Sponsors Link

15 Makanan yang Baik Untuk Penderita Bisul agar Bisul Cepat Sembuh

Sponsors Link

Siapapun pasti  menginginkan kulit yang sehat tanpa hiasan jenis-jenis penyakit kulit seperti bisul. Ketika berpapasan dengan orang lain dan kulit kita memiliki penyakit kulit, maka akan mengurangi percaya diri dan menjadikan kita sedikit minder. Penyakit kulit seperti bisul ternyata juga memiliki pantangan makanan seperti penderita alergi atau seperti perawatan pasca operasi. Makanan yang baik untuk penderita bisul berasal dari makanan berprotein alami dan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Sebenarnya sayur dan buah memiliki cukup material penting yang dibutuhkan untuk tubuh, begitu juga dengan makanan laut. Namun jangan sembarangan, karena ada beberapa yang malah menyebabkan bisul semakin parah. Sebelum kita membahas makanan yang sehat untuk penderita bisul, alangkah baiknya kita sedikit tahu tentang makanan yang menjadi pantangan. Apa aja sih? Simak yuk.

ads

Makanan yang harus dihindari oleh penderita bisul :

  1. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi untuk dikonsumsi. Penderita bisul tidak dianjurkan mengkonsumsi telur terlalu banyak, karena selain menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit sensitif, telur juga memicu pertumbuhan bisul menjadi lebih besar dan lama disembuhkan.

  1. Seafood

Ikan tuna, salmon dan sejenisnya adalah jenis makanan laut yang tidak boleh dikonsumsi ketika bisulan. Memang makanan tersebut kaya akan gizi dan memiliki banyak protein hewani, namun jenis-jenis bisul yang diderita tidak memerlukan protein tersebut untuk sembuh dari bisul.

  1. Daging merah

Daging merah bisa kita temui pada daging babi, domba dan sapi. Padahal dengan mengkonsumsi makanan ini sistem kekebalan tubuh dan zat besi pada penderita bisul akan bertambah. Makanan lain seperti sayur dan buah cukup mampu menjaga sistem imun tubuh tanpa harus mengkonsumsi daging merah tersebut. Kita masih bisa menggantinya dengan makanan yang baik untuk penderita bisul yang lain yang lebih aman.

  1. Ikan asin

Vitamin A banyak terkandung di dalam ikan asin. Namun bahayanya ikan asin termasuk makanan seafood yang sebaiknya dihindari oleh penderita bisul. Dengan mengkonsumsi ikan asin akan membuat kulit bisul akan terasa gatal dan tidak ada senyawa anti-inflamasi pada ikan asin itu sendiri. Jika anda pecinta ikan asin tunggu sampai bisul benar-benar sembuh untuk mengkonsumsinya.

  1. Udang

Udang termasuk jenis makanan penyebab bisul yang tidak baik untuk penderita bisul. Pasalnya, bisul memiliki banyak penyebab dan diantaranya adalah karena alergi makanan. Maka jangan heran ketika mengkonsumsi udang membuat lepuhan bisul semakin perih, itu adalah pertanda anda sebenarnya bisulan karena udang.

  1. Junk food

Sayur dan buah-buahan adalah makanan tepat konsumsi bagi siapapun, terutama bagi penderita bisul. Jadi jika kita mengkonsumsi bisul tentu tidak baik untuk tubuh. Selain untuk kulit yan terkena bisul, junk food sendiri memiliki kandungan kolestrol jahat dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan. Meskipun memiliki rasa yang enak dan mudah didapatkan, mengkonsumsi junk food sebaiknya dihentikan mulai dari sekarang.

Setelah kita mengetahui apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita bisul, selanjutnya ktia akan menjelajahi makanan apa saja yang baik untuk dikonsumi untuk penderita bisul. Makanan ini mudah di dapatkan, mudah di proses dan tentunya tidak akan ada efek samping yang muncul dan membahayakan.

Sponsors Link

Makanan sehat untuk penderita bisul :

  • Brokoli

Sayuran hijau ini adalah makanan yang biasanya dimasak sebagai olahan sayur di rumah, warung makan ataupun restoran. Brokoli berkhasiat baik bagi perawatan pasca operasi tumor, karena brokoli mampu menyembuhkan jaringan kulit serta membuat jahitan kembali baik. Kalsium yang dimilikinya sebesar 180mg ini tergolong tinggi dan banyak manfaatnya. Selain itu brokoli juga cocok untuk makanan diet rendah lemak yang kaya serat.

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan kalsium sebanak 200mg yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita bisul ini dengan di masak atau meminum air rebusannya. Semua tergantung selera anda dan bagaimana anda bisa nyaman saat mengkonsumsinya sebagai media pengobatan.

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis makanan dan minuman fermentasi yang baik untuk bisul. Senyawa anti-mikroba yang dimilikinya sangat baik untuk mempercepat penyembuhan bisul. Mineral dan gizi di dalam yoghurt juga dibutuhkan untuk tubuh agar tetap sehat.

  • Susu

Dibandingkan dengan bayam, susu memiliki jumlah kalsium yang lebih tinggi yakni sebesar 270mg. Konsumsi minuman ini setiap pagi atau amalam sebelum tidur. Imbangi juga dengan makanan bergizi lain agar kebutuhan gizi setiap hari juga terpenuhi.

ads

  • Keju

Sama seperti susu, kandungan kalsium di dalamnya juga tinggi. Namun yang membedakan adalah cara pengolahannya. Keju sendiri memiliki jenis-jenis yang cocok untuk menghiasi berbagai jenis makanan yang anda sukai. Seperti keju craft untuk roti, mozzarella untuk pizza atau parmesan untuk mengolah kue. Anda bisa mengaplikasiannya sesuka anda dengan porsi yang tidak berlebihan.

  • Kangkung

Kangkung dipercaya sebagai makanan baik untuk menyembuhkan bisul. Tumbuhan yang bisa kita temui di emperan rumah atau di pinggir parit ini memiliki khasiat memukau yang belum banyak diketahui. Di dalamnya terdapat protein sebanyak 3gr, kalsium 73 mg dan lainnya. Pilih kangkung segar dan jangan lupa membelah batangnya sebelum dikonsumsi. Karena banyak yang menemui ulat hidup di dalam batangnya yang berongga tersebut.

  • Lobak

Teman akrab wortel ini memiliki kalsium sebesar 200mg yang tentunya berkhasiat sebagi cara mengobati bisul. Lobak dapat diolah dengan di masak, di jus atau di minum air rebusannya bersam wortel. Meskipun jika di minum memiliki bau yang kurang sedap, namun manfaatnya terbukti ampuh untuk menjaga tubuh penderita bisul selalu dalam keadaan baik.

  • Jeruk

Buah ini bisa dikonsusi setelah makan siang sebagai pencuci mulut atau sebagai kudapan di sore hari. Pilhlah jeruk dengan kandungan air yang banyak dan rasa manis di dalamnya tidak aneh. Karena saat ini sedang marak jeruk yang disuntik dengan pemani buatan. Jeruk yang berbahaya ini biasanya memiliki ciri yang agak mengkerut dan kering ketika dibuka kulitnya.

  • Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang cukup fenomenal dengan manfaat baik dan rasa yang enak di lidah ini memiliki kandungan kalium, kalsium, fosfor, zat besi dan magnesium yang dibutuhkan tubuh. Banyak sekali bukan kandungan baik di dalamnya, maka dari itu mulailah mengkonsum pisang sejak dini yang berguna juga sebagai cara pencegahan penyakit kulit seperti bisul.

  • Alpukat

Selain enak dicampurkan pada es teller, es jus atau dicampur dengan coklat cair, alpukat juga bermanfaat baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit yang salah satunya dalah bisul. Alpukat mampu menjaga bisul dari peradangan dengan protein, vitamin dan mineral yang dimilikinya.

  • Temulawak

Temulawak terkenal sebagai bahan tradisional yang biasanya diolah sebagai ramuan jamu-jamuan. Cara mengkonsumsi temulawak bisa dengan meminum air rebusannya setiap hari. Anda juga bisa menghaluskan temulawak dan menempelnya langsung pada bisul.

  • Asam jawa

Sama dengan temulawak, asam jawa juga berfungsi meringankan gejala bisul seperti rasa gatal, perih hingga peradangan. Asam jawa dapat direbus dengan tambahan jahe atau bersam temulawak. 

Sponsors Link

  • Madu

Madu biasanya digunakan sebagai bahan perawatan kulit tubuh wanita. Namun siapa sangka anti-oksidan yang dimilikinya ternyata juga mampu menyembuhkan penyakit kulit pada daerah lain yang tekena bisul. Konsumsi madu setiap hari, bisa di minum langsung atau dicampur pada susu atau teh. Buatlah cara pengobatan menjadi menyenangkan hingga anda tidak sadar bahwa anda sedang menjalani pengobatan.

  • Oatmeal

Bisul yang parah akan timbul peradangan atau ruam kemerahan dengan rasa perih yang menyakitkan. Oatmeal bisa dijadikan salah satu cara untuk mengurangi peradangan tersebut. Anda bisa mengolahnya sebagai makanan atau menempelkannya langsung pada luka bisul. Untuk membuat pengobatan ini semakin mudah, anda bisa menyamourkan oatmeal dengan susu atau keju. Selain enak cara pengobatan ini juga menjadi menyenangkan.

  • Kapsul vitamin E

Vitamin E memiliki kolagen sebagai untuk merangsang tumbuhnya jaringan kulit baru setelah pengobatan bisul serta cara menghilangkan bekas koreng yang ampuh. Cara ini memang bukan cara alami seperti beberapa cara diatas, namun jika ingin praktis dalam pengobatan anda bisa mencoba cara ini agar penyembuhan bisa berlangsung cepat.

Demikianlah makanan yang baik untuk penderita bisul agar tubuh tetap sehat selama masa pengobatan. Makanan tersebut selain dijadikan sebagai obat dapat juga digunakan untuk pencegahan penyakit kulit dan penyakit lain yang mungkin datang pada tubuh kita. Senantiasa menjad hidup sehat dengan buah dan sayur akan menambah sistem kekebalan tubuh dan penyakit menjadi takut pada tubuh kita.

Sponsors Link
, ,