Sponsors Link

4 Makanan yang Baik untuk Penderita Kurap yang Harus Rutin Dikonsumsi

Sponsors Link

Dalam dunia medis, kurap disebut juga dengan istilah dermatophytosis atau tinea. Kurap adalah salah satu kelainan kulit yang disebabkan oleh jamur. Kelainan ini bisa menyerang kulit di bagian mana saja mulai dari tangan, kaki, selangkangan bahkan kulit kepala. Dalam bahasa Inggris, kurap disebut juga dengan istilah ringworm merujuk pada coraknya yang membulat seperti cincin.

ads

Meski bukan merupakan penyakit yang serius, kurap akan sangat mengganggu karena memunculkan rasa gatal yang cukup tidak tertahankan. Di sisi lain, kurap juga membuat permukaan kulit menjadi tidak enak dipandang. Karena sebuah gangguan pada fisik luar, kurap kerap kali diobati dengan salep atau obat oles. Akan tetapi, Anda juga perlu mendorong penyembuhan kurap dengan meninggalkan makanan penyebab kurap dan mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita kurap seperti berikut ini.

  1. Makanan dengan Campuran Bawang Putih

Makanan dengan campuran bawang putih adalah jenis makanan yang perlu diprioritaskan oleh penderita kurap. Beruntungnya, bawang putih adalah bahan campuran sejuta menu yang bisa dengan mudah Anda temukan. Meski memiliki bau yang menyengat, bawang putih sesungguhnya memiliki beragam khasiat terhadap kesehatan tubuh.

Manfaat bawang putih terhadap penyakit kurap merujuk pada kandungan antibakterinya. Meski studi lebih jauh tentang fakta ini belum dilakukan, keampuhan bawang putih dalam mengatasi berbagai keluhan yang disebabkan oleh jamur seperti Candida, Torulopsis, Trichonphyton, dan Cryptococus sudah dilakukan. Cara mengobati kurap dengan bawang putih juga bisa dilakukan dengan cara membuat pasta oles dari bahan tersebut.

  1. Makanan dengan Campuran Cuka Apel

Cuka apel adalah jenis bahan makanan yang mengandung zat antibakteri lainnya. Keampuhan cuka apel dalam manfaatnya mengatasi gangguan jamur seperti Candida sudah teruji dalam jurnal berjudul Antifungal Activity of Apple Cider Vinegar on Candida Species Involved in Denture Stomatitis yang dipublikasikan pada tahun 2015 lalu.

Banyak resep menu makanan yang menggunakan campuran cuka apel sebagai salah satu bahannya, Anda bisa berimproviasi sesuai dengan selera Anda. Cuka apel bisa dikombinasikan ke dalam salad, flatbread pizza, roasted potatos, dan tentu saja apple pie. Jika dibuat obat oles, cuka apel bisa menghindarkan Anda dari penyebab penyakit kurap di selangkangan.

  1. Makanan dengan Campuran Minyak Kelapa

Dalam jurnal berjudul Treatment of Dermal Infection with Topical Coconut Oil, minyak kelapa disebutkan mampu mengatasi berbagai jenis infeksi yang terjadi pada kulit. Hal ini disebabkan oleh zat antimicrobial dan antifungal activity yang terkandung di dalamnya. Minyak kelapa juga mengandung asam lauric dan asam capric.

Tidak ada salahnya untuk mengonsumi segala jenis makanan dengan campuran minyak kelapa bagi penderita kurap. Apalagi, minyak kelapa adalah bahan makanan yang sulit dipisahkan dari menu-menu makanan tradisional. Jika digunakan sebagai obat oles, minyak kelapa bisa dijadikan bahan utama dalam cara menghilangkan bekas kurap.

  1. Makanan dengan Campuran Kunyit

Kunyit adalah bahan makanan yang banyak mengandung manfaat baik jika dikonsumsi langsung maupun jika diaplikasikan ke bagian tubuh tertentu. Kunyit juga diketahui mampu mengatasi kurap karena kandungan antimikrobanya. Fakta tersebut tercantum dalam jurnal berjudul A Review on Antibacterial, Antiviral, and Antifungal Activity of Curcumin yang terbit tahun 2014 lalu.

Sebagai bahan makanan yang banyak digunakan dalam berbagai menu makanan Indoensia, tentu bukan masalah untuk menemukan makanan yang baik untuk penderita kurap. Kunyit juga kerap kali dijadikan bahan pewarna alami untuk jenis makanan tertentu. Keampuhan kunyit dalam mengatasi kurap sama baiknya dengan garam. Cara mengobati kurap dengan garam bisa dilakukan kapan saja.

  1. Produk Olahan Akar manis
Sponsors Link

Akar manis adalah sejenis rempah yang juga dikenal dengan nama licorice. Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan pada tahun 2015 yang berjudul The Antiviral and Antimicrobial Activities of Licorice, A Widely-Used Chinese Herb diketahui bahwa akar manis memiliki antiviral dan antimikroba. Fakta inilah yang menyimpulkan bahwa akar manis cukup ampuh untuk mengatasi kurap.

Produk olahan akar manis yang paling umum adalah teh. Selain disinyalir mampu menunjang penyembuhan kurap, akar manis juga bagus untuk mengatasi sakit tenggorokan, keram karena menstruasi, serta batuk. Teh akar manis bisa Anda konsumsi dengan kombinasi madu rutin sekali setiap hari.

Selain lima jenis makanan tersebut, makanan-makanan dengan kandungan antioksidan dan antimikroba bisa Anda masukkan ke dalam menu makana sehari-hari. Sebab makanan dnegan kandungan zat tersebut adalah makanan yang baik untuk penderita kurap. Meski kurap sudah sembuh, biasanya meninggalkan bekas yang membandel di kulit.

Untuk menghilangkan bekas kurap, Anda bisa menggunakan banyak bahan yang mudah ditemukan. Anda juga perlu mengetahui cara menghilangkan bekas kurap dengan pasta gigi karena pasta gigi cukup ampuh untuk menghilangkan bekas kurap. Namun jangan salah mengidentifikasi kelainan kulit yang muncul di tubuh Anda, selain kurap Anda juga memiliki kemungkinan mengidap kadas. Dua kelainan tersebut sama-sama disebabkan oleh infeksi jamur hanya saja perbedaan kadas dan kurap tampak dari daerah kulit yang terinfeksi. Kadas biasanya hanya menyerang bagian kulit yang lembap sementara kurap menyerang seluruh kulit di tubuh Anda.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman