Sponsors Link

5 Obat Bentol Berair Pada Kulit Bayi Yang Aman

Sponsors Link

Kulit bayi sangat rentan terkena berbagai macam gangguan kulit bayi sering bentol merah, dari yang ringan seperti biang keringat, iritasi bahan pakaian, bentol berair, bahkan yang disertai demam. Bentol merah berair yang muncul pada kulit bayi biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah alergi, cacar air, iritasi kulit, infeksi kulit karena bakteri (impetigo) dan lain-lain. cara mengatasi setiap masalah kulit bayi juga berbeda, seperti cara mengatasi biang keringat pada bayi dan ruam merah pada kulit bayi. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter anak, sehingga dapat benar-benar diketahui penyebab pasti bentol berair pada kulit bayi.

ads

Selain itu, pengobatan yang tepat juga sangat penting dikarenakan kulit bayi yang masih sangat sensitif. Bila Anda sudah memeriksakan ke dokter, pastikan untuk menggunakan obat dengan hati-hati dan sesuai dengan dosis dan petunjuk yang dianjurkan , karena kita tahu bahwa organ bayi belum berfungsi sempurna, terutama untuk menyerap dan membuang sisa obat dalam sistem metabolismenya. Berikut adalah beberapa obat yang aman untuk bentol berair pada kulit bayi :

  1. Lotion Calamine

Anda dapat mengoleskan lotion caladine yang mengandung calamine pada kulit bayi yang bentol. Selain itu, lotion ini bisa untuk obat biang keringat. Namun jangan sampai terkena kulit di sekitar mata. Ini termasuk langkah pengobatan yang aman untuk bentol berair yang belum parah.

  1. Krim Hidrokortison

Bila bentol semakin parah bahkan setelah penggunaan lotion calamine, cobalah untuk menggunakan krim hidrokortison, karena selain berfungsi sebagai salep untuk obat ruam pada bayi, ini bisa untuk bentol berair. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker tempat anda membeli krim tersebut. Karena kulit bayi yang masih sensitif, dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi alergi jika tidak digunakan sesuai petunjuk.

  1. Obat Anti Peradangan

Bentol berair pada kulit bayi bisa jadi dikarenakan iritasi ringan akibat baju maupun penggunaan bedak yang mengandung deterjen. Jika dibiarkan, maka akan semakin menyebar. Untuk itu coba Anda memberikan krim anti peradangan yang mengandung antihistamin. Sebelumnya lakukan konsultasi dengan dokter untuk penggunaan krim ini.

  1. Lotion Pelembab

Fungsi lotion pelembab adalah membuat kulit menjadi lembab, biasanya kulit bayi mudah sekali terkena gangguan kulit, diantaranya bisa karena eksim atau dermatitis. Kondisi ini seringkali menyebabkan ruam, bintik, disertai air dan terasa gatal. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk pemberian lotion pelembab, yang mudah didapatkan seperti merk pigeon baby lotion dengan hypoallergenic yang aman untuk kulit bayi yang sensitif.selain melembabkan, lotion ini juga melindungi dari iritasi ringan.

  1. Minyak Zaitun

Menggunakan obat herbal tradisional seperti minyak zaitun bisa menjadi pilihan Anda untuk sang buah hati. Selain aman dan tanpa efek samping, manfaat yang didapat juga sangat banyak. minyak kecil kaya manfaat bukan hanya bagi kulit bayi, namun bagi dewasa juga bisa untuk cara menghilangkan kutil dengan minyak zaitun.

Namun, jika telah diberikan obat diatas dan tidak ada perubahan dan bentol di kulit bayi semakin parah dan berair sampai bahkan mengeluarkan nanah, sebaiknya Anda harus segera memeriksakan bayi Anda ke dokter spesialis anak. Dan ingatlah untuk tetap memberikan ASI untuk asupan gizi dan obat alami anak.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan