Sponsors Link

Wajib Coba 7 Makanan yang Baik untuk Penderita Keloid Terbukti Aman

Sponsors Link

Salah satu risiko dari memiliki luka sayat di kulit adalah munculnya keloid. Keloid adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh jaringan parut atau fibrosa yang tidak normal. Jaringan parut biasa muncul dalam proses penyembuhan luka dengan membentuk kembali jaringan kulit yang baru. Sayangnya pada beberapa orang, jaringan parut bekerja secara tidak normal dengan terus menerus membentuk jaringan baru hingga menumpuk. Tumpukan kulit tersebut adalah ciri-ciri keloid secara umu.

ads

Ada banyak faktor kenapa jaringan parut atau fibrosa pada seseorang tidak mampu bekerja dengan normal. Salah satu faktor yang paling diyakini oleh para ahli adalah faktor genetik. Dengan demikian, seorang ayah dan ibu yang menderita keloid memiliki kemungkinan besar untuk menurunkan kelainan tersebut pada anaknya. Beruntungnya, keloid bisa diminimalisasi oleh pengonsumsian beberapa jenis makanan seperti berikut ini.

  1. Mineral dan Vitamin E

Makanan yang kaya akan vitamin E dan mineral jumlahnya banyak. Sebagai alternatif hidup sehat, Anda bisa mengambil beberapa sampel dari jenis buah-buahan dan sayuran. Beberapa yang terkenal dengan kandungan vitamin E yang kaya adalah lobak hijau, brokoli, alpukat, gandum, hingga bayam dan sayuran hijau lainnya. Brokoli juga diketahui sebagai makanan yang baik untuk testis.

Vitamin E bagus untuk tubuh terutama dalam perihal  mengatasi keloid. Vitamin E adalah antioksidan alami yang berfungsi untuk menjaga sel-sel penting terutama membran sel dari serangan radikal bebas. Dengan demikian, vitamin E juga mampu melindungi sel-sel kulit Anda dari kemungkinan menderita ketidaknormalan fibrosa atau jaringan parut. Sementara itu, mineral adalah zat gizi yang berfungsi mencegah defisiensi dan menurunnya kesehatan.

  1. Makanan Sumber Kolagen

Kolagen sudah terkenal dalam kaitannya terhadap kesehatan kulit. Zat yang bisa Anda temukan dalam olahan makanan hewan dan cokelat ini mampu mendukung pertumbuhan tulang dan kulit.  Kolagen juga berkonstribusi besar dalam produksi sel-sel kulit yang baru serta memberinya elestisitas yang cukup.

Produk olahan hewan yang mengandung kolagen atau tembaga ini adalah daging sapi, putih telur, susu, kepiting hingga tiram. Produk-produk tersebut merupakan produk yang mudah ditemui serta diolah menjadi berbagai menu yang nikmat. Selain lezat, produk tersebut juga mampu mengatasi keloid yang Anda derita.

  1. Sayuran yang Kaya Akan Air

Selain kaya akan kolagen, beberapa buah dan sayur dengan kandungan air yang banyak juga baik untuk orang yang menderita keloid. Salah satu alasan kenapa sayur yang kaya akan kandungan air bagus untuk kesehatan kulit adalah karena mampu mendorong produksi kolagen di dalam tubuh manusia.

Beberapa jenis sayuran yang dimaksud adalah mentimun dan daun seledri. Kombinasikanlah sayuran-sayuran tersebut dengan sayuran hijau semacam bayam dan kubis atau kol. Sayuran tersebut mengandung antioksidan bernama lutein.

  1. Kacang-kacangan

Siapa sangka, kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk penderita keloid. Kacang-kacangan diketahui mampu mendorong tubuh untuk memproduksi zat-zat anti penuaan yang penting. Zat anti penuaan tersebut bernama asam hialuronat atau polisakarida. Lebih jauh, fungsi asam hailuronat dalam kacang-kacangan adalah membuat struktur interseluler menjadi stabil dan membentuk matriks fluida yang berguna sebagai tempat pengikatan serat elastik dan kolagen.

Sponsors Link

Salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak direkomendasikan adalah kacang kedelai. Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai begitu saja atau diolah menjadi berbagai produk. Produk olahan kacang kedelai banyak dijumpai dengan mudah seperti susu kedelai dan tahu. Kacang ini juga mengandung hormon genistein yakni hormon yang disajikan sebagai antioksidan.

  1. Buah dan Sayuran Merah

Salah satu alasan kenapa beberapa buah memiliki warna merah adalah karena kandungan likopen. Sebagai bagian dari antioksidan, likopen memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Beberapa jenis buah dan sayur merah yang cocok digunakan sebagai makanan yang baik bagi penderita keloid adalah tomat, merica, dan buah bit.

Selain berfungsi sebagai antioksidan, likopen juga bermanfaat besar bagi kesehatan kulit. Likopen terkenal dengan fungsinya sebagai sunblock alami serta meningkatkan kadar kolagen dan melindungi kulit dari keruskan, salah satunya adalah kerusakan fibrosa yang menyebabkan keloid. Ketahui pula cara menghilangkan keloid dengan bawang merah sebagai alternatif pengobatan.

  1. Sumber Vitamin C
Sponsors Link

Buah-buahan masam adalah daftar selanjutnya dari makanan yang baik untuk penderita keloid. Buah-buahana masam atau citrus fruit memilii kandungan vitamin C serta merupakan sumber alami sebagai produsen kolagen. Buah-buahan yang dimaksud adalah jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, dan strawberry. Manfaat jeruk nipis untuk kesuburan wanita juga merupakan salah satu khasiat dari vitamin c yang dikandungnya.

  1. Produk Olahan Ikan

Jika enggan mengonsumsi daging dan buah, Anda punya alternatif lain yakni ikan. Beberapa jenis ikan diketahui baik untuk penderita keloid karena mengandung omega 3 dan asam lemak. Omega 3 mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh  serta membaut sel-sel kulit tertap terhidari. Sementar itu asam lemak yang berasal dari lemak sehat mengandung zat antiinflamasi yang baik untuk kesehatan kulit. Makanan yang kayak omega 3 juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk penderita psoriasis.

Memiliki risiko keloid seharusnya membuat Anda semakin awas dengan asupan nutrisi. Agar terhindari dari penyebab keloid membesar, hindari melakukan sesuatu yang cenderung melukai seperti tindakan operasi jika memungkinkan. Selain itu, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan yang secara langsung berkaitan dengan produksi kolagen dan kesehatan fibriosa atau jaringan parut kulit.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman