Sponsors Link

5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kutil Kelamin yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Jenis-jenis penyakit kulit sangat bermacam-macam. Pada umumnya penyakit kulit tidak membahayakan nyawa sejak awal. Akan tetapi, jika tidak ditangani dengan cara yang tepat penyakit kulit tertentu bisa menimbulkan masalah psikologis. Salah satunya ialah kutil. Penyakit kulit ini sangat umum dijumpai dan bisa menjangkiti siapa saja. Kebanyakan orang akan mengalami satu dari sekian banyak momen terkena penyakit kulit, dan mungkin salah satu dari sekian banyak jenis penyakit kulit yang menyerang ialah kutil.

ads

Kutil merupakan sebuah penyakit yang menunjukkan gejala kutil berupa benjolan kecil yang tidak berbahaya dan dapat muncul di bagian mana saja di tubuh kita. Penyebab utama dari kemunculan kelainan kulit ini ialah karena virus papiloma manusia (HPV). Kutil umumnya muncul di sekitar tangan dan kaki. Kemunculan umum di daerah jari-jari kaki. Untuk mengobatinya, banyak orang memilih salep menghilangkan kutil yang ampuh dan mudah di beli di pasaran.

Perawatan modern untuk kutil

Beberapa jenis perawatan kerap disarankan oleh dokter, antara lain sebagai berikut:

Namun, prosedur di atas bisa menjadi cara yang mahal dan menyakitkan, sehinga ada beberapa orang yang memilih cara tradisional seperti mengobati kutil dengan cuka. Nah, berikut ini kami paparkan manfaat daun sirih untuk kutil kelamin.

Daun sirih untuk Mengobati Kutil

Cuka telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagia macam penyakit. Kondisi khusus seperti kutil kelamin bisa disembuhkan juga dengan cuka apel. Sebelumnya ada yang pernah menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan kutil, namun efek samping bawang putih untuk menyembuhkan kutil ternyata tidak baik untuk kelamin.

Secara umum, cuka sari apel dipercaya mampu bekerja untuk membunuh kutil. Berikut ini merupakan cara kerja dari manfaat daun sirih untuk kulit kelamin. Anda bisa menggunakannya dalam jumlah yang normal.

  • Dapat membunuh Bakteri

Sifat cuka ialah asam karena mengandung asam asetat) sehingga dapat membunuh beberapa jenis bakteri dan virus pada kutil. Ketika anda mengoleskan cuka ke bagian kulit yang terserang kutil, perlahan namun pasti daun sirih akan mebunuh bakteri dan virus penyebab kutil.

  • Cuka Menghilangkan Infeksi

Cara cuka menghilangkan kutil kelamin ialah dengan membakar benjolan kutil dan secara perlahan menghancurkan kulit yang terinfeksi. Kemudian kutil akan perlahan-lahan hilang akibat reaksi asam salisilat yang bekerja ekstra untuk membunuh bakteri dan virus penyebab virus.

Anda harus menghindarkan dari dari kebiasaan memotong kutil. Lebih baik mengoleskan salep atau krim dari cuka daripada memotongnya. Sebab, ada bahaya memotong kutil yang dapat meningkatkan risiko infeksi akibat luka dan pendarahan.

  • Menstimulasi kekebalan tubuh
Sponsors Link

Daun sirih yang dikonsumsi atau dioleskan ke bagian kelamin yang terkena kutil ternyata dapat menimbulkan reaksi menstimulai kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melwan kutil. Sehingga secara perlahan virus atau bakteri penyebab kutil dapat diusir dari bagian tubuh terkait.

Meskipun demikian, masih ada juga yang menghilangkan kutil dengan bawang putih. Khususnya ketika kutil tidak muncul di bagian genital seperti alat kelamin. Ada banyak orang memanfaatkan cara menghilangkan kutil di leher dengan bawang putih. Cara ini ternyata cukup baik untuk dipilih karena kandungan bawang putih yang dapat membunuh bakteri akibat kutil dan sekaligus menghancurkan kutil sampai ke akarnya.

  • Dapat menghancurkan jaringan kutil

Cuka sari apel dianggap bekerja mirip dengan asam lain, termasuk asam salisilat. Sebuah studi klinis kecil, double-blind pada 57 pasien menemukan bahwa kristal asam monokloroasetat dan salep asam salisilat 60 persen lebih efektif dalam mengobati kutil daripada plasebo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asam-asam ini bekerja dengan menghancurkan jaringan kutil. Peringatan, supaya anda bisa mengobati kutil dengan benar, pastikan anda sudah mengetahui perbedaan kutil kelamin dan kutil biasa.

Sponsors Link

  • Membakar Jaringan Kutil

Kandungan daun sirih yang berupa asam dapat membakar jaringan kutil dan perlahan-lahan merusak kulit yang terinfeksi. Sehingga sisanya anda bisa menyingkirkannya dengan membasuhnya dengan  handuk yang sudah dicelupkan air hangat terlebih dahulu. Anda bisa melihat jaringan kulit yang terangkat dari bekas di mana kutil berada. Oleskan air daun sirih yang sudah dicampur dengan air cukup di daerah yang memiliki kutil, tunggu beberapa saat baru kemudian lap bagian yang sama dengan handuk hangat. Anda bisa melihat hasilnya di handuk yang anda gunakan.

Akan tetapi meski pengobatan dengan cuka dapat memberikan hasil yang baik, disarankan juga untuk memperhatikan efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan, antara lain:

  • Penggunaan daun sirih yang berlebihan bisa mengakibakan kesulan bernafas pada pemakainya.
  • Kulit bisa timbul ruam atau gatal karena kulit pemakai daun sirih memiliki reaksi alergi terhadap cuka apel
  • Kandungan asam pada daun sirih bisa menyebabkan pusing berlebihan
  • Orang-orang tertentu juga bisa mengalami reaksi detak jantung yang tidak normal.

Demikian pemaparan tentang manfaat daun sirih untuk kutil kelamin. Meski memiliki manfaat yang baik, anda tidak seharusnya mengabaikan efek sampingnya. Sehingga untuk penggunaannya, anda harus melalui konsultasi dokter supaya langkah yang anda ambil tetap di jalur aman.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan