Sponsors Link

4 Obat Pemfigoid Bulosa yang Terbukti Paling Mujarab

Sponsors Link

Salah satu percabangan dari penyakit autoimun adalah Pemfigoid Bulosa; yaitu merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh ganguan sistem imun tubuh yang menghasilkan antibodi menganggap jaringan sehat epidermis dan dermis kulit sebagai suatu sel asing. Akibat dari “kesalahkaprahan” ini, maka memicu terjadinya peradangan pada kulit sehingga menimbulkan bulosa/bula yang nampak pada permukaan kulit; yang terlihat seperti keloid, namun berisi cairan yang bercampur dengan darah. Kamu juga pernah membahas tentang penyakit kulit lainnya seperti apa yang dimaksud dengan urtikaria kronis dan apa saja metode pengobatan urtikaria yang bisa anda coba, lalu 5 salep untuk luka lecet di kelamin, dan lain-lain.

ads

Bula pada kulit akan menimbulkan sensasi panas dan gatal, juga mempengaruhi keadaan kulit disekitarnya, dan jika ditekan akan menimbukan rasa nyeri, yang mana sebenarnya bula ini sulit hancur, namun apabila hancur atau pecah, maka dapat meninggalkan luka terbuka yang berpotensi menjadi pintu masuk kuman dan bakteri apabila tidak segera diobati dan ditutup lukanya. Sampai saat ini memang penyebab sistem autoimun yang terganggu belum diketahui penyebab dan pemicunya, sehingga pengobatan untuk untuk penyakit Pemfigoid Bulosa belum dapat ditemukan hingga saat ini. Pada artikel sebelumnya mengenai gejala Pemfigoid Bulosa disebutkan bahwa obat untuk penyakit ini belum ditemukan, namun bukan berarti tidak ada pertolongan pengobatan sama sekali.

Obat Pemfigoid Bulosa

Anda juga bisa membaca tulisan kami lainnya terkait pengobatan penyakit kulit dan kelamin seperti cara mengobati sipilis dengan daun sirih, dan juga cara penularan penyakit donovanosis, serta beberapa artikel lainnya. Sekarang disini akan dibahas mengenai pengobatan atau obat Pemfigoid Bulosa yang dimana penggunaannya harus dalam pengawasan dan resep dokter, dan ditujukan untuk mengurangi gejala atau tanda yang muncul akibat terjangkit penyakit  ini. Obat Pemfigoid Bulosa harus dilakukan dari dalam dan juga dari luar, karena penyebab dasar penyakit ini yaitu gangguan sistem autoimun (penyebab dari dalam tubuh) yang menyerang jaringan epidermis dan dermis kulit (gejala yang nampak pada luar tubuh). Adapun pengobatan yang biasanya diresepkan oleh dokter adalah sebagai berikut:

  • Kortikosteroid Topical seperti Prednisone Sistemik dengan dosis harian sebesar 0,5 – 1 mg per kg Berat badan selama kurang lebih 3 minggu adalah merupakan obat andalan untuk mengurangi gejala penyakit Pemfigoid Bulosa, dan dapat diturunkan dosisnya dalam jangka waktu 6-9 bulan seiring dengan semakin berkurangnya gejala yang muncul.
  • Obat Gatal seperti Cetrizine Tabmerupakan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal pada bagian bula dan kulit sekitarnya, dan biasanya diresepkan dengan dosis 2×5 mg, dan juga Methyl Prednisolone dengan dosis 2×16 mg.
  • Obat jenis Immunosuppressants seperti Azathioprine dan Mycophenolate Mofetil merupakan obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh, dimana tujuannya adalah untuk menekan atau mengurangi efek samping akibat konsumsi jangka panjang obat-obatan kortikosteroid topical.
  • Obat jenis Anti Inflamisi seperti Tetracycline / Metothrexate / Dapsone merupakan obat untuk mengurangi peradangan yang dapat terjadi pada penyakit Pemfigoid Bulosa.

Selain mengkonsumsi obat-obatan secara oral, juga diperlukan pengobatan dari luar kulit agar bula dan kulit sekitarnya tidak menyebar dan semakin meradang, yaitu dengan mencampurkan 10g Benosone Cream dengan 40mg Tincture Vaseline yang dapat dioleskan pada bagian yang bermasalah. Pengobatan untuk penderita penyakit Pemfigoid Bulosa sangatlah penting untuk dilakukan karena penyakit ini bersifat remisif (gejala dan tanda dapat hilang total atau sebagian, namun penyakitnya tidak hilang atau sembuh), dan berpotensi menjadi kronis apabila dibiarkan.

Apabila anda ingin mengetahui tentang penyakit kulit dan infeksi sejenis lainnya, baca beberapa tulisan kami seperti 9 obat salep untuk kulit melepuh, lalu apa saja bahaya penyakit hipertiroid, dan juga tulisan-tulisan lainnya. Jika menemukan gejala penyakit Pemfigoid Bulosa pada diri Anda atau keluarga Anda, segeralah ke dokter untuk mendapatkan perawatan secara dini dan mendapatkan rekomendasi obat pemfigoid bulosa yang tepat

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan