Sponsors Link

6 Obat Untuk Kulit Kapalan Yang Mudah Didapatkan

Sponsors Link

Kapalan merupakan kondisi kulit yang berubah menjadi tebal dan merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit. Penebalan kulit akibat kapalan ini terjadi akibat gesekan dan tekanan yang terjadi secara berlebihan. Biasanya muncul pada area kulit seperti tumit, siku dan jari kaki atau berupa penebalan kulit dijari tangan.

ads

Kapalan ini disebut juga dengan nama Callus dan merupakan bentuk dari reaksi tubuh dalam melindungi kulit yang sensitif. Kulit yang mengalami kapalan kesensitifannya berkurang dan warnanya pun umumnya berubah menjadi kekuningan. Kapalan juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman jika terbentuk di telapak kaki. Untuk menghilangkan kapalan bisa menggunakan obat untuk kapalan.

1. Callusol

Callusol ini merupakan obat luar jenis cair yang bisa mengobati kapalan karena mengandung asam salisilat, polidocanol dan asam laktat. Obat ini bekerja dengan cara melunakkan jaringan kulit dan melepaskan penebalan pada kulit dengan melarutkan zat keratin yang menjadi penyebab pengerasan ada kulit sehingga secara bertahap kulit akan mengalami penipisan.

2. Baking Soda

Baking soda mengandung sifat exfoliating yang bisa merawat kulit kaki yang mulai menebal ataupun sudah menjadi kapalan. Penggunaan baking soda sebagai obat untuk kulit kapalan dapat digunakan dengan mudah yakni cukup dengan merendam kulit yang kapalan ke dalam campuran air hangat dan baking soda ini. Untuk mengikis kulit yang sudah kapalan ini bisa menggunakan batu apung atau alat khusus untuk menggosok dan menghaluskan tumit.

3. Minyak Kastor

Minyak kastor diketahui juga mampu untuk melunakkan bagian kulit yang mengeras karena kapalan. Cukup dengan merendam bagian kulit yang mengeras dengan minyak kastor ini, dan diamkan  selama beberapa menit serta lakukan rutin setiap harinya.

4. Sari Lemon

Obat untuk kulit kapalan yang efektif lainnya adalah dengan menggunakan perasan jeruk lemon. Untuk menggunakan cara ini, campuran 1 sendok teh baking soda air lemon dan sedikit air lalu oleskan ke pada kulit yang terkena kapalan dan bungkus dengan kain. Diamkan semalaman dan bersihkan dengan air hangat pada Pagi harinya.

5. Bawang Putih

Obat untuk kulit kapalan yang paling mudah digunakan adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih juga diketahui efektif untuk menghilangkan kapalan pada kulit dengan cara menggosokkan irisan bawang putih pada kulit yang mengeras. Lakukan secara rutin setiap harinya hingga jaringan kulit melunak.

6. Cuka

Air cuka yang bersifat asam ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kapalan dengan melunakkan jaringan kulit yang telah mengeras. Pemakaiannya juga cukup dengan merendam bagian kulit yang mengeras. Selain itu, cuka juga bisa menghilangkan bau pada kaki yang disebabkan oleh bakteri.

Itulah 6 obat untuk kulit kapalan yang terdiri dari salep penghilang kapalan kaki dan tangan dan juga dari beberapa bahan alami yang mudah didapat. Setelah itu ketahui juga cara mengobati kapalan yang sudah terkelupas. Jika sudah terbebas dari kapalan, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit dan perbanyaklah minum air putih. Sementara cara mengatasi kulit mengelupas bisa dengan mengoleskan pelembab kulit secara rutin setiap harinya dan simak juga cara mengecilkan pori-pori kulit.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan