Sponsors Link

16 Makanan yang Mempercepat Datangnya Haid yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Wanita remaja yang memasuki masa pubertas akan mulai mengalami menstruasi. Menstruasi menjadi hal normal yang akan dialami oleh wanita karena bagian dari proses matangnya sistem reproduksi. Namun, pernahkah Anda merasakan bahwa menstruasi datang terlambat? Apakah keadaan ini membuat Anda panik dan khawatir? Bahkan membuat Anda berspekulasi tentang hal negatif?

ads

Memang terkadang menstruasi datang tidak teratur, lebih awal atau lebih lama dari bulan sebelumnya. Keadaan ini terjadi dengan beberapa faktor penyebab. Bisa jadi makanan, kesehatan fisik, dan bisa pula karena kesehatan mental. Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebabnya karena dengan demikian Anda akan tahu tindakan lanjutan sebagai penanganan.

Salah satu tindakan penanganan yang bisa Anda lakukan adalah mempercepat masa menstruasi. Tetapi, penanganan ini perlu kalian perhatikan terlebih dahulu alasannya. Tidak sebarang alasan boleh melakukan percepatan masa menstruasi. Berikut beberapa alasan kebanyakan wanita mempercepat masa menstruasinya.

Alasan Wanita Mempercepat Menstruasi

Mempercepat menstruasi pada wanita memang sering dilkukan. Akan tetapi hal ini harus beralasan dan telah disetujui oleh dokter. Berikut beberapa alasan wanita mempercepat masa menstruasinya.

  • Masa Menstruasi yang Tidak Teratur

Menstruasi yang tidak teratur menjadi alasan mayoritas wanita melakukan percepatan masa menstruasi. Sehinga kadang penyebab menstruasi sering terlambat dari periodenya. Dengan menstruasi yang tidak teratur, maka masa subur dan period lainnya juga terganggu. Dengan mempercepat masa menstruasi, maka periode-periode berikutnya akan berlangsung teratur.

  • Mengikuti Suatu Acara

Beberapa wanita juga melakukan percepatan masa menstruasi karena adanya suatu acara seperti pesta renang, acara pageant, atau wisata alam yang melakukan kegiatan outbound. Dengan mempercepat masa menstruasi, maka tak ada halangan yang menganggu kegiatan Anda. Jangan lupa untuk menanyakan pendapat dokter mengenai keputusan Anda tersebut.

  • Tidak Ingin Segera Hamil

Hamil tidak selalu menjadi kabar gembira bagi kebanyakan wanita. Sehingga terkadang wanita melakukan percepatan menstruasi untuk mencegah kehamilan. Kehamilan biasanya dicegah wanita karena memburuknya hubungan dengan pasangan atau finansial yang memasuki masa krisis.

  • Menyusui

Ternyata menyusui juga bisa menjadi alasan mengapa wanita mempercepat masa menstruasi. Sebab menyusui memperlambat datangnya menstruasi Anda. Tetapi perlu diperhatikan pula bahwa keputusan telah dikonsultasikan dengan dokter pula agar ASI yang keluar tetap sehat dan aktivitas menyusui tetap berjalan lanar.

Berbagai alasan di atas bisa menjadi faktor penyebab para wanita mempercepat datangnya haid pada siklus bulanannya. Lantas bagaimana cara mempercepat datangnya haid? Umumnya makanan yang Anda konsumsi bisa menjadi salah satu cara mendatangkan haid lebih awal. Selain itu beberapa aktivitas olah raga ternyata juga mampu mempercepat siklus menstruasi Anda. Berikut akan dijelaskan beberapa makanan yang mempercepat datangnya menstruasi pada wanita.

Makanan yang Dapat Mempercepat Menstruasi

Beberapa makanan yang akan disebutkan nantinya adalah bahan-bahan alami yang dapat Anda temui di sekitar. Sehingga selain mudah di dapat, makanan tersebut tidak akan menganggu kesehatan tubuh Anda. berikut makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mempercepat datangnya menstruasi:

Sponsors Link

  1. Bubuk Kunyit dengan Gula Jawa

Bahan tersebut biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan jamu. Ternyata campurannya dapat mempercepat masa menstruasi Anda dan cara mengobati keputihan dengan kunyit. Selain itu campuran bubuk kunyit dengan gula jawa digunakan kebanyakan orang untuk menghangatkan badan. Bagaimana membuatnya? Sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh parutan gula jawa. Campur bahan tersebut pada secangkir air hangat. Minum campuran tersebut 2 kali sehari sebelum memasuki masa menstrusi Anda.

  1. Seledri

Zat apiol yang terkandung pada seledri ternyata memberikan banyak manfaat pada tubuh Anda. Salah satu manfaat bagi sistem reproduksi yaitu memberikan stimulasi kontraksi pada uterus. Tidak hanya itu seledri juga mampu melancarkan aliran darah sehingga sangat cocok untuk mempercepat menstruasi Anda. cara mengolahnya pun juga gampang. Anda tinggal menyiapkan seledri secukupnya. Jika memang ingin kental, seledri yang dibutuhkan juga cukup banyak. Cuci bersih seledri tersebut kemudian blender dengan air. Anda bisa menyaringnya atau tidak. Tergantung selera. Minum rutin jus seledri tersebut agar menstruasi segera datang.

  1. Peterseli

Meskipun memiliki rasa yang tidak enak, tetapi tanaman satu in memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Zat myristicin dan apiol mampu membantu Anda untuk mempercepat datangnya menstruasi. Pengolahannya juga mudah. Anda perlu menyiapkan 6 gram peterseli dengan 150 ml air. Didihkan air terlebih dahulu kemudian rebus peterseli. Anda bisa membagi 6 gram tersebut ke dalam 3 kali waktu minum dalam sehari. Sehingga setiap mengonsumsinya siapkan 2 gram peterseli dengan 50 ml air yang sudah di rebus.

ads
  1. Pepaya

Tidak hanya cara menghilangkan kutil dengan getah pepaya, karotin pada pepaya ternyata mampu memberikan stimlus pada tubuh agar uretus berkontraksi dan meningkatkan hormon estrogen. Sehingga mengonsumsi pepaya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mempercepat datangnya menstruasi pada tubuh Anda. Anda bisa memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Rutin mengonsumsi pepaya 2 minggu sebelum masa menstruasi bulan lalu, akan mempercepat datangnya menstruasi.

  1. Lidah Buaya

Siapa yang tak mengenal lidah buaya dan manfaatnya bagi kesehatan? Manfaat lidah buaya untuk kutil kelamin. Begitu juga untuk masalah kesehatan sistem reproduksi Anda. pengolahan lidah buaya menjadi jus bisa Anda coba untuk mempercepat datangnya menstruasi. Campurkan lidah buaya dengan satu sendok teh madu untuk menyeimbangkan rasa dan menambah kandungan yang baik bagi tubuh Anda.

  1. Ketumbar

Biji satu ini ternyata tidak hanya berguna bagi penyedap makanan, namun juga dapat digunakan untuk mempercepat datangnya menstruasi pada wanita. Pasti timbul banyak pertanyaan bagaimana cara mengonsumsinya? Ternyata pengolahan ketumbar sebagai obat menstruasi sangat mudah. Rebus biji ketumbar tersebut kurang lebih satu sendok teh dengan air sekitar dua cangkir. Tunggu rebusan tersebut berkurang hingga setengahnya. Kemudian saring dan minum secara rutin dua minggu sebelum masa datang bula.

  1. Delima

Delima juga bisa menjadi bahan pilihan Anda untuk mempercepat datangnya menstruasi. Pengolahannya juga cukup mudah sebab dengan membuatnya menjadi jus saja sudah memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Minum jus tersebut 4 kali dalam sehari secara rutin. Anda dapat mengonsumsinya 12-15 hari sebelum masa menstruasi Anda.

  1. Biji Wijen

Biji wijen juga dapat mempercepat datangnya menstruasi pada wanita. Mengolahnya pun juga cukup mudah. Anda tinggal menyiapkan satu sendok makan biji wijen dengan segelas air. Rebus hingga air mendidih. Kemudian masukkan biji wijen pada rebusan air tersebut. Tunggu hingga air tinggal setengahnya. Minum secara rutin rebusan tersebut dua kali dalam sehari. Anda bisa melakukannya dua minggu sebelum datangnya menstruasi.

  1. Wortel

Wortel ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, namun juga digunakan untuk mempercepat datangnya menstruasi pada wanita. Kandungan karotin yang ada pada wortel mampu memberikan stimulus pada tubuh untuk berkontraksi. Mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus bisa menjadi pilihan bagi Anda. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

  1. Nanas

Kandungan zat bromelain pada nanas mampu mempercepat datangnya menstruasi pada tubuh Anda. Dengan memakannya secara langsung atau diolah menjadi jus, menstruasi Anda akan datang lebih cepat. Anda hanya perlu melakukannya secara rutin 2-3 kali sehari dalam seminggu.

  1. Jahe

Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan cara mengobati vitiligo dengan jahe, serta menjaga stamina Anda, ternyata jahe juga dapat digunakan untuk mempercepat datangnya menstruasi. Jahe tersebut dapat diolah menjadi teh. Bagaimana caranya? Siapkan 3-4 cm jahe yang telah dibakar terlebih dahulu. kemudian cuci bersih dan didihkan air sekitar satu gelas. Setelah mendidih, masukkan jahe tersebut. Geprek jahe terlebih dahulu agar rasa dan aromanya keluar. Anda bisa menambahkan perasan air lemon atau bebrapa sendok teh madu untu menambah cita rasa pada jahe tersebut.

  1. Air kelapa
Sponsors Link

Mempercepat menstruasi Anda dengan mengonsumsi air kelapa bukan hal asing lagi. Banyak wanita yang melakukan hal demikian dan sudah terbukti mampu membantu mempercerpat datangnya menstruasi. Anda tinggal menyiapka 300-400 ml air kelapa sehari. Bisa Anda konsumsi tiga kali sehari setelah makan. Lakukan secaara rutin dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

  1. Biji fenugreek

Mungkin biji-bijian ini terdengar cukup asing di telinga Anda. fenugreek ini merupakan buah dari tanaman herbal. Anda dapt mengonsumsi bijinya untuk mempercepat datangnya menstruasi. Pengolahannya juga cukup sederhana. pertama siapkan tiga atau empat sendok makan biji fenugreek dan rembah pada segelas air pada saat malam. Esok paginya Anda tinggal merebus biji tersebut pada secangkir air. Tunggu hingga biji berubah menjadi sedikit lengket. Saring dan minum rebusan secara rutin. Dalam dua hari Anda akan merasakan hasilnya.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai ternyata mampu meningkatkan hormon estrogen pada tubuh Anda. hormon ini nantinya akan mempercepat datangnya menstruasi. Anda dapat membeli banyak produk susu kedelai yang sudah beredar di kalangan masyarakat dan mengonsumsinya dua atau tiga kali sehari. Konsumsi susu kedelai secara rutin agar menstruasi segera datang.

  1. Biji Lobak

Bahan selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah biji lobak. Anda bisa mengolahnya dengan mencampurkan biji lobak dengan susu atau mentega. Panaskan dan konsumsi dua atau tiga kali sehari secara rutin.

  1. Kayu Manis

Kayu manis ternyata tidak hanya digunakan untuk bahan makanan dan kue, tetapi juga bisa digunakan untuk obat mempercepat datangnya menstruasi pada tubuh Anda. gunakan bubuk kayu manis agar lebih efisien. Cara mengolahnya cukup mudah yaitu, ambil setengah sendok teh kayu manis dengan satu gelas susu. Didihkan susu terlebih dahulu kemudian campur dengan bubuk kayu manis.

Sponsors Link
, , , , ,