Sponsors Link

8 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Campak yang Harus di Pertihatikan

Sponsors Link

Campak adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini tergolong mudah menular. Seseorang yang terinfeksi campak akan mengalami gangguan di saluran pernapasannya. Tanda-tanda awal yang bisa diperhatikan saat seseorang terkena campak adalah munculnya ruam merah di kulit disertai gejala demam.

ads

Pada umumnya, campak diderita oleh anak kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa tertular campak. Cara penularan campak juga akan lebih mudah terjadi jika seseorang yang belum pernah mengikuti imunisasi vaksin campak berinteraksi dengan penderita campak. Maka, alangkah baiknya jika orang tua memastikan anaknya telah mendapatkan vaksin campak sebelum tertular.

Lalu, jika sudah terlanjur tertular, langkah apa yang bisa dilakukan? Selain menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, ada juga tips tambahan yang bisa dilakukan sendiri untuk mempercepat penyembuhan, yaitu melalui makanan. Ada makanan-makanan yang sebaiknya dihindari penderita campak agar kondisi tubuhnya mendukung melawan virus campak. Berikut ini adalah aneka makanan yang dilarang untuk penderita campak:

  1. Makanan asin

Penderita campak sebaiknya tidak memakan makanan yang asin atau mengandung banyak garam. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung banyak garam bisa mengiritasi tenggorokan dan saluran pencernaan. Bahkan, makanan yang memiliki kandungan garam tinggi bisa merusak keseimbangan elektrolit di tubuh yang bisa mengakibatkan masa inkubasi virus campak menjadi lebih lama.

  1. Gorengan

Virus yang menyebabkan campak akan menyerang saluran pernapasan dan menyebabkan pembengkakan di saluran pernapasan. Kondisi ini akan membuat penderita campak kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan. Hal ini bisa menjadi lebih parah jika penderita mengkonsumsi gorengan yang bisa menyebabkan tenggorokan terluka dan mengalami radang tenggorokan. Oleh karena itu, untuk sementara hindarilah makan gorengan sebagai cara mencegah campak menjadi lebih parah.

  1. Telur

Setelah masa inkubasi virus berlalu, penderita campak biasanya akan mengalami ruam dan rasa gatal di seluruh tubuhnya. Hal ini juga menyebabkan tubuh mengalami reaksi alergi yang berlebihan. Mengkonsumsi telur bisa membuat reaksi gatal di tubuh menjadi lebih parah, terutama bagi seseorang yang memiliki sensitivitas terhadap telur.

  1. Susu 

Susu memang termasuk minuman yang bergizi untuk kesehatan tubuh. Bahkan, susu yang difermentasi menjadi yoghurt termasuk makanan sehat untuk kesehatan kulit. Namun, ternyata susu termasuk dalam daftar makanan yang dilarang untuk penderita campak. Susu bisa memicu produksi lendir yang berlebih di saluran pernapasan yang bisa memperparah kondisi penderita campak. Maka, sebelum penderita campak pulih, sebaiknya jangan berikan susu. Anda bisa menggantinya dengan konsumsi jus buah-buahan tanpa gula dan tanpa es untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisinya.

  1. Roti
Sponsors Link

Roti, khususnya roti putih, terbuat dari bahan tepung putih, ragi dan telur. Ketiga bahan ini semuanya bisa memberi efek buruk untuk penderita campak. Pertama, tepung putih bisa mempersulit pencernaan makanan sehingga bisa menimbulkan rasa mual dan muntah pada penderita. Kedua, ragi juga bisa memperlemah kondisi tubuh dan membuat infeksi yang terjadi semakin parah. Dan yang terakhir, telur juga bisa meningkatkan reaksi alergi di tubuh.

  1. Junk food

Junk food, atau makanan cepat saji, merupakan perpaduan bahan yang harus dihindari oleh penderita campak. Selain cara masaknya yang digoreng, makanan cepat saji juga mengandung banyak garam yang tidak boleh banyak dimakan oleh penderita campak. Makanan ini juga tidak bagus untuk diberikan kepada seseorang yang memiliki gejala cacar air.

  1. Snack kemasan

Snack kemasan akan menimbulkan reaksi yang tidak nyaman untuk system pernapasan dan pencernaan. Bahan-bahan yang dikandung snack kemasan biasanya mengandung garam yang tinggi, minyak nabati, pengawet, penguat rasa, dan bahan-bahan tambahan lainnya. Semua ini bisa menimbulkan penderita batuk yang akan memperparah gejala sakit yang dialami.

Sponsors Link

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga termasuk makanan yang dilarang untuk penderita campak. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung kafein, pemanis, dan pengawet yang juga tidak baik untuk penyembuhan penyakit campak. Bahan-bahan ini bisa mengganggu kesehatan pencernaan, juga bisa menimbulkan keluhan kesehatan lain seperti diare dan muntah. Ada baiknya jika seorang penderita campak lebih banyak minum air putih dan tidak meminum minuman yang mengandung kafein, termasuk teh dan kopi. Namun, ketika campak sudah sembuh, Anda bisa lho memanfaatkan kopi sebagai cara menghilangkan bekas koreng.

Dari daftar makanan dan minuman di atas, maka kini Anda telah tahu makanan apa yang harus dihindari selama terkena penyakit campak. Selalu konsumsi makanan yang tidak hanya sehat, namun juga aman untuk penderita campak supaya penyembuhan penyakit bisa berlangsung lebih cepat. Ikuti tips berikut untuk mempercepat penyembuhan penyakit campak:

  • Jaga keseimbangan gizi – meski banyak makanan yang harus dihindari, bukan berarti penderita campak tidak mendapatkan makanan yang bergizi. Bubur putih, air putih jus buah dan makanan sehat lainnya tetap bisa diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
  • Banyak istirahat – istirahat yang cukup dapat membantu tubuh memperbaiki metabolismenya sehingga proses penyembuhan juga dapat berlangsung lebih cepat.
  • Ikuti petunjuk dokter – berikan obat yang sesuai resep dokter dan ikuti anjuran dokter. Jangan mengkonsumsi obat yang tidak diresepkan dokter karena bisa jadi obat yang dikonsumsi tidak sesuai dengan penyakitnya.

Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh dari penyakit campak, ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman