Sponsors Link

4 Manfaat Suntik Vitamin C Bagi Kulit yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sponsors Link

Mayoritas orang tentu pernah memiliki jerawat. Jerawat pada wajah seseorang tersebut memang masih normal dan wajar jika tidak mengganggu aktivitas Anda. artinya, tidak memebrikan rasa nyeri atau efek samping lainnya. Jerawat timbul karena adanya penyumbatan pada kelenjar minyak di kulit. Penyumbatan ini kemudian disertai dengan adanya infeksi yang akhirnya membuat area kulit trsebut menjadi meradang. Umumnya jerawat diakibatkan oleh aktiitas kuman yang ada karena kurang bersih atau produksi minyak yang berlebih pada kulit. Selain itu, ada pula penyebab lainnya seperti efek pemakaian obat tertentu, meningkatnya aktivitas hormon tertentu saat sakit, menstruasi, atau hamil. Cari tahu pula perbedaan jerawat dengan cacar air.

ads

Umumnya jerawat pada kulit Anda dapat hilang dengan sendirinya tanpa melakukan penanganan khusus selain menjaga kebersihan dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Tetapi setiap orang tentunya memiliki beberapa penyebab yang berbeda atas munculnya jerawat. Dengan mengetahui akibat tersebut, maka dengan mudah Anda mampu mendiagnosis perawatan dan penanganan apa yang tepat untuk dilakukan. Misalnya, jerawat akibat perubahan hormonal dan kelainan genetik tentunya memiliki jenis perawatan yang berbeda pada masing-masing. Jenis perawatan bisa dimulai dari pemberian obat, lotion, laser, atau bahkan suntik vitamin C.

Manfaat Suntik Vitamin C

Pemberian vitamin C akhir-akhir ini begitu populer dibicarakan oleh wanita karena manfaatnya yang luar biasa terutama untuk kulit. Kandungan pada vitamin C memang mampu membantu meredakan beberapa masalah kulit. Meski demikian, tidak sembarang orang diperbolehkan melakukan perawatan tersebut dan tidak boleh sembarang dosis disuntikkan. Disarankan untuk tetap berkonsultasi saat memutuskan melakukan suntik vitamin C. Apa efek suntik vitamin C untuk kulit? Cari tahu nanti di artikel ini. Namun, wajib tahu untuk mengetahui apa saja manfaaat vitamin C bagi kulit, silakan baca penjelasan di bawah ini.

1. Menghambat Pembentukan Pigmen

Vitamin C menghambat pembentukan pigmen. Dengan adanya kemampuan tersebut, tentunya wajah Anda pasca melakukan suntik vitamin C akan memiliki warna yang lebih putih. Ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi flek hitam pada wajah Anda akibat bekas jerawat. Namun, bekas jerawat yang diperbolehkan untuk menggunakan suntik vitamin C tentunya karena penyebab tertentu.

Jika flek Anda masih normal, sebaiknya biarkan flek hilang dengan sendirinya secara alami. Sebab memiliki asupan vitamin C yang berlebih akan membuat tubuh Anda mengalami masalah kesehatan yang tidak diharapkan. Penting untuk mendiskusikan hal ini sebelum Anda memutuskan suntik vitamin C.

2. Melawan Radikal Bebas

Vitamin C memiliki sifat anti oksidan yang mampu mengatasi radikal bebas yang ada di sekitar Anda. radikal bebas ini jika terus menerus dibiarkan akan menjadi penyebabkanker kulit. Oleh karena itu, vitamin C sangat berperang penting untuk membentuk proteksi terhadap adanya radikal bebas yang nantinya berujung pada masalah kesehatan.

Anda bisa memilih melakukan suntik vitamin C sebagai bentuk proteksi terhadap radikal bebas. Tetapi, disarankan telah mendapatkan rekomendasi dari dokter dulu sebelum memutuskan untuk melakukan suntik vitamin C. Ini juga penting untuk mencegah semakin parahnya jerawat yang Anda alami dengan melakukan suntik vitamin C. Baca pula cara mengobati jerawat di kemaluan wanita.

3. Memperbaiki Jaringan

Manfaat vitamin C juga dapat dirasakan untuk memperbaiki jaringan kulit. Biasanya ketika Anda mengalami jerawat, sel kulit Anda juga mengalami beberapa kerusakan. Oleh karena itu, suntik vitamin C sangat berguna untuk memperbaiki jaringan kulit Anda. Selain itu, jerawat biasanya juga memunculkan noda pada wajah. Dengan memberi asupan yang cukup terhadap vitamin C, maka kulit akan bersih dari noda jerawat tersebut.

Sponsors Link

Memang vitamin C memeberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit dan tubuh terutama pada kulit. Namun, penggunaan yang tidak sesuai tentunya akan memberikan dampak buruk pula pada kesehatan Anda. Ada beberapa bahaya yang bisa Anda dapatkan jika penyuntikkan vitamin C ini tidak sesuai aturan atau prosedur. Mulai dari penyebab sampai dosis bisa menjadi alasan mengapa vitamin C yang awalnya bermanfaat bagi kesehatan Anda beralih menjadi begitu berbahaya bagi tubuh. Lantas apa saja bahaya yang dapat terjadi dalam penggunaan suntik vitamin C? Berikut akan dijelaskan secara rinci bahaya suntik vitamin C bagi tubuh Anda.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang menjadi hal normal bagi setiap orang. Sehingga selama jerawat yang Anda alami masih alami dan tergolong tidak berbahaya, suntik vitamin C dinilai tak perlu untuk Anda lakukan. Perawatan dan penanganan bisa Anda lakukan dengan beragam cara lainnya bahkan dengan cara yang alami.

Sebab suntik vitamin C bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan jika Anda tidak menggunakannya dengan dosis yang tepat. Lantas bagaimana cara merawat atau mengatasi masalah jerawat Anda secara alami? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam merawat jerawat secara alami:

ads
  • Gunakan masker soda kue

Ternyata soda kue atau lebih dikenal dengan nama baking soda memiliki peran yang penting pula dalam mengatasi masalah jerawat Anda. Hal ini dikarenakan soda kue mampu menjadi penyeimbang pH pada kulit Anda sehingga kelembapan dan kebersihan kulit wajah menjadi terjaga. Soda kue juga memiliki sifat anti oksidan dan anti inflamasi yang mampu membantu tubuh Anda terhindar dari beragam masalah kesehatan.

Bagaimana cara mengolahnya? Ternyata menggunakan soda kue sebagai masker wajah sangatlah mudah. Pertama, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan air. Aduk hingga campuran mengental. Kemudian pastikan terlebih dahulu bahwa wajah Anda telah bersih dan aplikasikan secara merata masker tersebut pada wajah. Tunggu sekitar 15 menit agar kandungan pada masker menyerap dengan baik. Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara rutin agar jerawat segera hilang.

  • Membuat masker lemon

Selain baking soda, Anda juga dapat menggunakan bahan lainnya yaitu lemon. Lemon memiliki kandungan asam askorbat yang mampu membantu Anda dalam mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, kandungan pada lemon tersebut juga membantu Anda untuk menghilangkan kotoran atau kuman yang menyumbat pori-pori kulit yang merupakan penyebab utama jerawat Anda muncul.

Pembuatan masker tersebut sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan 1 buah lemon utuh yang diambil air perasannya. Kemudian oleskan air perasan tersebut pada wajah yang telah dipastikan bersih. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit dan basuh muka dengan air hangat. Jika Anda suka, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu sebagai penambah khasiatnya.

  • Gunakan masker bawang putih

Siapa sangka bumbu dapur juga terbukti ampuh untuk mengatasi masalah jerawat Anda? sifat bawang putih yang anti jamur, anti oksidan, dan anti inflamasi sangat membantu mengurangi peradangan pada wajah Anda akibat jerawat. Tidak hanya sifat tersebut, asam sulfur pada bawang putih juga mampu membantu mengatasi jerawat Anda.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Siapkan 2 siung bawang putih kemudian haluskan bawang putih tersebut. Aplikasikan bawang putih pada jerawat Anda secara merata. Jika sudah, diamkan selama 10 menit dan bilas muka dengan air yang bersih. Ada pula cara mengobati panu dengan bawang putih.

Bahaya Suntik Vitamin C

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa selama dosis yang digunakan pada suntik vitamin C tergolong normal, maka tidak akan memberi efek samping atau tidak akan berbahaya bagi tubuh Anda. Sebab secara alami tubuh akan menyerap dan membuang vitamin C yang dibutuhkan sesuai porsinya saja. Namun, jika penggunaan tidak tepat dan terkesan asal-asalan, Anda akan mengalami berbagai masalah kesehatan sebagai bahayanya. Bahaya atau efek samping itu tidak akan terlihat secara tiba-tiba, melainkan akan nampak dalam jangka waktu yang panjang. Sebab dosis yang tidak sesuai kebutuhan akan mengendap pada tubuh Anda.

Sponsors Link

Ginjal berfungsi dalam proses pembuangan zat yang dinilai tidak bermanfaat bagi tubuh Anda. Begitu juga pembuangan vitamin C. Meski ginjal mampu membuang vitamin C yang sudah tidak terpakai, tetapi semakin banyaknya vitamin C yang dikonsumsi, ginjal tetap akan mengalami kesulitan dalam proses pembuangan vitamin C tersebut dan memaksa tubuhnya bekerja ekstra di luar kemampuannya. Akibatnya, ginjal akan mengalami kerusakan berat seperti gagal ginjal, atau batu ginjal. Batu ginjal ini dikarenakan adanya endapan berlebih akibat suntik vitamin C yang berlebih. Endapan ini jika dibiarkan akan mengeras dan keadaan ginjal akan lebih parah. Cari tahu pantangan makanan kanker kulit.

Tidak hanya berdampak pada ginjal, asupan vitamin C yang berlebih akan merusak kerja organ lainnya. masalah kesehatan tersebut misalnya adanya tulang yang mengeropos, siklus menstruasi tidak teratur, masa menopause Anda akan datang lebih awal, dan hal ini akan menghambat penyerapan atau kerja dari vitamin lain pada tubuh. Melihat begitu berbahayanya kelebihan vitamin C, maka Anda sangat perlu memerhatikan dosis penggunaan vitamin C dalam melakukan suntik. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan konsultasi kepada dokter Anda. Konsultasi  secara detail apa yang harus dilakukan dan menjadi pantangan serta dosis yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jangan sampai kelebihan vitamin C akan menghambat bahkan memperburuk masalah kesehatan Anda.

Pada dasarnya memiliki jerawat bukan masalah yang cukup besar dan berbahaya. Jika Anda mengalami hal ini, lakukan perawatan ringan dan menjaga kebersihan wajar agar jerawat segera hilang. Jika cara tersebut tak kunjung memberikan hasil, maka Anda bisa melakukan perawatan secara medis sesuai anjuran dokter. Dokter akan menyarankan suntik vitamin C jika memang ini dinilai sangat penting dan cara paling ampuh dalam mengatasi jerawat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan