Sponsors Link

10 Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Keputihan Normal dan Abnormal

Sponsors Link

Keputihan adalah hal wajar yang sering dialami oleh wanita usia dewasa yang telah mengalami menstruasi. Pada saat keputihan wanita akan mengeluarkan lendir dimana lendir ini di produksi pada dinding rahim, sehingga saat keputihan akan terjadijuga proses pembersihan di dalam dinding rahim wanita. Keputihan normal adalah keputihan yang berwarna putih, tidak pelat, tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal berlebih. Jika penyakit kelamin wanita yang anda alami tersebut menunjukkan hal sebaliknya maka segera periksakan diri ke dokter agar penyakti tidak semakin berbahaya. Namun jika anda lebih cocok menggunakan pengobatan secara herbal, maka rajinlah mengkonsumsi jamu-jamuan dan lakukan pengobatan hingga penyakit keputihan abnormal bisa sembuh total.

ads

Adapun saat anda mengalami keputihan, anda perlu mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan organ reproduksi dan biasakan diri untuk tidak menghindari anjuran dan melakukan langgaran yang telah anda ketahui pasti akibatnya di kemudian hari. Walaupun sebenarnya keputihan tidak disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, tapi kenyataan membuktikan bahwa keputihan dapat disembuhkan dengan makanan yang kita konsumsi. Anda bisa mendapatkan informasi apa saja yang baik dan tidak baik bagi penderita keputihan dengan mudah di internet. Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita keputihan, seperti :

  1. Air putih

Siapapun pasti telah mengetahui bahwa air putih mampe mengobati berbagai penyakit termasuk keputihan yang dialami oleh para wanita. Mineral baik di dalamnya juga mampu menjaga tubuh kita dari dehidrasi serta merupakan anti oksidan alami yang penting untuk kebutuhan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi air putih yang telah direbus, atau dalam kemasan yang tentu higienis kualitasnya. Minumlah setiap hari sebelum dan sebangun tidur, sesuda makan, sebelum berolahraga, atau kapanpun asalkan tercukupi 3-4 liter setiap harinya. Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis seperti minum es teh setiap hari atau yang mengandung banyak gula. Karena gula akan membuat keputihan menjadi sangat berlendir dan menganggu perbaikan keputihan yang sedang diobati. Kenali juga wanra dari urine anda, karena semakin bening maka anda semakin sehat, tapi jika semakin kuning hingga pekat maka anda sedang mengalami dehidrasi parah yang dimana anda harus semakin memperbanyak konsumsi air putih setiap saat.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan dari susu sapi yang telah di fermentasi sehingga di dalamnya mengandung bakteri baik yang sangat bermanfaat mengendalikan perkembangan jamur pada vagina. Jadi jika anda keputihan dan rajin mengkonsumsi yoghurt, bisa dipastikan keputihan abnormal anda akan segera sembuh. Yoghurt juga tidak berlaku pada penderita keputihan saja, namun efektif untuk menjaga kesubutan wanita setiap harinya. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt dalam bentuk minuman cair atau dalam bentuk krim yang biasanya ada di pasaran. Biasakanlah memulai hidup sehat dengan seimbangkan gizi di dalamnya. Jangan hanya makan sekedar kenyang dan enak saja, namun pikirkan kembali nutrisi apa yang anda serap dari makanan yang anda konsumsi.

  1. Buah pisang

Penderita keputihan memang tidak dianjurkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasa manis, namun pada buah pisang manisnya tidak berasal dari gula atau sari tebu, tapi alamiah dari buah pisang itu sendiri. Kita tahu bahwa buah pisang mampu melancarkan pencernaan dengan baik, tapi dibalik itu pisang juga bermanfaat untuk mengobati masalah keputihan yang mengganggu jiwa dan raga wanita. Caranya cukup mudah, anda bisa mengkonsumsi 1-2 helai buah pisang setiap harinya. Bisa juga dicampurkan dengan sedikit madu atau dimasukkan kedalam oat meal  yang nyaman dijadikan sebagai menu sarapan. Namun masalah lain akan ditemui mereka yang tidak suka dengan buah ini, karena mungkin akibat rasa atau bau yang menyengat. Gantilah dengan cara lain yang menurut anda nyaman dilakukan, jadi pengobatan juga tidak terlalu menyiksa diri.

Sponsors Link

  1. Sayuran hijau

Makanan yang dianjurkan untuk penderita keputihan yang lainnya selain buah-buahan adalah sayuran hijau. Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua sayuran hijau dapat dikonsumsi bagi penderita keputihan. Sayuran hijau yang paling umum dikonsumsi adalah bayam, kangkung, kembang kol, brokoli hingga kacang polong-polonga. Sayuran tersebut terbukti ampuh sebagai cara mengobati keputihan abnormal yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mengolahnya, cukup dengan merebusnya sebagai lalapan ditambah sambal, atau dengan di tumis dengan bawang putih. Bagi sebagian orang mungkin sayuran hijau memberikan rasa tidak enak di lidah mereka, namun jika ini berguna untuk pengobatan maka lakukan saja.

  1. Kembang kol

Selain sayuran hijau yang telah kita bahas sebelumnya, kembang kol masuk dalam jajaran makanan yang baik untuk mengobati sakit keputihan. Di dalam kembang kol mengandung vitamin serta mineral yang mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab keputihan. Penderita keputihan bisa mengkonsumsinya dengan cara dimasak seperti biasa dalam olahan sayur dan semacamnya. Keputihan akan terobati jika kita banyak mengkonsumsi makanan yang bervitamin tinggi, karena jamur akan kalah dengan vitamin yang baik kita konsumsi. Selain kembang kol, bawang putihjuga terbukti ampuh untuk pencegahan penyakit keputihan yang bisa dikonsumsi langsung atau dicampurkan ke dalam makanan. Lakukan cara yang menurut anda nyaman agar pengobatan keputihan tersa menyenangkan.  

ads

  1. Buah naga dan mengkudu

Saat menderita keputihan para wanita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin penting yang bermanfaat baik untuk organ reproduksinya. Seperti buah naga yang mengandung vitamin tinggi, dengan cara kerjanya yang mampu menekan pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab keputihan yang sudah lama diketahui oleh masyarakat. Selain buah naga, mengkudu juga memiliki potensi sama baiknya bagi penderita keputihan. Anda bisa mengkonsumsi buah naga dan mengkudu dalam bentuk buahnya langsung, atau ekstrak buah yang telah dijadikan kapsul sehingga anda lebih mudah mengkonsumsinya.

  1. Buah delima

Canggihnya teknologi yang mampu berperan dalam keragaman pengobatan gejala penyakit kelamin wanita memang menjadi daya pikat karena kemudahannya untuk digunakan. Seperti hal nya menggunakan sabun kewanitaan yang di gadang-gadang mampu mengobati baud an keputihan pada miss v yang sudah jelas tingkat kebaikannya diragukan sejak dahulu. Buah delima adalah solusi baik daripada anda harus menggunakan obat yang merusak keseimbangan pH pada vagina anda. Cara mengkonsumsinya dapat dengan dimakan langsung, di jus atau cara apapun yang mudah dilakukan. Tidak hanya mampu mengobati keputihan, buah delima juga mampu mengatasi plak dan bau mulut dengan cara berkumur buah delima yang telah diolah menajdi cairan.

  1. Bawang Bombay

Sama seperti bawang putih, bawang Bombay juga baik sebagai makanan yang dianjurkan untuk penderita keputihan karena dapat membuat keputihan abnormal menjadi keputihan yang normal kembali. Dengan mengkonsumsi bawang Bombay, anda telah menggunakan obat tradisional keputihan yang aman dan nyaman dilakukan. Bawang bombay dapat dikonsumsi dengan cara di goreng seperti makanan trend yang sedang trend saat ini (tetap perhatikan minyak yang digunakan), atau dengan memasukannya ke dalam sayuran yang dimasak. Dengan rutin mengkonsumsi bawang Bombay bisa dipastikan  keputihan abnormal anda akan semuh, tapi dengan catatan bahwa pengobatan anda lakukan dengan rajin dan rutin.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan obat keputihan yang alami karena di dalamnya mengandung zat antibakteri yang mampu menekan pertumbuhan jamur penyebab keputihan tidak normal tanpa efek samping. Jika dirasakan, memang kunyit tidak terlalu banyak memiliki penggemar karena biasanya hanya digunakan untuk masakan dan bukan minuman. Berbeda halnya dengan jahe yang enak sekali untuk diseduh saat cuaca dingin sekalipun. Anda bisa mengkonsumsi kunyit dengan cara mencucinya terlebih dahulu, lalu dikuliti hingga bersih lalu parut kunyit hingga menjadi halus. Setelah itu anda bisa memeras kunyit dengan tambahan sedikit air hangat. Minum selagi hangat disaat perut kosong untuk membantu proses penyerapannya ke dalam tubuh. Lakukan pengobatan ini setiap harinya. Biasanya akan lebih efektif jika diminum pada pagi hari.

Sponsors Link

  1. Mitos konsumsi buah nanas dan mentimun

Makanan dan jenis minuman diatas yang telah kita sebutkan merupakan makanan baik untuk mengatasi keputihan. Tapi berbeda halnya dengan nanas dan mentimun. Karena dipercaya keduanya malah membuat keputihan semakin parah dan semakin berbahaya. Mulai sejak dini kenalilah ciri-ciri keputihan yang berbahaya agar anda tidak keliru mendiagnosa penyakit yang anda alami sendiri. namun perlu anda ketahui, bahwa penyebab keputihan yang utama bukanah dari makanan yang kita konsumsi seperti nanas atau mentimun. Namun dari gaya hidup tidak sehat yang kita terus lakukan setiap hari. Jadi ladies, makan nanas dan mentimun sewaktu keutihan tetap aman-aman saja ya. Asalkan tetap tau batas asupan dan tidak berlebihan.

Itu dia makanan yang dianjurkan untuk penderita keputihan yang bisa kita dapatkan dari bahan alam yang begitu sederhanya. Mungkin banyak dari anda yang lebih percaya menggunakan obat-obatan dari medis yang pasti memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Tapi bagaimanapun itu semua adalah pilihan masing-masing. Tugas kita masing-masing adalah tetap menjaga kesehatan diri dengan mengetahi makanan sehat yang dimakan, berolahraga, rutin minum air putih da tidak melakukan hal yang membuat tubuh mudah terserang penyakit. Sebarkan infomasi ini jika dikira artikel ini bermanfaat bagi sesama.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Keputihan