Sponsors Link

6 Obat Untuk Penyakit Scleroderma Yang Belum Parah

Sponsors Link

Penyakit ini tergolong dalam penyakit langka yang mayoritas menyerang wanita pada usia 30-50 tahun. Sama-sama menyerang autoimun tubuh, scleroderma hampir sama menyakitkan dengan penyakit lupus. Namun dengan mengetahui cara pencegahan penyakit lupus, penyakit scleroderma pun juga dapat diatasi dengan pengobatan salah satunya. Walaupun tidak bisa menyembuhkan secara total, namun pengobatan yang tepat bisa mengurangi gejala yang timbul. Menurut arti secara bahasa, scleroderma berasal dari bahasa Yunani yaitu sclera yang artinya keras dan derma yang artinya kulit.

ads

Jadi arti scleroderma secara sederhana  adalah jenis-jenis penyakit kulit yang berupa pengerasan atau penebalan pada kulit. Untuk arti secara ilmiah adalah suatu penyakit kelainan jaringan ikat yang menyerang kulit dan juga organ tubuh yang lainnya. Penyakit ini menyerang sistem autoimun dalam tubuh, jadi yang seharusnya melindungi tubuh akhirnya menyerang sistem tubuh dari dalam. Cara pencegahan penyakit kulit berbeda dari 1 penyakit dengan lainnya, di artikel ini juga akan dibahas beberapa rekomendasi obat yang bisa digunakan untuk penyakit scleroderma yang belum parah. Berikut daftar obat yang bisa Anda coba di rumah :

  1. Obat Tekanan Darah

Scleroderma bisa mengakibatkan pengerasan pembuluh darah yang memicu terjadinya kerusakan jaringan dan tekanan darah tinggi. Obat ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Selain itu obat ini dapat mencegah jaringan meninggalkan bekas luka. beberapa contoh obat : doxazosin, terazosin hydrochloride, dan prazosin hydrochloride.

  1. Obat Untuk Menekan Sistem Imun

Karena penyakit ini berhubungan dengan sistem autoimun yang cenderung terlalu aktif, sehingga yang seharusnya berfungsi melindungi diri dari bakteri, virus dan serangan dari luar, justru malah menyerang organ-organ sehat dalam tubuh. Jadi obat yang tepat adalah yang berfungsi menekan sistem imun, sehingga akan lebih terkontrol dan terkendali sehingga menghambat keparahan penyakit . Rekomendasi : obat yang mengandung steroid seperti kortikosteroid seperti dexamethasone, methylprednisolone, betametason dll.

  1. Obat Pereda Nyeri

Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita scleroderma diantaranya adalah bengkak dan nyeri pada bagian tubuh tertentu. obat ini juga dipercaya mengobati nyeri perut disertai keputihan. Yang termasuk dalam kategori obat pereda nyeri adalah yang mengandung NSAID seperti ibuprofen, aspirin, asam mefenamat, dll.

  1. Obat Mencegah Infeksi

Rasa yang tidak nyaman pada kulit terluar bisa diatasi dengan penggunaan obat antibiotik baik yang berbentuk krim atau salep. Ini juga bisa untuk salep kulit gatal bintik merah. Selain aman, tentu juga akan dapat menghambat semakin berkembangnya infeksi. Diantaranya yang mengandung menthol dan hidrokortison seperti calamine.

  1. Obat Antibiotik

Obat antibiotik yang disarankan oleh penderita scleroderma yang terbukti membuat tubuh lebih stabil adalah minosiklin (Minocin) dan tetrasiklin. Dalam forum telah banyak komentar positif tentang kedua obat tersebut. disamping itu, ada beberapa obat antibiotik oral untuk infeksi kulit yang dapat juga Anda coba.

  1. Obat Mengurangi Nyeri Asam Lambung

Selain menyerang kulit, scleroderma juga bisa menjalar ke organ dalam, yaitu lambung. Disini fungsi lambung akan berkurang, sehingga penderita cenderung tidak nafsu makan sehingga berat badannya akan turun drastis. Obat yang disarankan adalah yang mengandung omeprazole, yang mampu menurunkan kadar asam yang diproduksi lambung dan juga nyeri ulu hati. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi Antasida untuk membantu mengurangi gejala penyakit asam lambung.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan