Sponsors Link

21 Obat Biduran Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Apabila kita berbicara tentang kesehatan kulit tentunya semua orang menginginkannya dan tidak ingin kulit cantiknya terkena suatu macam penyakit yang bisa membuat kulitnya menjadi tidak sehat. Terutama bagi para wanita tentunya pastinya para wanita yang paling sering memerhatikan penampilannya sangatlah tidak ingin kulitnya terkena penyakit tertentu. Apabila kulit anda terkena suatu paparan suatu penyakit pastinya akan menyebabkan rasa tidak nyaman apalagi jika menimbulkan rasa gatal yang amat sangat ketika terkena suatu penyakit tersebut.

ads

Biduran merupakan salah satu gangguan yang terjadi terhadap kulit yang biasa disebut dengan julukan kaligata atau dengan nama ilmiahnya yaitu urtikaria. Secara umum untuk penyakit semacam ini merupakan suatu reaksi kulit yang sensitif terhadap suatu alergi atau zat adiktif lainnya yang menyebabkan kulit anda muncul sebuah bercak atau bilur berwarna kemerahan dan bercak tersebut mengakibatkan rasa gatal yang amat sangat terhadap kulit bagi yang terkena serangan penyakit tersebut. Biduran ini biasanya bisa berupa bercak kemerahan yang menonjol atau bisa dibibilang bentol berwarna kemerahan. Apabila anda menekan dari biduran tersebut maka warnanya akan berubah menjadi warna kekuningan atau putih, dan apabila dilepas dari tekanan tadi warnanya akan kembali seperti semula. Akibat dari biduran ini membuat penderitanya sangat tidak nyaman sekali baik untuk kegiatan sehari – hari ataupun sedang tidur, karena rasa gatal yang ditimbulkan dari efek terkena biduran ini.

Apabila anda terkena biduran segeralah mengobati biduran yang ada pada kulit anda karena itu bisa membantu anda kembali seperti kondisi prima seperti biasanya dan tidak terganggu lagi akibat dari rasa gatal yang ditimbulkan oleh biduran tersebut. Penyebabnya sendiri untuk biduran pada kulit ini bermacam – macam yaitu :

  1. Terdapatnya sebuah alergi pada suatu makanan tertentu yang memang sudah dari dulu mengidap suatu alergi pada makanan tertentu.
  2. Mengalami suatu infeksi pada tubuh.
  3. Digigit oleh sebuah serangga di kulit anda.
  4. Memiliki sebuah alergi terhadap suatu barang yang bisa memicu alerginya untuk kambuh kembali.
  5. Ada faktor dari cuaca lingkungan sendiri atau dari alam sekitar anda misalkan cuaca yang ada saat ini terlalu panas atau cuacanya saat ini terlalu dingin sehingga kulit anda berisiko untuk terkena biduran itu sendiri.
  6. Memiliki sebuah alergi terhadap bahan – bahan yang mengandung zat adiktif atau bahan – bahan pengawet yang sering dipakai untuk makanan yang anda makan.
  7. Kulit yang sensitif mungkin akan memiliki alergi terhadap bahan pakaian yang dipakainya sehari – hari untuk kemana saja dan mungkin ini merupakan salah satu pemicu dari terkenanya anda dari penyakit biduran tersebut.
  8. Obat tertentu juga bisa memicu suatu alergi pada tubuh anda apabila anda memiliki alergi terhadap suatu zat yang ada pada obat – obatan tersebut yang telah anda pakai. Misalkan seperti antibiotik, ibuprofen, dan aspirin.

Ternyata perlu anda ketahui semua pada penyakit biduran ini memiliki jenis – jenisnya sendiri atau ada macamnya. Biduran ini memiliki beberapa jenis biduran yang bisa terjangkit pada kulit anda. Ada dua jenis biduran yang dapat kita bedakan jenisnya yaitu biduran yang terjadi dengan jangka waktu relatif pendek atau sebentar terjadinya terhadap kulit anda (urtikaria akut). Dan untuk yang satunya adalah jenis biduran yang jangka waktu raltif lama atau dengan kata lainnya adalah urtikaria kronis.

Baca ini :

Adapun 21 obat biduran alami paling ampuh yang bisa anda pakai untuk mengobati penyakit biduran itu sendiri pada kulit anda dan obat alami ini bisa gunakan sebagai alternatif dalam upaya penyembuhan dari biduran.

1. Kelapa hijau

Dengan menggunakan air dari kelapa hijau, sangatlah efektif untuk membantu anda dalam proses penyembuhan biduran yang ada pada kulit anda. Air kelapa hijau itu sendiri membantu tubuh kita untuk menghilangkan racun yang ada pada tubuh. Khasiat lain yang bisa rasakan dengan meminum air kelapa hijau itu sendiri adalah mengobati biduran yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu makanan yang telah anda makan. Caranya cukup dengan meminum air kelapa hijau selama tiga hari (3 hari) berturut – turut agar proses penyembuhannya bisa dibilang cukup cepat bagi kulit anda. Tidak perlu bingung untuk mencarinya karena saat ini memang telah banyak yang menjual bebas kelapa muda dipinggir – pinggir jalan dengan harga yang terbilang murah.

2. Daun sirih

Bahan alami yang lainnya adalah daun sirih. Selain mudah didapat bahan alami ini bisa anda manfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk penyembuhan biduran pada kulit anda. Ambillah sebanyak 20 lembar daun sirih, kemudian direbus. Setelah matang saringlah air rebusan tadi dan kemudian minumlah air rebusan tadi. Ulangi cara tersebut sampai biduran hilang dari kulit anda.

3. Kompres

Kulit yang terkena dampak biduran yaitu terjadinya iritasi pada kulit dan dengan terjadinya iritasi tersebut bisa anda atasi dengan mengompres dingin. Dengan kompres dingin ini anda bisa mengurangi rasa gatal yang ada pada kulit anda. Sangatlah mudah caranya yaitu dengan kain atau lap kering, kemudian dibasahi dengan air dingin dan ditempelkan pada kulit yang terdapat biduran tersebut. Lakukanlah cara tersebut hingga rasa gatal pada kulit hilang dan biduran pada kulit hilang juga.

Sponsors Link

4. Leunca

Bahan ini merupakan sebuah tanaman yang telah banyak dimanfaatkan untuk diambil khasiatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya bisa membantu dalam mengobati biduran pada kulit anda. Caranya dengan mengambil beberapa lembar daun leunca tersebut yang telah dibersihkan, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan hasil tumbukan tersebut diatas kulit yang terkena biduran tadi dan tunggulah sampai warna tumbukan yang telah dioleskan tadi berubah warna menjadi warna hijau. Apabila telah berubah menjadi hijau bilas dengan air bersih. Ulangi cara tersebut hingga kulit anda sembuh dari biduran dan biasanya dilakukan sebanyak 3 kali sehari.

5. Es batu

Cara lain yang hampir sama dengan kompres dingin tetapi cara ini bisa digunakan apabila menginginkan efek yang lebih dingin untuk menghilangkan rasa gatalnya pada kulit anda. Caranya dengan menyiapkan sebuah kantong yang bisa ditempati oleh es batu tersebut dan usahakan kantong yang tidak bocor dan bisa menampung air, karena apabila es batu yang didiamkan dalam waktu yang lama pastinya akan mencair. Apabila menggunakan es batu didalam kantong tersebut anda tinggal menempelkannya pada kulit anda yang terdapat biduran selama 10 menit dan kemudian setelah 10 menit lepaskan dari permukaan kulit yang terdapat biduran. Usahakan agar es batu tidak menyentuh langsung kulit yang terdapat biduran.

6. Jahe dan cuka beras hitam

Beberapa jahe dan campuran dari cuka beras hitam bisa sangat ampuh dalam mengobati biduran secara tradisional. Dengan cara menyiapkan jahe sebanyak 30 gram, dan cuka beras hitam sebanyak 100 cc. Untuk bahan tambahannya anda bisa menambahkan gula merah secukupnya. Pertama tumbuklah jahe sampai halus, dan rebuslah jahe tersebut dengan gula merah serta cuka beras hitam. Apabila telah mendidih, diamkanlah campuran tersebut hingga hangat atau dingin yang kemudian bisa anda minum setiap 2 kali dalam sehari sampai biduran hilang pada kulit anda. (baca juga: Penyebab Penyakit Scabies)

7. Buah asam dan temulawak

Dengan menggunakan buah asam dan ditambah campuran temulawak bisa membantu tubuh anda dalam mengobati biduran dengan sangat ampuh. Siapkanlah temulawak sebanyak 15 gram dan buah asam secukupnya saja. Dan kemudian direbus dengan bersamaan dengan air sebanyak 2 gelas dan tunggulah beberapa menit. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai dingin hasil rebusan tadi dan saringlah hasil rebusan tadi. Minumlah campuran rebusan tadi beberapa kali sampai biduran pada kulit anda menghilang.

8. Minyak kayu putih dan minyak zaitun

Kedua bahan tersebut minyak kayu putih dan minyak zaitun bisa membantu tubuh anda yang terkena biduran dengan mengurangi rasa gatal yang diakibatkan biduran tersebut sehingga bisa membuat tubuh anda lebih nyaman dalam melakukan atkvitas dirumah. Cara penggunaannya sangatlah mudah cukup siapkan 1 sendok makan dari kedua minyak tersebut dan kemudian campurkanlah sampai merata. Setelah selesai dicampurkan maka oleskan campuran kedua minyak tersebut diatas kulit yang terkena biduran. Lakukanlah secara teratur setiap harinya agar biduran cepat hilang dari kulit.

9. Daun jombang

Dengan menggunakan daun jombang bisa membantu mengobati biduran anda dengan mudah dan cepat tentunya. Pengobatan alternatif menggunakan daun ini bisa membantu tubuh anda untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh biduran tersebut dari dalam serta membantu proses penghilangan bercak atau bentol biduran itu sendiri dari kulit anda. Siapkanlah daun jombang sebanyak 30 gram yang kemudian direbus dengan air bersih sebanyak 400 cc dan tunggulah dalam beberapa menit. Hasil air rebusan tadilah yang anda minum untuk proses pengobatan biduran anda.

ads

10. Daun kelor dan bawang merah

Selain mudah untuk didapat, kedua bahan ini khasiatnya sangatlah banyak bagi kesehatan anda sendiri. Dengan menggunakan campuran dari kedua bahan ini membantu kulit anda yang terkena biduran menjadi lebih baik, seperti mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat dari biduran tersebut dan juga membantu percepatan penyembuhan tubuh dari dalam. Dengan cara yang sangatlah mudah anda bisa memanfaatkan kedua bahan tersebut. Caranya yaitu siapkan daun kelor sebanyak 3 lembar dan bawang merah sebanyak 1 siung saja. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih selama beberapa menit. Setelah direbus saringlah hasil rebusan, kemudian tunggu sampai tidak terlalu panas dan konsumsilah air rebusan tadi. Aturannya adalah dengan meminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

11. Kunyit dan sambiloto

Bahan yang perlu anda siapkan hanya kunyit sebanyak 20 gram dan kemudian ditambah sambiloto sebanyak 10 gram, dan bahan tambahan lainnya yaitu bawang merah 1 siung saja, daun kelor sebanyak 30 gram. Tumbuklah semua bahan tersebut menjadi satu sampai halus. Setelah halus kemudian direbus kedalam air sebanyak 600 cc. Setelah itu saring air rebusan tadi dan diamkan hasil saringan sampai dingin. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. (baca juga:Ciri-ciri Sipilis)

12. Kayu manis

Kayu manis dan meniran merupakan kedua bahan yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita dan salah satunya adalah membantu anda untuk mengobati kulit anda dari serangan biduran yang membuat rasa gatal berlebih pada kulit anda serta membuat penampilan anda terlihat tidak baik. Dengan kayu manis bisa membantu anda dalam mengobati biduran pada kulit anda. Dengan menyiapkan bahan – bahan seperti kayu manis beberapa batang, dan tambahan bahan seperti meniran. Kemudian tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus. Siapkan air panas untuk dicampurkan dengan hasil tumbukan tadi. Ramuan tersebut bisa anda minum dengan kondisi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari sampai biduran menghilang.

13. Air dingin

Dengan air dingin sendiri bukanlah untuk anda minum melainkan untuk mandi atau berendam dengan air dingin. Air dingin yang telah dicampur dengan bebearpa obat alami dan bahan tradisional bisa membantu anda mempercepat dalam proses penyembuhan biduran anda dengan cepatnya. (baca juga: Penyakit Kelamin Wanita)

14. Cokelat

Berhentilah memakan coklat apabila anda sedang terkena biduran untuk sementara. Karena coklat ini sendiri bisa menjadi faktor utama anda terkena biduran akibat coklat yang anda makan tersebut. Apabila anda masih memakan coklat disaat biduran mungkin anda akan memperpanjang jangka waktu anda terkena biduran.

15. Gandum dan susu

Baca juga ini :

Dari kedua bahan tersebut harus anda kurangi mengkonsumsinya karena apa apabila anda terlalu sering mengkonsumsinya bisa jadi salah satu faktor penyebab dari terjadinya biduran pada kulit anda. Semakin anda kurang dalam mengkonsumsinya maka semakin kecil terjadinya biduran pada tubuh anda. Bukan tidak diperbolehkan mengkonsumsinya, tetapi jangan berlebihan.

16. Pakaian yang tidak ketat

Dengan menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat bisa membantu anda terhindar dari terjadinya biduran pada kulit anda. Karena dengan pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan iritasi pada kulit anda dan itu bisa jadi merupakan salah satu faktor penyebab dari munculnya biduran pada kulit anda. Biduran bisa muncul pada kulit anda apabila kurangnya pernafasan atau sirkulasi udara pada kulit anda serta terjadinya iritasi pada permukaan kulit anda. Dari sana bisa menjadi salah satu faktor utama terkena biduran pada kulit anda sendiri.

Usahakan juga untuk dibiasakan menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat karena kulit anda tidak bisa bernafas dan kekurangan mendapatkan sirkulasi udara. Sangatlah penting untuk memberikan sirkulasi udara terhadap permukaan kulit anda karena dengan begitu bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan akibat dari pemakaian pakaian yang terlalu ketat seperti kulit yang lembab dan tumbuhnya jamur pada kulit, iritasi pada kulit anda, dan masih banyak lainnya yang bisa menyerang kesehatan kulit anda.

17. Seafood

Mengkonsumsi seafood memang baik karena dalam seafood yang bermacam – macam jenisnya pasti memiliki protein yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh anda. Tetapi ternyata dalam seafood bisa merupakan salah satu penyebab terjadinya biduran pada kulit anda. Jadi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Sponsors Link

18. Akar rosa multifona thumb

Menggunakan salah satu bagian dari tanaman tersebut yaitu adalah akarnya. Dengan memanfaatkan salah satu bagian tanaman ini bisa membantu tubuh anda dalam mempercepat proses penyembuhan biduran yang ada pada kulit anda. Serta menghilangkan racun – racun penyebab biduran dan yang lainnya pada tubuh anda. Caranya dengan merebus akar tanaman tersebut dengan air sebanyak 400 cc hingga mendidih, kemudian saringlah air hasil rebusan tadi. Setelah tersaring, minumlah ramuan tersebut setiap hari di pagi hari dan sore hari.

19. Kacang

Dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan makanan dari kacang ini dapat membantu tubuh anda mempercepat proses penyembuhan pada kulit anda yang terkena penyakit biduran tersebut. Dengan mengkonsumsinya bisa memperlambat proses penyembuhan pada kulit anda yang sedang terkena biduran.

20. Telur

Telur juga bisa menjadi salah satu faktor muncul biduran pada kulit anda. Sesering mungkin anda mengkonsumsi telur ini maka bisa mungkin terjadi kepada anda untuk terkena penyakit kulit seperti biduran. Kurangilah dalam mengkonsumsinya apabila anda telah terkena biduran pada kulit anda karena dengan begitu sudah bisa membantu tubuh anda mempercepat proses penyembuhannya dari biduran serta rasa gatal yang ditimbulkan biduran tersebut terhadap tubuh anda.

21. Stres

Penyakit kulit seperti biduran yang menyerang kulit kita bisa terjadi apabila tubuh kita mendapatkan stres yang berlebih dan terlalu sering. Dan faktor itulah yang bisa jadi pemicu faktor munculnya biduran pada kulit anda karena terlalu stres. Dengan mengurangi stres pada tubuh anda maka bisa terjaga untuk tidak terkena dan tidak rentan terhadap serangan biduran itu sendiri. Apabila orang yang tubuhnya sedang mengalami stres berat memang sangatlah rentang untuk terkena biduran. Sebisa mungkin untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda tidak terkena stres berat karena risiko yang ditimbulkan pun tidak sedikit dampaknya bagi tubuh anda dan juga kesehatan tubuh anda.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stres yang ada pada tubuh anda dengan menggunakan cara – cara yang begitu sederhana berikut ini :

  • Berolahraga

Memang menjadi suatu keharusan bagi kita untuk melakukan olahraga secara rutin selain membuat tubuh kita tetap terjaga kebugarannya tetapi juga bisa membuat tubuh anda mengurangi stres secara berkala setiap harinya. Berolahraga dengan waktu sebanyak 75 menit sangatlah dianjurkan yang gunanya membuat tubuh lebih rileks, konsistensi dalam berolahraga terjaga, dan lain – lainnya.

  • Melatih pernafasan anda

Dengan melatih pernafasan anda ternyata bisa menekan stres yang terjadi pada tubuh anda. Dengan cara menarik nafas anda dalam – dalam sampai paru – paru anda terasa seperti terisi penuh dengan udara. Dengan menarik nafas dalam – dalam seperti itu bisa membuat tubuh anda menjadi lebih rileks nantinya. Dengan melatih pernafasan ini juga bisa membuat pernafasan kita lebih kuat lagi dari pada sebelumnya karena dengan melakukan cara ini juga melatih bagaimana kita mengatur kita bernafas dengan baik dan menghasilkan rileks pada tubuh anda. (baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Kulit)

  • Melakukan meditasi

Kebanyakan orang telah menganggap cara yang satu ini memang sangatlah ampuh dalam menghilangkan stres pada tubuh kita dan juga membantu untuk menenangkan pikiran anda menjadi lebih rileks lagi. Cukup dengan memejamkan kedua mata dan merasakan rileksasi dari meditasi membuat tubuh terasa lebih tenang dan rileks. Sebenarnya biduran sendiri bukan merupakan suatu penyakit yang memerlukan perlakuan khusus dan pengobatan yang sangat khusus. Karena dalam beberapa hari saja biduran yang ada pada kulit anda akan hilang beserta dengan gatalnya. Memang tidak ada penanganan khusus untuk biduran ini yang terjadi pada kulit anda tetapi ada beberapa metode pengobatan atau menggunakan obat alami yang bisa kita gunakan untuk mengurangi efek samping akibat dari biduran seperti gatal yang amat sangat pada tubuh kita yang terkena biduran. (baca juga: Penyakit Kulit Eksim)

Dengan begitu kita bisa menggunakan 21 obat biduran alami paling ampuh untuk mengurangi rasa gatal akibat terserang biduran tersebut. Dan juga tentunya membantu tubuh anda agar lebih cepat proses penyembuhannya dari biduran yang ada pada kulit anda tadi. Tidak salah apabila kita menggunakan obat – obatan yang tidak alami tetapi alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan 21 obat biduran alami paling ampuh karena bisa menimbulkan efek samping dan efek kedepannya lebih sedikit dan bahkan dengan obat alami bisa jadi tidak memiliki efek samping apapun tetapi membuat tubuh anda menjadi lebih baik lagi kesehatannya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan