Sponsors Link

5 Cara Mengobati Nyeri Perut Disertai Keputihan

Sponsors Link

Kesehatan bagian bawah wanita dalah hal yang diinginkan oleh para wanita. Bukan hanya diinginkan, namun wanita cenderung melakukan apa saja terkait kesehatannya. Seperti kita ketahui, jaman sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga daerah intim terhindar dari penyakit. Seperti pola hidup sehat, makan teratur, olahraga rutin hingga melakukan diet sehat demi tubuh yang optimal. Namun sayangnya, hanya sebagian saja wanita yang melakukan hal seperti itu, yang lainnya mungkin tidak. Kesadaran inilah yang perlu kita terapkan sejak dini.

ads

Penyakit nyeri perut disertai keputihan adalah dampak jika kesehatan dan kebersihan bagian bawah wanita tidak dijaga. Apalagi jika keputihan yang timbul memiliki ciri-ciri keputihan yang berbahaya yang ditandai dengan warna pekat, berbau amis hingga lengket seperti lem. Keputihan tersebut biasanya juga diiringi dengan rasa gatal tidak nyaman yang di keluhan oleh banyak wanita.

Cara mengobati nyeri perut dan keputihan

Di bawan ini akan kami rangkum cara mengobati nyeri perut yang disertai dengan keputihan yang bisa anda lakukan di manapun. Simpel dan tidak bertele-tele. Simak yuk apa saja caranya :

  1. Mengganti celana dalam sesering mungkin

Pertama yang tidak boleh anda lupakan adalah mengganti celana dalam sesering mungkin. Karena keputihan  yang tadi telah kita bahas akan meninggalkan rasa gatal dan bau pada celana dalam. Kondisi ini akan membuat tingkat kelembaban bagian bawah wanita meningkat, makanya kebersihan celana dalam harus selalu kita perhatikan.

  1. Minum obat pereda rasa sakit

Obat pereda rasa sakit memang bisa digunakan untuk mengobati nyeri perut, namun perlu di ketahui jika manfaat yang terasa akan bersifat sementara. Dan lagi hanya bisa di konsumsi untuk orang tertentu, obat ini tidak berlaku untuk ibu hamil. Disarankan untuk mengobatinya dengan cara lain. Obat ini hanya dianjurkan jika nyeri perut benar-benar terasa menyakitkan.

  1. Kompres perut dengan air hangat

Pastinya, siapapun bisa melakukan hal ini. Air hangat akan membuat perut terasa nyaman dan pikiran menjadi rileks. Lakukan saat istirahat siang hari dan ganti air sesering mungkin, agar suhu tetap hangata dan nyaman ketika digunakan berulang.

  1. Menjaga kebersihan daerah vagina

Menjaga kebersihan bagian bawah wanita bukan hanya cara untuk mengobati, namun anda bisa menggunakannya sebagai upaya pencegahan di rumah. Cara melakukannya cukup banyak, seperti mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan vagina, istirahat cukup, mejaga pola pikir, mengganti pembalut dengan baik, menggunakan celana berbahan katun dan tidak melakukan seks secara bebas. Meskipun mudah banyak yang tidak menerapkannya dirumah, sehingga nyeri perut disertai keputihan akan menyerang anda dengan mudah.

  1. Hentikan penggunaan sabun kewanitaan

Jika dilansir secara umum, pasti banyak yang setuju bahwa sabun kewanitaan mampu membersihkan kotoran vagina secara efektif tanpa efek samping. Namun secara medis, sabun kewanitaan justru berbahaya. Mengapa? Karena di dalamnya banyak terkandung bahan kimia yang membuat keseimbangan pH bagian bawah wanita terganggu. Dan terlebih lagi, flora baik pada vagina malah ikut mati akibat sabun ini. Makanya kenali dulu sebelum anda mencobanya, perbanyak ilmu agar kualitas hidup semakin terjaga.

Sponsors Link

Penyebab nyeri perut dan keputihan

Sakit nyeri perut dan keputihan memiliki beragam penyebab yang perlu kita waspadai. Pasalnya, penyakit ini menyangkut kesehatan organ reprpoduksi. Oleh karenanya, dengan mengetahui penyebabnya kita akan mengerti bagaimana cara mengobatinya. Penyebab nyeri perut dan keputihan adalah :

  • Infeksi saluran kemih

Kantung kemih yang bermasalah akan ditandai dengan gejala seperti demam, sakit pinggang, buang air kecil seperti terbakar, keputihan hingga nyeri perut di bagian bawah. Jika anda mengalami salah satu atau bahkan lebih dari gejala tersebut, segera periksakan diri agar penyakit bisa segera diobati. Jangan menahan kencing agar infeksi tidak bertambah parah, bersihkan juga bagian bawah wanita setelah berkemih hingga bersih.

  • Radang panggul

Radang panggul adalah penyakit berbahaya yang bisa membuat wanita mengalami keguguran. Kasus ini banyak terjadi akibat hubungan seks yang tidak aman, seperti berganti pasangan seksual, berhubungan tanpa kondom dan lain sebagainya. Radang panggul yang sudah parah akan menjalar hingga ke bagian perut bawah. Diagnosa penyakit ini biasanya dilakukan dengan USG, apakah ada infeksi lain atau penyakit lain yang bersarang. Selama pengobatan belangsung, penderita dan pasangan diharap tidak berhubungan dahulu untuk memperkecil risiko penyakit yang lebih serius.

Sponsors Link

  • Kebersihan vagina yang tidak terjaga

Setiap wanita harusnya sadar akan kesehatan organ vitalnya, disisi lain organ tersebut adalah masa depan yang sangat penting untuk aset kehidupan. Bayangkan saja, jika anda hidup tidak memiliki momongan hanya karena penyakit kelamin yang bersarang pada tubuh anda, tentu menyakitkan bukan. Mulailah menjaga kebersihan bagian bawah wanita dengan cara sederhana, setidaknya anda pernah memulai. Dengan begitu kebiasaan akan menjadi rutinitas harian.

  • Penyakit kelamin wanita

Nyeri perut disertai keputihan bisa disebabkan oleh penyakit kelamin wanita. Penyakit tersebut biasanya adalah sifilis, klamidia, gonore atau kanker serviks. Memang tidak pasti apakah penyebab ini valid atau tidak, sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter agar tidak menebak-nebak apa yang terjadi pada kesehatan anda.

Dengan memperbanyak belajar dan memahami tentang kesehatan bagian bawah wanita, akan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang sekitar tentunya. Yuk beritahu teman, sahabat, saudara atau keluarga anda mengenai artikel ini. Karena kesehatan adalah hak semua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Keputihan