Sponsors Link

6 Obat Tradisional Torsio Testis yang Ampuh untuk Meredakan Rasa Nyeri

Sponsors Link

Torsio testis adalah gejala penyakit kelamin yang terjadi ketika terhambatnya aliran darah menuju kantung zakar atau skrotum akibat terpelintirnya funikulus spermatikus. Funikulus sermatikus ini berbentuk jaringan seperti tali yang berisi pembuluh darah, yang berfungsi sebagai pemasok darah dari dan ke testis. Torsio testis biasanya banyak dialami oleh pria berusia antara 15-2 tahun. Salah satu ciri-ciri penyakit torsio testis adalah munculnya rasa sakit yang luar biasa pada skrotum.

ads

Sampai saat ini belum ditemukan obat tradional torsio testis maupun herbal yang ampuh untuk menyembuhkan torsio testis, karena satu-satunya cara untuk mengobati penyakit torsio testis adalah dengan operasi. Meskipun demikian, rasa nyeri dan bengkak yang diakibatkan oleh torsio testis masih dapat dikurangi dengan beberapa cara tradisional berikut ini yang dapat menjadi alternatif dari obat tradisional torsio testis:

1. Istirahat

Hidari aktivitas yang berlebihan yang dapat membuat perut bagian bawah menjadi tegang, yang akan menambah rasa sakit pada testis. Melakukan gerakan yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab torsio testis. Jika memungkinkan, jangan lakukan apapun selama 1 sampai 2 hari, atau kurangi aktivitas Anda sampai rasa nyeri berkurang. Istirahat yang sering dan cukup sangat dianjurkan sekali. Hal itu dikarenakan, ketika tubuh beristirahat atau hanya melakukan aktivitas ringan yang tidak memerlukan banyak tenaga, aliran darah akan lebih tenang dan sirkulasi darah yang tidak dibutuhkan dapat terhindari, sehingga rasa nyeri pada skrotum dapat berkurang.

2. Kompres Dingin

Siapa sangka ternyata cara tradisional untuk meredakan bengkak ini dapat juga menjadi bagian dari obat tradisional torsio testis yang dapat meredakan rasa nyeri. Mengompres skrotum yang membengkak dengan es dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat pembengkakan tersebut. Ambil beberapa buah es batu, lalu bungkus es batu tersebut dengan handuk atau kain. Kemudian, kompreskan pada skrotum yang terasa sakit selama sekitar 20 menit. Hindari pengompresan lebih dari 20 menit, karena akan mengakibatkan mati rasa dan rasa tak nyaman pada area skrotum. Perlu ditekankan bahwa cara ini hanya boleh dilakukan jika adanya pembengkakakn pada daerah skrotum. Jika tidak bengkak, maka kompres dingin tidak diperlukan.

3. Berendam Air Hangat

Berendam atau mandi menggunakan air hangat tentunya dapat menyegarkan dan membuat rileks badan. Berendam air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat torsio testis. Untuk berendam, gunakan air yang kadar hangatnya dapat ditoleransi oleh kulit Anda, dan kadar hangat yang kira kira cukup mampu untuk meredakan rasa nyeri. Berendam air hangat juga tidak hanya dapat meredam rasa sakit, tetapi juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

4. Athletic Supporter

Gunakanlah athletic supporter atau celana dalam hernia untuk menyangga skrotum dan mencegah terjadinya luka pada testis. Celana dalam athletic supporter ini juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan rasa tidak nyaman pada area yang terjangkit torsio testis.

5. Diuretik Alami

Makanan yang mengandung diuretik alami seperti tomat, melon, dan wortel, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan frekuensi urin yang dapat membantu menghilangkan infeksi lebih cepat. Cranberry jus adalah salah satu obat tradisional torsio testis yang dapat menghalau bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Sekedar info, cranberry juga makanan yang baik utuk kesehatan vagina dan salah satu cara mengobati orchitis secara alami.

6. Memosisikan Skrotum

Untuk mengurangi gesekan antara kaki dan testis yang dapat mengakibatkan rasa sakit yang hebat, Anda dapat meletakan handuk yang telah di gulung di bawah skrotum pada saat Anda rebahan atau tidur. Dengan cara ini, rasa nyeri dan tidak nyaman dapat dihindari.

Itulah beberapa cara dan obat tradisional torsio testis yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan tak nyaman pada area yang terjangkit. Perlu diingatkan kembali bahwa satu-satunya cara pengobatan torsio testis agar sembuh total adalah dengan operasi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan sekali untuk menghubungi dokter agar torsio testis cepat ditangani.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal