Sponsors Link

7 Manfaat Bedak Salicyl untuk Cacar Air yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Cacar air merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus varicella zoster atau disebut juga dengan virus cacar air. Penularan virus ini bisa terjadi akibat percikan ludah dan kontak langsung dengan penderita cacar air sebelumnya. Tanda-tanda terkena cacar air beberapa di antaranya ialah mengalami deman dan flu. Anda mungkin akan mengira, pasien hanya mnegalami gejala sakit flu namun jika diperhatikan lebih jauh akan muncul bintik-bintik kulit yang mengandung air dan di kemudian hari bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, proses itu butuh waktu lama dan bisa meninggalkan bekas. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas tersebut? bolehkah cacar air diberi bedak? Boleh kok, tapi ada aturannya dan ada sebuah bedak yang jadi andalan masyarakat, yakni bedak salicyl. Simak manfaat bedak salicyl untuk cacar air berikut ini.

ads

1. Meniadakan penebalan atau pengerasan kulit

Bedak salicyl mengandung salisial yang dapat mengatasi masalah kulit akibat cacar air di mana kadang terjadi penebalan dan pengerasan kulit. Ketika area tersebut ditaburi dan diolesi dengan bedak salicyl, pengerasan kulit bisa lebih memudar. Cara menggunakannya, anda harus mengoleskan bedak ini ketika bekas cacar air sudah dalam keadaan benar-benar kering. Satu hal yang perlu diperhatikan supaya cacar air lekas kering ialah anda sebaiknya makan makanan untuk penderita cacar air untuk sementara waktu. Sampai cacar air dinyatakan benar-benar sembuh, anda bisa makan sesuka hati anda.

2. Dapat menghilangkan warna kulit hitam akibat cacar air

Manfaat bedak salicyl untuk cacar air berikutnya ialah dapat menghilangkan warna kulit yang menghitam akibat cacar air. Cacar air yang sudah mengering biasanya akan meninggalkan warna hitam di kulit. Warna tersebut tentu saja mengganggu apalagi jika berada di wajah. Untuk menghilangkannya, anda bisa mengoleskan bedak ini beberapa kali sampai bekas hitam tersebut hilang sepenuhnya.

3. Mencegah iritasi

Bekas cacar air kadang bisa menimbulkan risiko iritasi seperti radang kulit dan lain-lainya. Untuk mencegah tersebut, anda bisa menggunakan manfaat bedak salicyl untuk cacar air. Bedak yang mengandung salisilat ini akan mencegah terjadinya iritasi dan sekaligus infeksi. Tapi membubuhkan bedak bukan cara yang tepat sebagai cara mengobati cacar air di mata karena bubuk bedak bisa menginfeksi mata ya, jadi gunakan ini di area tubuh saja. Untuk wajah, kami rekomendasikan pakai salep untuk mengobati cacar air.

4. Mengurangi Rasa Gatal

Bedak ini bahkan bisa dioleskan ketika cacar air belum mengering. Tujuannya untuk mengurangi rasa gatal. Yang harus anda lakukan hanyalah mengoleskan bedak di sekitar bintik cacar air secara merata dengan halus. Jangan sampai gerakan anda memecahkan bintik cacar air sebelum waktunya. Anda hanya perlu mengoleskannya dengan lembut dan halus. Sedangkan jika anda terkena cacar ari di area mata, maka efek cacar air pada mata tidak bisa dihindari dengan bubuk bedak, lebih baik gunakan cara lain yang lebih aman khususnya untuk mata anda.

5. Mengurangi akibat gesekan

Dengan memakai bedan salicyl di sekitar tubuh yang kena cacar, ini juga bisa mengurangi akibat gesekan dengan pakaian yang kasar. Dengan adanya bedak di sekitar cacar air, kain menjadi tidak akan menempel secara langsung karena bedak menjadikannya area tubuh yang terkena cacar menjadi lebih licin. Namun, jika bintik cacar air sudah pecah, jangan bubuhkan bedak karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi, bubuhkan ketika bagian tersebtu sudah benar-benar mengering.

6. Dapat menghambat pertumbuhan bakteri

Cacar air bisa beresiko menumbuhkan bakteri penyebab penyakit. Bedak Salicyl yang mengandung Asam salisilat dapat menghambat pertumbuhan bakteri, bahkan bisa membasmi jamur dan membuang sel-sel kulit mati. Asam salisilat yang terkandung di dalma bedak salicyl juga dapat mencegah sel kulit mati menutupi folikel rambut hingga menyumbat pori-pori. Supaya anak anda terhindar dari cacar air, lakukan imunisasi dan vaksin sejak dini. Namun, pastikan juga bahwa vaksin yang diberikan dilakukan dengan benar, sebab ada juga efek samping vaksin cacar air seperti muncul ruam merah pada kulit.

Sponsors Link

7. Menjaga kulit menjadi tetap sehat, segar, halus dan harum

Meski sedang kena cacar air, anda bisa menjaga kulit tetap segar, sehat, halus, dan harum dengan mengunakan bedak salicyl. Disarankan untuk menggunakan bedak ini sehabis mandi.  Sebaiknya gunakan secara maksimal ketika kulit menunjukkan ciri-ciri cacar air akan sembuh, seperti bekas cacar air mulai mengering dan kulit bekas cacar air menghitam lalu dapat dikelupas. Pada kondisi yang sudah benar-benar kering, anda bisa bubuhkan bedak salicyl untuk menghindarkan kulit dari dampak cacar seperti penebalan kulit. sehingga kulit bisa tetap terjaga keharuman, kesegaran, dan kehalusannya. Di samping itu, anda juga tidak akan memiliki bercak-bercak warna hitam sebagai bekas kulit yang terinfeksi cacar air.

Demikian beberapa manfaat bedak salicyl untuk cacar air, gunakan dengan cara yang aman dengan perhatikan cara menggunakannya supaya terhindar dari bahaya infeksi. Kecerobohan kadang berakibat fatal. Jadi, semoga  artikel ini dapat mempercerah wawasan anda terkait perawatan cacar air dan kulit bekas cacar air.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Cacar