Sponsors Link

5 Manfaat Lada Hitam untuk Vitiligo yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Vitiligo dikenal dengan kondisi di mana sebagian arae kulit mengalami kondisi pigmen tidak normal. Penyebab vitiligo adalah area kulit di tubuh kehilangan depigmentasi, sehingga area yang kehilangan memiliki warna yang nampak memutih. Kalau anda ingin terhindar dari vitiligo, hindari makanan penyebab vitiligo. Berdasarkan penelitian vitiligo merupakan jenis penyakit yang prevelansinya diperkirakan cukup besar. Penyakit ini menyerang satu di antara 100 orang. Sampai sekarang, para dokter mengobati vitiligo dengan menggunakan kortikosteroid yang dioleskan pada kulit. Cara lainnya dengan teknik fototerapi yakni menggunakan radiasi Ultraviolet untuk menciptakan kembali pigmen kulit.

ads

Meskipun demikian, metode tersebut memiliki kelemahan dan resiko yang besar karena tingkat keberhasilannya yang juga masih rendah. Akan tetapi baru-baru ini, peneliti menemukan penemuan yang cukup menggembirakan terkait dengan obat vitiligo. Seperti yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, para peneliti dari King’s College London berhasil mengungkap manfaat piperin untuk mengatasi vitiligo. Piperin merupakan zat yang terkandung pada lada hitam. Piperin adalah kandungan utama yang membuat lada hitam memiliki cita rasa pedas dan gurih. Berikut manfaat lada hitam untuk vitiligo yang ditemukan oleh para ilmuwan.

1. Merangsang pigmentasi kulit

Tidak hanya bermanfaat sebagai rempah penyedap makanan, rupanya lada hitam memiliki manfaat tersembunyi untuk menyembuhkan vitilogo. Kandungan piperen pada lada hitam dapat merangsang  melanosit untuk memproduksi pigmentasi normal. Sehingga para penderita vitiligo bisa perlahan-lahan memiliki kulit normalnya kembali.

Teknik penggunaannya ialah dengan dioleskan tanpa radiasi UV. Lada hitam yang sudah diambil sarinya dapat dioleskan ke bagian kulit yang mengalami depigmentasi. Teknik ini dapat menstimulasi kulit menjadi berwarna kecokelatan terang dalam kurun waktu kurang lebih enam minggu. Untuk hasil yang lebih cepat, diperlukan kombinasi dengan radiasi UV. Efeknya pun bisa berlangsung lebih lama. Pengobatan ini diperlukan juga rangsangan lain yang berupa anda harus menghindari pantangan makanan vitiligo.

2. Dapat merangsang produksi sel-sel pigmen kulit yang disebut melanosit

Sebuah riset menunjukkan bahwa pengobatan topikal dengan piperin dapat merangsang pigmentasi dalam kulit. Menambahkannya dengan kombinasi radiasi UV terlihat secara signifikan dapat meningkatkan kinerja melanosit menghasilkan pigmentasi yang lebih baik dairpada terapi obat tradisional vitiligo.

Perlu anda ketahui bahwa lada hitam telah digunakan sejak jaman Ayurvedic untuk mengobati apa yang dalam dunia modern medis disebut dengan vitiligo, sebuah kondisi di mana kulit kehilangan melanin. Sehingga menampakkan kondisi warna kulit yang memudar dan muncul bercak putih menyerupai bentuk tertentu sampai tidak teratur. Ukurannya semakin lama bisa semakin membesar.

3. Mendorong Peningkatan produksi melanin

Masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya, manfaat lada hitam untuk vitiligo jika digunakan secara teratur dapat mendorong peningkatan produksi melanin. Lada hitam digunakan dalam minyak Ayurvedic dan salep. Keduanya diaplikasikan dengan cara dioleskan di bagian kulit yang mengalami depigmentasi. Perlahan-lahan, jika digunakan secara teratur, obat ini akan memberikan efek positifnya.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Di samping mendorong produksi pigmentasi, penggunaan lada hitam ternyata juga dapat memberikan manfaat ganda, di mana manfaat piperine beserta hasil sintesisnya untuk perawatan vitiligo adalah bisa sekaligus untuk melindungi kulit dari sinar ultarviolet dari sinar matahari langsung sehingga memberi kesempatan melanin bekerja maksimal mengembalikan warna kulti ke warna normal. Bahkan juga menjauhkan kulti dari penyebab kanker kulit.

Sponsors Link

Maski demikian, ada juga yang percaya bahwa menyembuhkan vitiligo bisa dilakukan dengan kunyit dan jahe. Cara mengobati vitiligo dengan kunyit langsung sembuh total salah satunya ialah dengan menggunakannya sebagai lulur. Sedangkan cara mengobati vitiligo dengan jahe dapat dicoba dengan mengonsumsinya sarinya secara langsung seperti menjadikannya jus dan lain-lain.  minum secara teratur, dan secara berangsur-angsur kandungannya akan menyembuhkan vitilogo anda.

5. Menutrisi Kulit

Ketika kulit sedang mendapatkan terapi dari lada hitam dengan kandungan utama piperinnya, kulit mendapatkan penyegaran. Selain kandungan piperin, lada hitam memiliki kandungan lain yang memiliki manfaat baik untuk kulit, sehingga meski kulit anda mengalami vitiligo, ketika menggunakan lada hitam, kulit anda akan tetap terlihat lembab, lembut, sehat, dan nampak segar.

Tidak seperti sedang mengalami penyakit serius, kemudian perlahan-lahan warnanya bisa kembali normal dengan pemakaian yang teratur. cara aman menggunakan lada hitam adalah dengan tidak menambahkan kombinasi radiasi UV supaya hasilnya pun alami dan anda terhindar dari risiko penyakit kanker kulit yang bisa timbul akibat proses radiasi UV.

Sponsors Link

Kandungan-kandungan Lada Hitam

Faktor baik dari lada hitam yang dapat menyembuhkan vitiligo ini kemungkinan karena kandungan alami lada hitam memberi manfaat lebih pada kulit. Berikut kandungan gizi yang ada dalam sebutir lada hitam.

  • Vitamin A
  • Flavonoid
  • Antioksidan
  • Karoten
  • Vitamin C
  • Fitonutrien
  • Piperine

Kandungan-kandungan di atas dapat memberi vitamin pada kulit tubuh untuk menjaga kelembaban dan juga pigmen kulit dengan baik. Demikian pemaparan tentnag manfaat lada hitam untuk vitiligo dan cara mengobati vitiligo dengan lada hitam yang wajib anda coba. Semoga menambah wawasan anda dan tidak perlu panik jika terserang penyakit tertentu. Carilah informasi pengobatan yang tepat, mulai dari pengobatan medis sampai yang tradisional. Dengan demikian anda akan menemukan solusi yang paling menguntungkan untuk kesehatan anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Vitiligo