Sponsors Link

5 Obat Tradisional Benjolan di Labia Minora yang Mudah Ditemukan dan Dilakukan

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak ingin memiliki organ reproduksi yang sehat? Semua orang pasti ingin memilikinya. Akan tetapi, merawat organ genital adalah hal yang terbilang cukup rumit, karena area genital adalah area yang sensitif dan rentan akan infeksi dan penyakit. Munculnya benjolan pada alat kelamin adalah salah satu akibat dari infeksi mikroorganisme yang banyak menimpa orang di dunia ini. Benjolan di labia minora adalah salah satu contohnya.

ads

Sebelum membahas benjolan pada labia minora lebih lanjut, alangkah baiknya jika kita mengenal labia minora terlebih dahulu. Labia minora adalah bibir bagian dalam vagina yang tertutup oleh labia mayora (bibir bagian luar vagina). Salah satu fungsi labia minora ini adalah sebagai pembukaan kelenjar bartholin.

Banyak yang mengasosiasikan benjolan pada labia minora dengan gejala penyakit kelamin yang serius, seperti herpes, sifilis, atau kanker. Memang benar benjolan pada alat kelamin dapat menjadi tanda penyakit penyakit berbahaya tersebut. Namun pada kebanyakan kasus, benjolan pada labia minora bukan merupakan tanda-tanda terkena penyakit kelamin berat. Bahkan terkadang benjolan tersebut dianggap tidak berbahaya dan normal.

Pada umumnya, penyebab benjolan di kelamin wanita pada labia minora disebabkan oleh kista vagina. Kista vagina terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis kista akibat benjolan di labia minora:

  1. Kista kelenjar bartholin
  2. Kista inklusi
  3. Kista mullerian
  4. Kista sebasea

Pada umumnya, kista tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan. Benjolan juga biasanya dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Akan tetapi, apabila benjolan dirasa mengganggu dan terasa sakit, lebih baik minta pertolongan langsung langsung pada tenaga ahli agar segara dilakukan tindakan. Obat tradisional benjolan di labia minora berikut ini juga dapat menjadi alternatif Anda untuk membantu proses penyembuhan kista.

  1. Bawang Putih

Obat tradisional benjolan di labia minora pertama adalah bawang putih. Bawang putih dapat memperkuat sistem imun tubuh yang dapat melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Bawang putih juga memiliki antibiotik alami yang dapat membantu melawan bakteri yang ada di sekitar benjolan, sehingga resiko terjadinya infeksi dapat berkurang. Tempelkan sedikit bawang putih yang telah ditumbuk pada area yang benjol selama 2 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Anda juga dapat langsung memakan satu siung bawang putih 2 atau 3 kali sehari untuk memperkuat imunitas.

2. Kunyit

Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit bekerja sebagai anti inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan. Kunyit juga merupakan antiseptik alami yang dapat melawan dan mencegah infeksi. Campurkan satu sendok teh kunyit tumbuk dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan campiran tersebut pada kista selama 2 jam, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan lagi sampai kista pecah.

3. Sitz Bath

Sitz bath, atau rendam duduk adalah cara untuk mengurangi rasa nyeri dan tak nyaman akibat benjolan. Rendamlah organ genital pada air hangat sekitar 15 menit sampai suhu air berubah menjadi agak dingin. Melakukan sitz bath juga dapat membersihkan area yang terjangkit, sehingga dapat mengurangi resiko infeksi.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang efektif sebagai obat tradisional benjolan di labia minora. Lidah buaya mengandung anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan serta membantu proses penyembuhan. Oleskan langsung gel lidah buaya pada daerah yang terinfeksi selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukanlah 3 sampai 4 kali dalam sehari. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan keloid.

5. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree atau minyak pohon teh dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat benjolan di labia minora. Minyak ini juga dapat melawan bakteri jahat pada area vagina, sehingga resiko terkena infeksi dapat menurun. Faktanya, minyak tea tree dapat membantu mengeringkan kista hanya dalam 1 atau 2 hari saja. Anda dapat langsung mengoleskan campuran minyak tea tree dengan air atau minyak kelapa pada benjolan untuk mempercepat proses penyembuhan. Sekedar untuk informasi saja, tanaman tea tree itu bukan tanaman teh yang umumnya digunakan untuk membuat minuman teh. Sehingga, Anda harus teliti jangan sampai menggunakan tanaman yang salah.

Itulah 5 obat tradisional benjolan di labia minora yang dapat Anda coba lakukan di rumah untuk membantu proses penyembuhan. Selain obat tradisional di atas, alangkah baiknya jika kita juga melakukan cara menjaga kebersihan vagina agar terhindar dari segala jenis penyakit kelamin wanita.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal