Sponsors Link

11 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Psoriasis yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Seseorang yang menderita psoriasis seringkali merasa tidak percaya diri dan putus asa akibat sulitnya melakukan pengobatan untuk penyakit ini. Bahkan, terdapat penyebab psoriasis kulit kepala yang bisa memicu trauma pada penderitanya. Sebenarnya, psoriasis bisa dikendalikan melalui diet yang tepat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita psoriasis. Cara ini merupakan cara yang sangat mendasar, namun cukup efektif untuk mengatasi psoriasis yang dialami.

ads

Secara medis, memang belum terdapat penelitian yang membuktikan bahwa ada hubungan tertentu antara diet makanan tertentu dengan kondisi psoriasis. Namun, sudah banyak orang yang menderita psoriasis membuktikan sendiri bahwa diet mereka cukup efektif dalam mengendalikan gejala psoriasis. Menurunkan kelebihan berat bahan, mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah, semuanya sangat baik untuk kondisi psoriasis, termasuk memperbaiki struktur kulit maupun persendian. Ajaib, bukan? Lalu, diet seperti apakah itu? Makanan apa yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita psoriasis? Simak ulasannya berikut ini!

Secara umum terdapat 4 jenis diet yang umum dilakukan. Jenis-jenis diet ini nantinya akan menentukan makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi untuk mendukung usaha mengendalikan psoriasis melalui jenis diet yang dipilih. Jenis-jenis diet tersebut, yaitu:

  1. Diet untuk menurunkan berat badan

Ternyata, obesitas tidak hanya buruk untuk kesehatan dan menjadi salah satu penyebab mandul. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology, ditemukan bahwa seseorang yang memiliki indeks masa tubuh tinggi lebih berpotensi untuk menderita psoriasis dan artritis psoriasis, serta meningkatkan keparahan penyakit ini. Dalam penelitian itu pula ditemukan bahwa menurunkan berat badan menjadi lebih ideal dapat meningkatkan efektivitas pengobatan psoriasis.

Hal ini pun senada dengan apa yang ditemukan oleh sebuah penelitian di British Journal of Dermatology, dimana diidentifikasi bahwa ada hubungan antara penurunan berat tubuh dengan pengurangan tingkat keparahan psoriasis. Menurut Dr. Luigi Naldi, yang memimpin penelitian tersebut, pasien yang kehilangan lebih banyak berat tubuh mengalami perkembangan yang lebih besar dalam pengobatan psoriasisnya.

Pengaruh diet untuk menurunkan berat badan terhadap psoriasis juga dianggap memiliki hubungan dengan semakin baiknya kesehatan kardiovaskular seiring dengan hilangnya obesitas. Psoriasis, terutama yang sudah parah, sering dikaitkan dengan tingginya resiko kardiovaskular seseorang, termasuk di dalamnya hipertensi arteri, diabetes dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, dalam diet ini makanan yang dianjurkan antara lain:

  • Sayur dan buah-buahan, gandum utuh dan produk susu rendah lemak
  • Daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian
  • Makanan rendah lemak jenuh dan sedikit garam

Sedikit tips, hindari makanan olahan, makanan kemasan, hingga makanan-makanan dengan gula tinggi. Makanan terbaik adalah makanan yang Anda masak sendiri menggunakan bahan-bahan segar dan organik.

  1. Diet untuk jantung

Psoriasis adlaah penyakit inflammatory atau peradangan, sama dengan yang terjadi pada penyakit jantung. Mengurangi peeradangan dan meningkatkan kesehatan jantung merupakan hal yang penting untuk seseorang yang menderita psoriasis. Berikut ini adalah anjuran makanan yang sehat untuk diet ini:

Sponsors Link

  • Konsumsi ikan dua kali seminggu. Ikan yang dianjurkan adalah tuna albacore, mackerel, salmon, herring dan ikan trout. Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu menurunkan resiko penyakit pembuluh darah koroner.
  • Daging tanpa lemak dan ayam tanpa kulit. Olah bahan ini tanpa menambahkan lemak jenuh maupun lemak trans. Cara pengolahan yang disarankan, misalnya dengan memanggang atau merebusnya.
  • Produk olahan bebas lemak atau rendah lemak. Makanan jenis ini lebih sehat untuk jantung dan peredaran darah.

Jika Anda menjalani diet ini, Anda memiliki pantangan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi karena mengandung lemak trans. Anda juga harus membatasi konsumsi alkohol yang bisa memperburuk kondisi psoriasis. Coba juga cara mengobati psoriasis dengan lidah buaya sebagai perawatan dari luar.

  1. Diet bebas gluten
ads

Banyak orang yang menderita psoriasis dan/atau psoriasis arthritis mencari pilihan perawatan tanpa obat-obatan. Mereka bisa saja mencoba cara mengobati psoriasis dengan kulit pisang atau melakukan diet bebas gluten. Sudah banyak penelitian yang mempelajari manfaat diet bebas gluten untuk psoriasis. Dalam penelitian tersebut mereka menghubungkan psoriasis dan gluten (sebuah protein kompleks yang biasanya ada pada gandum, barley hingga makanan-makanan olahan), namun hubungan antara keduanya masih belum terlihat jelas. Akan tetapi, berdasarkan penelitian-penelitian terbaru, sekitar 25% penderita psoriasis biasanya juga mengalami sensitivitas terhadap gluten, yang biasanya menyebabkan penyakit celiac.

Dari beberapa penelitian dipaparkan bahwa psoriasis dan penyakit celiac memiliki jalur genetik dan peradangan yang sama. Penelitian lebih lanjut bahkan menunjukkan bahwa menderita psoriasis akan meningkatkan resiko juga menderita penyakit celiac.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita psoriasis yang menjalani diet ini antara lain:

  • Buah dan sayur segar
  • Daging sapi, ikan, dan ayam
  • Produk susu alami

Anda sangat perlu memperhatikan label makanan, terutama jika bahan-bahan diatas telah melalui proses pengolahan, apakah produk mengandung gluten atau tidak. Pelu diketahui bahwa diet ini lebih disarankan untuk penderita psoriasis yang juga mengalami penyakit celiac.

  1. Vitamin dan Suplemen

Memang belum ada penelitian yang menemukan hubungan langsung antara vitamin dan suplemen sebagai obat tradisional psoriasis. Namun, banyak penderita psoriasis yang mengalami perkembangan positif pada kondisi kulitnya setelah memasukkan konsumsi vitamin dan suplemen dalam dietnya. Vitamin dan suplemen yang dianjurkan, yaitu:

  • Asam lemak omega 3 – bisa ditemukan di beberapa minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan berbahan dasar kedelai. Minyak ikan juga bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan asupan asam lemak omega 3 ini.
  • Vitamin D – bisa ditemukan di dalam minyak hati ikan cod, salmon, mackerel, ikan tuna, jus jeruk, yogurt, telur, dan keju swiss.

Jika Anda tertarik untuk mencoba jenis-jenis diet di atas, sebaiknya Anda mengkonsultasikan diri ke dokter terlebih dahulu agar diet yang dijalankan aman untuk kesehatan dan lebih efektif. Namun, terlepas dari diet apa yang Anda pilih, makanan yang dianjurkan untuk penderita psoriasis di atas sangat layak untuk dicoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman