Sponsors Link

Wajib Ketahui 4 Jenis Makanan yang Boleh Dimakan Saat Biduran

Sponsors Link

Kulit manusia sebagai bagian tubuh yang paling luar kerap kali mendapat berbagai jenis gangguan. Mayoritas gangguan yang tampak dan sering dialami adalah munculnya ruam-ruam. Terdapat banyak jenis-jenis ruam kulit yang bisa menyerang, salah satunya adalah biduran. Sekilas, biduran tidak jauh berbeda dengan jenis gangguan kulit lainnya seperti kanker. Akan tetapi, ada perbedaan biduran dengan kanker kulit yang bisa Anda identifikasi dengan mudah.

ads

Dalam dunia medis, biduran dikenal dengan istilah urtikaria, yakni reaksi kulit terhadap zat alergi atau alergen tertentu yang ditandai denganmunculnya bilur atau ruam berwarna merah dan putih di permukaan kulit. Ruam ini akan menimbulkan rasa gatal yang sangat, dalam beberapa kasus terasa perih dan menyengat. Meski bisa diatasi dengan penggunaan obat salep, Anda tetap perlu menunjang penyembuhan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang boleh dimakan saat biduran seperti berikut ini.

  1. Makanan Sumber Vitamin B-5

Salah satu pemicu biduran adalah stress yang berlebihan. Meski tampak tidak memiliki kaitan, semua hal yang terjadi pada tubuh Anda selayaknya sistem mesin yang saling memengaruhi satu sama lain. Stress di dalam pikiran akan merangsang ujung-ujung saraf di permukaan kulit menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap alergen. Sementara itu, kinerja darah putih di dalam tubuh akan semakin giat melakukan pembersihan alergen yang menyebaban timbulnya biduran.

Untuk itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B-5 bukan hanya boleh dimakan namun sangat dianjurkan bagi penderita biduran. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B-5 adalah roti dan pasta gandum, telur, jamur, hazelnut, serta gandum hitam. Makanan-makanan tersebut juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster.

  1. Daun Peterseli

Daun peterseli atau juga memiliki nama parsley dalam bahasa inggris adalah bagian dari garnish makanan yang kerap kali memiliki fungsi untuk mempercantik menu-menu di atas meja makan Anda. Meski tampak hanya seperti daun begitu saja, peterseli ternyata mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh penderita biduran. Sama halnya dengan manfaat yang bisa Anda temukan dalam cara mengobati biduran dengan air kelapa.

Penulis The New Healing Herbs bernama Michael Castleman menyebutkan bahwa daun peterseli memiliki kemampuan untuk memperkecil kemungkinan Anda mengalami biduran. Kemampuan tersebut disebabkan oleh sifat daun peterseli yang ampuh dalam mengganggu produksi histamin. Sementara itu, histamin adalah pencetus reaksi alergi yang disebabkan oleh makanan. Pengonsumsian daun peterseli bisa Anda kombinasikan dengan beberapa menu seperti sup ayam, steak  atau pasta.

  1. Makanan Sumber Vitamin C

Selain vitamin B-5, Anda sebagai penderita biduran juga sangat diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang kaya. Ada banyak jenis makanan dengan kandungan vitamin C seperti berbagai jenis buah dengan rasa masam serta asparagus, avokad, pepaya dan anggur. Anda juga bisa mengonsumsi blackberry, cery dan blewah.

Vitamin C dalam makanan yang Anda konsumsi mampu meningkatkan dan memperbaiki fungsi sistem imun. Peningkatan sistem imun tersebut dibuat dengan menstimulus pembentukan sel darah putih di dalam tubuh Anda. Level sistem imun yang baik tentu saja mampu membuat virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh Anda tidak berkutik. Selain mampu membunuh alergen penyebab biduran, vitamin C juga mampu mematikan virus penyebab hepatitis B dan candida albicans.

  1. Makanan Sumber Vitamin E
Sponsors Link

Vitamin lainnya yang bisa turut meningkatkan sistem imun Anda adalah vitamin E. Beberapa makanan sumber vitamin E adalah makanan yang boleh dimakan saat biduran, seperti telur, minyak zaitun, bayam, kacang almon hingga biji labu. Makanan-makanan tersebut adalah makanan yang bisa Anda temui dan olah dengan mudah di rumah.

Selain mampu meningkatkan fungsi sistem imun yang berakibat langsung pada tingginya tingkat pembersihan bakteri dan virus penyebab biduran, makanan yang kaya akan vitamin E juga mampu memperbaiki sirkulasi darah di area kulit Anda. Selain itu, vitamin E juga mampu menjadi kayu bakar untuk pemanfaatan berbagai zat yang berguna bagi kesehatan kulit seperti vitamin, mineral, oksigen dan lemak.

Jika Anda mengalami biduran, selain melakukan proses penyembuhan dengan mengaplikasikan obat luar maka Anda juga perlu menunjangnya dengan mengonsumi makanan yang boleh dimakan saat biduran. Makanan-makanan tersebut bisa menjadi obat biduran alami yang Anda konsumsi. Empat jenis makanan yang direkomendasikan di atas adalah jenis-jenis makanan yang bisa Anda temukan dengan mudah. Anda bisa mengombinasikan keempat jenis makanan tersebut dalam satu menu hidangan atau diolah secara terpisah.

Menilik kulit adalah bagian terluar dari sistem tubuh Anda, tidak mengherankan jika kulit menjadi bagian yang kerap kali mengalami kelainan. Selain biduran, ada banyak jenis kelainan kulit yang bisa Anda alami seperti cacar air, kurap, bisul, dan lainnya. Kenali ciri-ciri cacar ular dan jenis gangguan kulit lainnya agar Anda bisa memberikan pengobatan dan perawatan yang sesuai. Akan tetapi dari semua jenis pengobatan terhadap kelainan kulit yang Anda alami, hidup sehat dengan memerhatikan kebersihan kulit dan asupan makanan adalah kunci utama untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman