Sponsors Link

3 Jenis Makanan yang Diperbolehkan dan Dianjurkan Untuk Penderita Skabies

Sponsors Link

Skabies dalam istilah lokal sering dikenal dengan nama kudis atau gundik, merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh menyusupnya tungau atau kutu ke dalam lapisan kulit luar. Penyakit kulit ini terhitung mudah menular menilik pada pergerakan tungau yang mudah dilakukan dengan kontak fisik. Selain menyusup, tungau juga menjadikan lapisan kulit manusia sebagai tempatnya menyimpan telur. Oleh karena itu, selain berwarna kemerahan skabies juga ditandai dengan rasa gatal yang tidak tertahankan.

ads

Sebagai penyebab penyakit scabies, tungau tentu harus dienyahkan dari permukaan kulit jika Anda ingin terhindar dari menderita skabies. Oleh karena itu, mayoritas obat tradisional kudis maupun modern biasanya merupakan obat oles seperti salep dan sebagainya. Namun Anda juga bisa mencari tahu cara mengobati kudis dengan kunyit sebab kunyit memiliki kandungan yang bagus untuk mematikan kutu dan tungau penyebab kudis.

Di sisi lain, Anda juga harus pandai memilih makanan yang akan menunjang penyembuhan Anda dari penyakit kudis. Ada pun tiga jenis makanan yang paling baik dan diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita skabies adalah sebagai berikut.

  1. Walnuts/Kacang Kenari

Jenis makanan pertama yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita skabies adalah walnuts atau sejenis kacang kenari. Kacang kenari terutama jenis kacang kenari hitam atau black walnuts memiliki kandungan protein dan makronutrient yang memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan fungsi sistem imunitas Anda. Sementara itu, protein yang terkandung dalam kacang kenari juga memiliki manfaat dalam mencegah kulit Anda terkena infeksi dan menjauhkannya dari menderita skabies atau kudis.

Walnuts termasuk makanan superfood yang memiliki nutrisi lebih banyak dari jenis kacang lainnya seperti kacang almond dan kacang tanah. Kacang ini bisa Anda temukan dengan mudah dalam berbagai produk makanan seperti cokelat dan kue. Untuk mendapatkan manfaat dari kacang kenari, perhitungkan asupan protein yang masuk ke dalam tubuh Anda dengan landasan 1 ons kacang kenari hitam mengandung 6.8 gram protein.

Selain dimasukkan dalam beberapa menu makanan, kacang kenari atau walnuts juga bisa Anda jadikan camilan sehat. Penelitian yang dilakukan di University of Scranton Chemistry Pennysylvania menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dari kacang ini dua kali lipa lebih besar dari pada senyawa serupa yang terdapat dalam kacang pecan dan pistachio.

  1. Rhubarb/Sejenis Talas

Tidak banyak yang mengetahui rhubarb sebab untuk jenis tumbuhan yang sama, masyarakat lebih mengenal talas dan keladi. Uniknya meski dikenal sebagai tanaman buah, rhubarb sebenarnya adalah jenis tanaman sayur yang memiliki tekstur yang serupa dengan seledri. Kendati demikian, bagian dari tanaman rhubarb yang bisa dikonsumsi dan diperbolehkan untuk penderita skabies adalah bagian batangnya. Sebab, bagian daun rhubarb terkenal beracun.

Dalam buku berjudul Prescription for Nutritional Healing, Phyllis Blach yang merupakan seorang praktisi nutrisi memasukkan rhubarb ke dalam jenis makanan yang mampu mengatasi infeksi skabies menilik pada tingginya kadar nutrisi yang dikandung oleh rhubarb. Ada pun kandungan rhubarb yang dimaksud adalah senyawa antiparasit. Selain itu, rhubarb juga merupakan sumber vitamin C, B-kompleks, kalisum, mangan, dan antioksidan seperti lycopene dan anthocyanin.

Rhubarb bisa dikonsumsi begitu saja dengan cara dimakan mentah, namun menilik pada kandungan racun di bagian daunnya, sebaiknya rhubarb Anda konsumsi dengan cara dimasak. Ada banyak cara untuk menikmati cita rasa batang rhubarb yang nikmat. Anda bisa memasukkan rhubarb ke dalam resep sup, salad, kue hingga pie.

  1. Bawang Putih

Manfaat bawang putih terhadap kesehatan bukanlah isapan jempol belaka. Bawang putih merupakan bahan rempah yang penggunaannya sangat fleksibel. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolahnya menjadi makanan maupun menjadikannya masker dan salep. Bawang putih juga diketahui mampu menjadi bahan makanan yang baik untuk penderita skabies. Bahkan, bawang ini bisa Anda aplikasikan langsung pada area kulit yang terkena skabies.

Sponsors Link

Bawang putih memiliki kemampuan untuk membunuh parasit seperti kutu dan tungau Sarcoptes scabiei penyebab utama skabies oleh karena itu bisa menjadi bahan paling tepat dalam cara membunuh kutu scabies. Selain itu, bahan makanan dengan aroma yang menyengat ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik tidak hanya untuk kesehatan kulit melainkan juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ada pun kandungan yang paling penting dalam menjaga kesehatan kulit adalah senyawa mangan dan vitamin B6.

Bagi beberapa orang, mengonsumsi bawang putih mentah bukanlah sebuah masalah. Namun jika Anda tidak terbiasa dengan hal tersebut, tentu saja bawang putih bisa Anda masukkan ke dalam berbagai resep masakan. Untuk mendapatkan aroma dan rasa terbaik dari bawang putih, Anda bisa menjadikan bawang putih sebagai bumbu untuk sup dan dinikmati ketika hangat.

Skabies memanglah bukan penyakit kulit yang parah seperti kista namun kalanya menjadi cukup parah jika tidak ditangani dengan baik. Skabies atau gundik bisa mengeluarkan nanah seperti bisul oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara mengobati gudik bernanah untuk menanggulangi hal tersebut. Untuk langkah yang lebih tepat, konsultasikanlah bersama dokter spesialisasi kulit dan kelamin Anda dalam rangka mengetahui jenis-jenis penyakit kulit  yang kemungkinan bisa Anda derita selain skabies begitu juga dengan cara pencegahan penyakit kulit. lakukanlah perawatan yang intensif hingga ciri-ciri skabies sudah sembuh tampak.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman