Sponsors Link

13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Vagina Agar Tetap Sehat

Sponsors Link

Menjaga dan memperhatikan kesehatan vagina adalah keharusan bagi setiap wanita dan perlu mendapatkan perhatian khusus karena vagina merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk reproduksi. Namun banyak ditemukan berbagai gangguan pada kesehatan vagina wanita seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi saluran kemih, keputihan, vagina kering.

ads

Penyakit lainnya yang dapat membuat seorang wanita sangat menderita.  Perawatan vagina bagian luar memang penting, namun hal tersebut belum cukup. Mengkonsumsi makanan sehari-hari juga perlu diperhatikan. Di bawah ini 13 makanan yang baik untuk kesehatan vagina Anda :

  1. Yoghurt

Yogurt merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan vagina. Yoghurt dapat membunuh mikroorganisme buruk seperti jamur dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat lain mengkonsumsi yoghurt secara teratur akan membantu menjaga kondisi pH vagina agar tetap normal. Kondisi pH vagina normal adalah bersifat asam yang menjaga berbagai macam organisme baik tumbuh secara normal di dalam vagina. Selain baik bagi kesehatan vagina, yogurt juga meningkatkan bakteri baik yang bermanfaat bagi sistem percernaan, menjaga usus tetap sehat,menjaga terjadinya infeksi pada vagina, dan dapat mencegah osteoporosis terutama pada perempuan yang memasuki masa menopause. (baca juga: Penyebab gatal pada kemaluan)

  1. Alpukat

Setelah air dingin, saring kemudian gunakan air untuk mencuci vagina. Cukup bilas dengan air, jangan gunakan air sabun. Siapkan beberapa alpukat, yang  Namun jangan mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan, cukup konsumsi 1 buah alpukat setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat baik di dalamnya. (baca juga: Penyakit kelamin wanita)

  1. Edamame

Edamame merupakan salah satu sumber makanan yang baik dan sehat bagi vagina wanita. Fitoestrogen yang tekandung di dalam edamame dapat membantu melubrikasi  atau melumasi vagina untuk mencegah kekeringan dan rasa gatal pada vagina, khususnya bagi wanita yang memasuki masa menopause. Selain bagi makanan yang baik untuk kesehatan vagina, edamame juga mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan memberikan perlindungan terhadap osteoporosis. Jika Anda mengalami kekeringan, konsumsilah minimal ½ cup edamame setiap harinya. (baca juga: Cara menghilangkan bau pada vagina)

  1. Lemon

Buah lemon dan daun lemon dapat menjadi obat pembersih vagina dan dapat membantu menjaga kesehatan vagina. Lemon mengandung senyawa limonene yang memiliki sifat antibiotik, antimikroba, dan anti alergi. Dengan mengkonsumsi lemon, sel-sel tubuh akan terhindar dari radikal bebas dan melawan berbagai macam infeksi. Selain dikonsumsi, daun lemon juga dapat menjadi obat pembersih alami vagina. Cara penggunaannya cuci sepuluh lembar daun lemon kemudian hancurkan dan campurkan ke dalam satu gelas air. Rebus daun lemon sampai air berubah warna menjadi agak kehijauan. (baca juga: Cara menjaga kebersihan vagina)

Artikel terkait:

  1. Bawang Putih
Sponsors Link

Bawang putih merupakan bahan yang mudah ditemukan dan sejak dahulu terkenal memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Manfaat bawang putih bagi vagina adalah dapat mengobati keputihan akibat bakteri dan kuman penyebab infeksi. Cara penggunaannya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih secara langsung. Jika tidak menyukai cara tersebut, Anda juga dapat merebus bawang putih dengan air, kemudian minum rebusan air tersebut. (baca juga: Penyebab gatal pada kemaluan)

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar selain mudah ditemukan, memiliki rasa manis dan harga yang terjangkau. Ubi jalar memiliki manfaat bagi kesehatan vagina karena mengandung beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap radikal bebas, bakteri ,dan kuman pada vagina, membantu saluran reproduksi bekerja dengan baik dengan menjaga dinding vagina tetap sehat dan lembab, menjaga produksi hormon pada wanita agar tetap stabil, dan membantu kelancaran urine. Selain itu kandungan serat dalam ubi jalar baik bagi pencernaan. (baca juga: Cara mencegah penyakit menular seksual)

  1. Teh Hijau
ads

Teh hijau memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, selain itu teh hijau yang mengandung senyawa antimikroba polyphenolic catechins dapat membantu melawan dan membunuh bakteri E. Coli yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Selain itu kafein yang terkandung pada teh hijau dapat meringankan gejala menstruasi. (baca juga: Makanan sehat untuk kesehatan kulit – Penyebab penyakit kusta)

  1. Cranberry

Jus cranberry mengandung senyawa asam yang dapat membantu menyeimbangkan kadar pH di dalam vagina, dapat menangkal bakteri jahat, dan mencegah infeksi pada kandung kemih. Senyawa tersebut dapat membuat lapisan licin pada kandung kemih sehingga membantu bakteri penyebab infeksi saluran kemih untuk tidak lagi menempel pada dinding kandung kemih. Jika Anda rentan terhadap Infkesi Saluran Kemih, jangan gunakan gula pada campuran jus cranberry. Dengan mengkonsumsi jus cranberry setiap hari akan membantu membersihkan bakteri lebih cepat sebelum berkembang biak. (baca juga: Trikomoniasis – Penyebab biduran)

  1. Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Biji bunga matahari atau kuaci yang sering menjadi cemilan ternyata banyak mengandung seng yang dapat bermanfaat bagi makanan yang baik untuk kesehatan vagina wanita. Dengan mengkonsumsi kuaci dapat mencegah vagina menjadi kering, gatal, dan terasa seperti terbakar dan menjaga kesehatan kandung kemih. (baca juga: Gejala penyakit kelamin)

  1. Minyak ikan

Ikan salmon yang mempunyai kandungan minyak ikan paling baik dengan banyak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin D juga omega 3 yang sangat bagus untuk tubuh dan kesehatan vagina. Dengan mengkonsumsi minyak ikan, dapat membantu melancarkan peredaran darah ke semua organ vital termasuk vagina. (baca juga: Gejala kandidiasis)

Artikel Lainnya:

  1. Coklat

Kandungan senyawa yang terdapat dalam coklat baik untuk organ reproduksi wanita yaitu bisa dalam untuk pelumasan dan juga menjaga kelembaban vagina. Selain itu coklat juga memiliki banyak manfaat lain seperti membantu meredakan gejala menstruasi, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, anti depresan alami, menurunkan kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, menghambat penuaa, menjaga agar tetap awet muda dan menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi serius pada wanita hamil. (baca juga: Cara mengobati eksim)

Sponsors Link

  1. Apel

Buah apel mengandung zat phloridzin yang berguna menjaga kelembaban vagina wanita. Saat vagina terlalu basah atau kering dapatmemudahkan bakteri jahat bersarang di vagina. Dengan mengkonsumsi 1-2 buah apel setiap harinya, dapat menjauhkan kita dari iritasi dan rasa sakit di bagian organ intim. (baca juga: Cara memperbanyak sperma secara alami)

  1. Kacang Almond

Kacang Almond memiliki kadar vitamin E yang tinggi yang baik untuk mencegah kekeringan pada vagina. Selain itu kacang almond juga dapat mencegah Infeksi pada saluran kemih sehingga baik untuk menjaga kesehatan vagina. (baca juga : Cara menghilangkan benjolan pada kemaluan)

Itulah tadi 13 makanan yang baik bagi kesehatan vagina wanita. Semoga dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman