Sponsors Link

3 Makanan yang Dianjurkan dan Dikonsumsi untuk Penderita Herpes Zoster

Sponsors Link

Penyakit herpes zoster mungkin merupakan penyakit yang cukup jarang Anda dengar keberadaannya. Penyakit yang menyerang kulit dan juga saraf manusia ini termasuk penyakit yang sangat mengganggu karena penderitanya akan merasakan gejala berupa nyeri yang hebat di tubuhnya. Dengan gejala yang sangat tidak nyaman tersebut, pengobatan pun sangat perlu untuk segera diberikan. Tidak hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diberi dokter, makanan yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi.

ads

Terdapat beberapa macam-macam penyakit cacar yang perlu Anda ketahui. Anda pun mungkin bertanya-tanya mengapa harus terdapat makanan khusus yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster? Bagaimanapun penyakit herpes zoster disebabkan oleh virus yang membutuhkan perlawanan dari daya tahan tubuh. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh itulah dibutuhkan makanan-makanan yang tinggi nutrisi. Apalagi umumnya herpes zoster dialami oleh seseorang yang berusia lanjut, dimana di usia ini biasanya seseorang kurang memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai makanan apa saja yang baik untuk penderita herpes zoster. Simak terus, ya!

  1. Makanan yang mengandung lisin tinggi

Lisin adalah salah satu jenis asam amino esensial yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Komponen lisin ini penting dan tidak terpisahkan dari protein. Keberadaan lisin ini diperlukan untuk pembentukan kartinin dan kolagen, dimana kedua zat ini sangat penting dalam produksi antibodi alami di tubuh.

Kartinin bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan tubuh dengan meningkatkan kadar kolagen di tubuh. Tidak hanya itu, kartinin juga berperan dalam memproduksi protein lainnya, seperti enziim, antibodi, hingga hormon. Karena kemampuan inilah, mendukung pembentukan kartinin dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lisin sangatlah penting. Tidak hanya herpes zoster, lisin juga dipercaya mampu membantu pengobatan herpes simplex, luka dingin dan lain sebagainya.

Untuk bisa memperoleh asupan lisin yang tidak diproduksi oleh tubuh ini, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lisin. Contoh makanan yang mengandung lisin antara lain bayam, kentang, daging ayam, daging kalkun, kubis, telur, semangka, ubi, jagung, pisang dan asparagus. Namun, hendaknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui porsi konsumsi yang tepat. Konsultasi dengan dokter ini sangat perlu, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi yang dipicu oleh jenis makanan tertentu.

  1. Sayuran mentah dan segar

Mungkin selama ini kita sudah sering mengkonsumsi sayuran dengan cara dimasak dan dijadikan sup, tumis, dan aneka jenis olahan makanan lainnya. Namun, memasak sayuran, terutama jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat, dipercaya dapat membuat zat-zat berguna di dalam sayuran tersebut hilang atau berkurang manfaatnya. Oleh karena itu, sayuran mentah dan segar dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi.

Tidak hanya lebih sehat, sayuran mentah ini juga dapat membantu pengobatan herpes zoster. Sayuran mentah yang masih memiliki kandungan vitamin, mineral dan enzim lain yang masih utuh akan sangat baik dalam mendukung perbaikan daya tahan tubuh kita. Tidak hanya itu, sayuran juga kaya akan serat yang baik untuk proses pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sponsors Link

Untuk bisa menikmati sayuran mentah ini dengan lebih nikmat, Anda bisa mengolahnya menjadi salad, gado-gado, rujak, hingga lalapan langsung sebagai menu pendamping. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus mencuci sayuran dengan air bersih sebelum mengkonsumsinya.

  1. Air putih

Tidak bisa dipungkiri jika air putih merupakan sebuah minuman yang paling menyehatkan. Tidak hanya baik untuk orang yang sehat, mengkonsumsi banyak air putih juga sangat dianjurkan untuk penderita herpes zoster. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup bisa menghindarkan kita dari dehidrasi. Tidak hanya itu, air putih juga bisa membantu kita membersihkan atau mendetoks tubuh kita secara alami. Jika detoksifikasi tubuh ini berlangsung dengan baik, maka metabolisme tubuh pun akan bisa berlangsung lebih lancar, serta tubuh kita pun dapat terhindar dari berbagai kerusakan seperti yang terjadi pada cara mengobati biduran dengan air kelapa.

Sponsors Link

Dari pembahasan di atas, kita sedikit menyimpulkan bahwa pada dasarnya semua makanan adalah baik untuk penderita herpes zoster. Selama makanan yang dikonsumsi diolah dengan baik tanpa pengawet, zat kimia atau MSG yang tidak sehat untuk tubuh, makanan tersebut akan dapat membantu kita melawan virus yang sedang menyerang tubuh. Anda pun bisa mencoba  makanan sehat untuk kesehatan kulit untuk menambah asupan nutrisi tubuh.

Sedikit tambahan catatan adalah Anda harus memperhatikan apakah makanan yang Anda konsumsi tidak memiliki kandungan pencetus alergi pada diri Anda. Munculnya alergi dapat memperburuk kondisi pasien herpes zoster, misalnya bisa menimbulkan penyakit kulit eksim yang memperburuk gejala penyakit herpes yang dialami. Selain makanan pencetus alergi, Anda juga disarankan menghindari makanan berlemak, berkafein, minuman bersoda, minuman alkohol dan makanan-makanan junk food.

Selain memperhatikan makanan, sebaiknya Anda juga menghindari memecahkan gelembung herpes ataupun menggaruk area yang terkena herpes untuk mencegah penyakit semakin parah. Segeralah berkonsultasi dengan dokter yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga lekas sembuh, ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman