Sponsors Link

9 Obat Tradisional Bartholinitis yang Alami dan Aman

Sponsors Link

Bartholinitis adalah penyakit kelamin wanita berjenis kista. Memang lebih baik jika meminta pertolongan langsung kepada dokter ahli jika terjangkit penyakit ini. Akan tetapi, obat tradisional bartholinitis berikut ini dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk membantu proses penyembuhan kista bartholin. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah obat tradisional bartholinitis yang belum banyak diketahui:

ads

1. Sitz Bath

Gejala bartholinitis dapat dikurangi dengan cara sitz bath. Sitz bath atau rendam duduk adalah merendam organ genitalia dengan air hangat. Rendam duduk memang tidak dapat menyembuhkan bartholinitis secara total, tetapi rendam duduk dapat mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh bartholinitis. Lakukan sitz bath tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai lima belas menit untuk meredakan rasa ketidaknyamanan tersebut.

2. Salep Tea Tree dan Minyak Jarak

Pohon teh atau lebih dikenal dengan istilah tea tree, adalah tanaman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit. Jangan keliru, tanaman pohon teh ini berbeda dengan tanaman teh yang digunakan untuk membuat minuman teh. Minyak tea tree terkenal sebagai herbal yang dapat melawan bakteri jahat, yang dapat membantu menghilangkan infeksi, sedangkan minyak jarak dapat membantu melancarkan peredaran darah pada area yang terinfeksi sehingga peradangan dapat berkurang.

Maka dari itu, perpaduan minyak tea tree dan minyak jarak sangat ampuh sebagai obat tradisional bartholinitis. Untuk membuat salep alami ini caranya gampang, Anda hanya tinggal mencampurkan minyak tea tree dan minyak jarak saja. Oleskan salep alami tersebut pada daerah yang terinfeksi dengan menggunakan tisu atau kain kasa untuk mengeringkan nanah serta mengurangi rasa sakit. Tea tree juga dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul kista pilonidal.

3. Kompres Panas atau Dingin

Kompres area yang meradang akibat bartholin kista dengan menggunakan air panas atau es untuk mengurangi peradangan dan rasa ketidaknyamanan, terutama rasa nyeri ketika duduk.

4. Campuran Kenari, Madu, Biji Adas, dan Bawang Putih

Caranya, siapkan kacang kenari yang sudah diblender sebanyak 150 gram, madu sebesar 500 gram, biji adas yang sudah dibubukan sebanyak 1 sendok teh, dan bawang putih yang sudah direbus sebesar 50 gram.

Campurkan semua bahan bahan tersebut. Setelah tercampur, konsumsi campuran tersebut sebanyak satu sendok makan saja 2-3 jam sebelum makan selama satu bulan untuk mengurangi peradangan dan mneguatkan sistem imun tubuh.

5. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang penting bagi imunitas tubuh. Vitamin C juga sangat bagus bagi penderita penyakit peradangan, termasuk bartholinitis, Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, pepaya, dan mangga, akan membantu meredakan pembengkakan pada kelamin dan rasa sakit akibat kista bartholin.

6. Vitamin D

Sama halnya seperti vitamin C, vitamin D juga nutrisi yang penting bagi sistem imun tubuh, serta merupakan obat tradisional bartholinitis yang cukup ampuh. Memakan makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan salmon, telor, tahu, dan tempe, sangat dianjurkan untuk menghilangkan infeksi penyebab bartholinitis.

7. Probiotik

Sponsors Link

Makanan dengan probiotik tinggi seperti yogurt, dapat membunuh bakteri penyebab kista bartholin. Probiotik juga dapat mengurangi infeksi akibat dari bartholinitis.

8. Kunyit

Obat radisional bartholinitis selanjutnya adalah kunyit. Kunyit dapat mengurangi pembengkakan dan tumor pada daerah yang terinfeksi. Caranya, campurkan kunyit dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada area yang terinfeksi. Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk cara mengobati eksim.

9. Apel cuka organik

Siapa sangka ternyata apel cuka juga dapat digunakan sebagai obat tradisional bartholinitis. Konsumsi 2 sendok makan apel cuka organik yang telah dicampurkan dengan sedikit air secara teratur untuk mengurai rasa nyeri akibat kista bartholin. Namun, cara ini hanya berlaku bagi Anda yang tidak alergi terhadap apel cuka.

Itulah 9 obat tradisional bartholinitis yang alami dan aman untuk dicoba sebagai cara mengobati kista bartholin. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya, karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Selain itu, perlu juga untuk menghindari pantangan kista bartholin agar bartholinitis tidak semakin parah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan