. Ada beberapa cara untuk menghindari kambuhnya eksim kering ini. Mulai dari menghindari stress, memperhatikan penggunaan kosmetik, menghindari pantangan makanan untuk penderita eksim kering, hingga membatasi waktu mandi terlalu lama bikin eksim. Untuk pantangan makanan untuk penderita eksim kering, di bawah ini kami memiliki daftar 7 diantaranya yang wajib dihindari.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memicu alergi. Salah satunya juga, memincu munculnya atau kambuhnya kembali eksim pada kulit. Hal ini salah satunya pernah diungkap oleh seorang ahli gizi, Mansi Belani. Mansi Belani menyebut kacang, terutama jenis kacang tanah merupakan salah satu penyebab reaksi alergi pada perut dan juga ruam kulit.

2. Makanan laut dan ikan

Ada beberapa orang yang memiliki alergi pada seafood serta ikan. Hal ini dikarenakan protein pada makanan laut yang bisa memancing reaksi pada kulit. Jenis makanan laut yang dipercaya bisa menimbulkan reaksi alergi ini seperti udang, cumi-cumi, kepiting, tiram, kerang laut, dan banyak lain. Sedangkan ikan yang biasa memunculkan reaksi merupakan jenis ikan laut. Bukan ikan air tawar. Meskipun untuk penderita eksim tak ada salahnya menghindari jenis makanan ini sepenuhnya.

3. Daging

Beberapa jenis daging, seperti daging sapi juga dipercaya bisa memicu reaksi alergi pada penderita eksim. Protein tinggi pada daging sapi memunculkan rasa gatal dan juga ruam merah pada kulit. Untuk beberapa penderita bahkan juga mengeluhkan adanya rasa terbakar pada bagian kulit yang memerah.

Beberapa dokter menyarankan penderita eksim untuk menghindari konsumsi daging sapi dan juga kambing. Salah satunya karena tingginya kadar protein dari kedua jenis daging tersebut. Beberapa jenis daging merah lain seperti kerbau dan domba lebih aman untuk dikonsumsi penderita eksim ini.

4. Susu sapi

Nyaris sama dengan daging sapi, susu sapi juga bisa memunculkan reaksi alergi. Meskipun tidak seluruh penderita eksim akan menunjukan reaksi alergi pada susu sapi, sebagian besar penderita mengeluhkan munculnya rasa mual dan juga sakit kepala setelah mengonsumsi susu. Susu sapi juga mengakibatkan munculnya bintik merah pada kulit setelah terjadinya ruam.

Sponsors Link

5. Telur

Pernah mengalami mengonsumsi telur terlalu banyak hingga muncul bisul? Bisul pada kulit karena konsumsi telur diakibatkan tingginya kadar protein. Protein dalam telur bisa memancing reaksi alergen pada kulit hingga muncul bisul. Telur menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita eksim kering salah satunya karena alasan yang sama.

Protein pada telur akan langsung bereaksi dengan keadaan kulit penderita eksim yang sudah cukup sensitif. Hingga akhirnya memunculkan reaksi alergi. Reaksi alergi yang biasa muncul seperti misalnya rasa gatal, panas, hingga terlihat adanya bintik-bintik berair pada ruam mereka eksim.

6. Konsumsi garam dan sodium berlebihan

Ada alasan tersendiri mengapa penderita eksim dianjurkan untuk makan makanan sehat. Salah satunya, kandungan garam dan juga sodium yang tinggi pada makanan siap saji bisa menyebabkan eksim bertambah parah. Ini karena garam serta sodium akan menyerap lebih banyak air dari tubuh. Sehingga tubuh pun lebih mudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada tubuh ini, akhirnya akan berpengaruh pada keadaan kulit. Kulit semakin mudah menjadi kering yang memperparah reaksi eksim itu sendiri.

Sponsors Link

7. Tepung terigu

Pantangan makanan untuk penderita eksim kering berikutnya ialah olahan dari tepung terigu. Tepung terigu mempercepat munculnya gejala celiac pada penderita eksim. Dimana salah satunya ditunjukan dari munculnya gatal-gatal berlebihan serta ruam merah yang berair.

Selain menghindari pantangan makanan untuk penderita eksim kering di atas, Anda juga sebaiknya mengetahui cara mengobati eksim itu sendiri. Ada beberapa jenis obat eksim tradisional yang bisa dikonsumsi untuk menghindari terjadinya reaksi penyakit eksim kering. Bahkan juga untuk menyembuhkan ruam merah, rasa gatal, dan juga panas pada kulit setelah munculnya reaksi alergi karena konsumsi makanan di atas.

Namun tetap saja, jauh lebih baik bila Anda sebisa mungkin menghindari pantangan makanan untuk penderita eksim kering tersebut. Serta sebaiknya mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk menyembuhkan eksim. Semoga informasi di atas berguna untuk kesembuhan penyakit eksim Anda ya!

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman