Sponsors Link

8 Makanan yang Baik untuk Testis Supaya Menyuburkan Sperma

Sponsors Link

Sebagai salah satu aset terbesar bagi masa depan pria, kesehatan testis harus selalu dijaga agar Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang membahayakan. Salah satu cara agar testis tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk testis serta menjalankan gaya hidup yang sehat. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk testis, bonusnya adalah kualitas sperma yang meningkat!

ads
  1. Coklat

Siapa sangka jika makanan yang lezat nan enak satu ini ternyata menyehatkan untuk sistem reproduksi pria? Kandungan asam amino di dalam coklat dapat membantu meningkatkan jumlah sperma saat terjadi ejakulasi dini. Menariknya lagi, umur sperma dapat lebih panjang dengan mengkonsumsi coklat. Akan tetapi jenis coklatnya harus coklat hitam, bukan coklat sembarangan. Coklat hitam memiliki warna yang lebih pekat dan rasa yang lebih pahit namun memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan jenis coklat lain.

Coklat hitam dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman maupun dimakan dalam bentuk coklat batangan. Tentunya harus dipilih yang rendah gula dan tanpa campuran bahan lainnya. Jadi anda bisa menjaga kesehatan testis agar terhindar dari penyakit seperti radang testis karena biasanya penderita tidak menyadari gejala radang testis pada awal kemunculannya. Meskipun umumnya penyebab radang testis banyak yang kurang bisa dihindari, setidaknya dengan testis yang sehat Anda juga bisa memiliki kehidupan yang normal.

  1. Pisang

Buah yang mengenyangkan satu ini mengandung Bromelain yang dapat membantu memperpanjang umur sperma serta meningkatkan jumlahnya. Tidak hanya itu saja, pisang juga mengandung berbagai macam vitamin yang memiliki peran penting dalam pembentukan sperma.

Penting sekali menjaga kesehatan testis karena tidak hanya radang testis, varises pada buah zakar juga bisa terjadi. Penyebab varises pada buah zakar memang umumnya tidak berasal dari gaya hidup, namun konsumsi makanan yang tepat dapat membantu menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

  1. Telur

Meskipun makanan ini sering dijumpai pada menu sehari-hari, mungkin Anda tidak menyadari bahwa telur ternyata membawa manfaat yang baik untuk testis, terutama dalam menjaga kualitas serta kuantitas sperma. Kandungan vitamin E dalam telur dapat menyehatkan sperma. Dengan sperma yang sehat maka secara otomatis kesuburan pun meningkat. Hal ini pun dapat membantu mencegah timbulnya rasa sakit pada telur kemaluan pria dimana rasa sakit tersebut bisa jadi merupakan indikasi dari sebuah penyakit.

  1. Brokoli

Salah satu makanan yang baik untuk testis ini sangat efektif dalam membantu meningkatkan kuantitas sperma karena kandungan folic acid yang ada di dalamnya. Folic acid membantu meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Meskipun makanan ini mungkin tidak bisa mencegah beberapa penyakit tertentu seperti varises pada testis, namun brokoli memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Mengingat varises terjadi umumnya karena adanya kelainan pada pembuluh darah, mempelajari beberapa penyebab varises pada buah zakar dapat membantu Anda mencegah terjadinya kondisi tersebut. Berita baiknya, ada beberapa obat tradisional varises testis yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan kondisi tersebut tanpa harus melakukan perawatan medis. Kondisi ini harus ditangani karena varises merupakan salah satu jawaban testis membesar dan keras.

Sponsors Link

  1. Bawang Putih

Salah satu rahasia meningkatknya produksi sperma adalah aliran pembuluh darah yang lancar pada organ tersebut. Bawang putih dapat membantu melancarkan aliran pembuluh darah sehingga sperma pun secara otomatis dapat diproduksi dengan baik. Jadi bukan hanya sekedar bumbu dapur saja, ternyata bawang putih bisa juga dijadikan sebagai makanan yang baik untuk testis.

  1. Delima

Buah delima atau pomegranate terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan itulah yang mampu menghadang efek buruk radikal bebas pada kualitas dan kuantitas sperma. Anda bisa mengkonsumsi delima dalam bentuk buah maupun suplemen.

  1. Asparagus
Sponsors Link

Vitamin C pada asparagus juga merupakan salah satu bentuk antioksidan yang dapat membantu melindungi sperma dari radikal bebas agar kualitasnya tetap terjaga. Terlebih lagi peran vitamin C tidak hanya sekedar meningkatkan jumlah sperma saja namun juga jumlah sel pada sperma.

  1. Walnut

Konsumsi kacang walnut bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengganti cemilan yang tidak sehat. Daripada mengkonsumsi cemilan sembarangan yang nutrisinya masih dipertanyakan, lebih baik ganti cemilan Anda dengan walnut yang lebih sehat dan lebih baik untuk testis. Kandungan omega 3 dalam walnut membantu meningkatkan kesuburan. Hal ini dikarenakan omega 3 dapat melancarkan peredaran darah sehingga sperma tidak hanya lebih banyak tapi juga lebih sehat.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk testis yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. selain beberapa makanan diatas Anda bisa mengkonsumsi makanan penyubur sperma lain seperti bayam, tomat, ikan salmon dan tiram. Mengkonsumsi makanan tersebut tidak hanya baik untuk testis saja melainkan juga untuk tubuh secara keseluruhan. Menjaga pola makan sehat dapat membantu menghasilkan sperma yang sehat pula. Oleh karena itu jaga kesehatan sperma dengan konsumsi makanan bergizi agar terhindar dari segala penyakit yang merugikan baik itu penyakit ringan maupun penyakit kronis.

Sponsors Link
, , , ,