Sponsors Link

Perlu Anda Perhatikan 11 Makanan Untuk Penderita Cacar Air Sangat Aman!

Sponsors Link

Cacar air biasanya dikenal sebagai penyakit yang menyerang anak-anak. Padahal cacar air dapat menular semua umur. Hanya saja mayoritas penderitanya adalah anak-anak. Cacar air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus yang menginfeksi kulit saat sistem imun sedang dalam kondisi menurun. Beberapa gejala yang akan ditemui saat Anda mengalami cacar air diantaranya rasa gatal, timbulnya bintik merah, dan adanya cairan yang keluar dari bintik merah tersebut. Ada perbedaan cacar air dan campak.

ads

Cacar air bukan merupakan penyakit yang mematikan atau menular. Penyakit ini bersifat jangka pendek dan dapat Anda obati sendiri di rumah. Penyakit cacar air sebenarnya juga dapat Anda cegah dengan pemberian vaksin pada tubuh Anda. Jika cacar air tidak terlalu serius, penyakit ini tidak membutuhkan uji laboratorium untuk mendiagnosis atau penanganan lanjutan. Biasanya dokter hanya akan menanyakan alergi Anda terhadap makanan atau obat tertentu agar penyembuhan berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Saat Anda berobat ke dokter, dokter akan memberikan beberapa obat pereda. Anda juga perlu tahu beberapa obat tersebut. Biasanya obat yang diberikan dokter yaitu acetaminofen. Obat ini diberikan kepada anak-anak karena tidak mengandung aspirin. Selain itu dokter biasanya juga akan menyarankan antihistamin sebagai obat penyembuhan. Ada pula yaitu lotion kalamin atau mandi dengan campuran obat tertentu juga dapat mengurangi cacar air yang Anda atau anak alami. Sedangkan bagi orang yang telah terinfeksi cukup serius, dokter akan menyarankan penderita untuk mengonsumsi obat anti virus agar virus segera mati dan tidak berkembang biak lebih banyak dan cepat. Dengan demikian cacar air akan terhenti dan tidak menyebabkan komplikasi penyakit kulit lainnya. Jangan mengonsumsi obat obat tersebut tanpa resep dokter. Anda tetap memerlukan resep dokter meski cacar air bukan penyakit serius.

Penyakit cacar air tersebut selain memperburuk penampilan Anda, juga akan bertambah parah atau tak kunjung sembuh jika Anda melalaikan kebersihan gaya hidup. Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan oleh Anda adalah makanan yang Anda konsumsi. Bagi Anda yang menderita cacar air, Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Baik untuk mempercepat ciri-ciri cacar air akan sembuh atau makanan yang dilarang agar cacar air tak semakin memburuk. Apa saja makanan makanan tersebut? Berikut penjelasannya.

Makanan yang Baik untuk Cacar Air Anda

Makanan tentu mengandung banyak zat dan gizi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun ternyata saat Anda menderita cacar air, Anda juga perlu waspada dan memikirkan kandungan tertentu pada makanan. Hal ini berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Kandungan makanan yang dibutuhkan tubuh saat Anda mengalami cacar air adalah sebagai berikut.

  • Vitamin A. Vitamin A akan membantu tubuh untuk mengahsilkan zat yang mengurangi rasa gatal dan infeksi pada tubuh Anda. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A sangat dianjurkan bagi penderita cacar air.
  • Kalsium dan Magnesium. Kedua zat makanan tersebut juga dibutuhkan tubuh untuk mengurangi noda bekas cacar air Anda. kalsium dan magnesium dapat ditemukan di berbagai makanan di sekitar Anda.
  • Zat makanan satu ini sangat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Dengan terjaganya sistem imun, virus tidak akan mampu berkembang biak.

Beberapa makanan memiliki kandungan yang ternyata baik untuk Anda konsumsi saat cacar air menyerang tubuh. Makanan tersebut akan segera memulihkan kondisi kesehatan Anda. Berikut beberapa makanan yang baik saat Anda menderita cacar air.

  1. Sayuran

Semua jenis sayuran ternyata baik untuk penderita cacar air. Kandungan yang ada pada semua sayuran akan mempercepat proses penyembuhan penyakit kulit tersebut. Cara terbaik dalam mengolah sayuran agar kandungannya tetap terjaga yaitu dengan merebusnya. Proses merebusnya pun tidak boleh terlalu lama. Hal ini dimaksudkan agar kualitas dan kuantitas gizi tetap terjamin aman dan tidak hilang. Apa sayuran favorit Anda? Jangan lupa masukkan pada daftar belanjaan Anda.

Sponsors Link

  1. Buah-buahan

Buah juga dapat Anda konsumsi saat menderita cacar air. Disarankan untuk mengonsumsi buah yang memiliki tekstur daging yang halus dan rasayang tidak terlalu asam. Contohnya buah pisang, pepaya, apel, melon, dan sebagainya. Anda bisa mengolah buah tersebut sebagai milkshake atau jus. Jika Anda memilih untuk memakannya langsung pun, itu tidak masalah.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda akan meningkatkan sistem imun Anda. Hal ini dikarenakan air kelapa muda mengandung banyak air dan mineral tapi tidak mengandung kalori dan lemak yang dapat memperburuk cacar air. Anda dapat mengonsumsinya setiap pagi setelah bangun tidur atau sebagai menu sarapan Anda. Cobalah mengonsumsinya di pagi hari.

  1. Air Putih

Siapa yang tak tahu manfaat air putih? Selain mudah didapat, air putih juga termasuk bahan makanan yang baik untuk tubuh Anda. Banyak kandungan yang dapat mempercepat sembuhnya cacar air yang Anda alami. Dengan mengonsumsinya minimal 8 gelas sehari, cacar air akan mengalami kesembuhan yang cukup pesat. Jangan tambahkan gula atau pemanis buatan dalam mengonsumsinya. Cukup air putih saja.

ads
  1. Gandum

Mengonsumsi gandum sebagai makanan saat Anda mengalami cacar air adalah pilihan yang tepat. Gandum kaya serat dan karbohidrat dan rendah kalori sehingga cocok untuk mengurangi cacar air pada tubuh Anda. Masukkan gandum sebagai menu sarapan Anda agar cacar air segera sembuh. Anda juga mengonsumsinya dengan mencampurkan beberapa makanan kaya serat lainnya untuk meningkatkan kandungan baik pada gandum tersebut.

  1. Bawang putih

Para ahli telah membuktikan bahwa bawang putih memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bawang putih dipercaya mampu menyembuhkan beragam masalah, terutama cacar air Anda. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung setiap pagi sebelum mengonsumsi bahan makanan lainnya, atau mencampurnya pada menu makanan Anda. Tetapi jangan mengolah bawang putih dengan cara apapu. Cukup makan dalam keadaan mentah karena kandungan pada bawang putih dapat digunakan secara optimal selama mentah. Anda juga perlu tahu cara mengobati panu dengan bawang putih.

Makanan yang Harus Anda Cegah Saat Menderita Cacar Air

Cacar air ternyata dapat semakin memburuk jika Anda tidak menjaga pola makan Anda. Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan cacar air Anda tak kunjung sembuh bahkan semakin buruk. Apa saja makanan tersebut? Berikut beberapa makanan yang perlu Anda tahu untuk dihindari saat terserang cacar air.

  1. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak dapat menghambat proses penyembuhan cacar air Anda. Adanya infeksi pada tubuh justru tidak memperbolehkan tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Makanan tersebut seperti daging, keju, kentang, dan sebagainya. Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan mineral yang menjaga sistem imun tubuh Anda.

  1. Makanan yang Asin

Pengolahan makanan saat Anda menderita cacar air memang memerlukan perhatian khusus. Selain mengandung lemak, makanan Anda juga tidak boleh mengandung garam berlebih. Cukup gunakan sebagai penambah rasa saja. Hal ini dikarenakan garam yang ada pada makanan justru membuat tubuh Anda semakin iritasi. Sehingga cacar air akan terobati lebih lama atau justru semakin parah. Perhatikan cara mengolah makanan agar cacar air cepat mereda.

  1. Makanan yang Pedas

Selain asin dan berlemak, penderita cacar air juga tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang pedas. Makanan yang pedas akan menambah rasa gatal dan inflamasi daerah tubuh yang terkena cacar air. Bukan sembuh yang Anda dapatkan, justru cacar air akan bertambah parah. Bagi Anda pecinta makanan pedas, usahakan untuk menghindari makanan tersebut terlebih dahulu sampai cacar telah sembuh total.

  1. Makanan Kering

Biasanya buah buahan yang kering asam amino yang tinggi yang dapat menyebabkan virus penyebab infeksi semakin berkembang biak. Oleh karena itu, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi buah kering agar infeksi tidak semakin parah. Biasakan untuk mengonsumsi buah buahan segar dan higienis untuk mempercepat proses penyembuhan Anda.

Sponsors Link

  1. Makanan Berminyak atau Cepat Saji

Tidak hanya buruk bagi penderita cacar air, makanan berminyak dan cepat saji juga buruk bagi kesehatan semua orang bahkan yang sehat sekalipun. Makanan tersebut hanya mengenyangkan tubuh tanpa memberikan kandungan gizi yang mencukupi kebutuhan tubuh Anda. hindari mengonsumsi makanan berminyak dan cepat saji sebisa mungkin agar tubuh terhindar dari beragam penyakit.

Selain memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, menderita cacar air juga perlu memperhatikan keadaan lingkungan. Usahakan untuk hidup bersih agar virus tidak berkembang biak di kulit Anda. Anda juga bisa mengoleskan kulit yang terkena cacar air dengan krim atau gel lidah buaya untuk meringankan rasa gatal dan panas yang Anda alami seperti cara mengobati herpes dengan lidah buaya.

Saat Anda menderita cacar iar, biasanya Anda tidak diperbolehkan untuk terkena udara atau sinar matahari. Hal ini dikarenakan cacar air akan semakin menyebar jika terkena hal tersebut. Usahakan untuk menjaga kebersihan kulit meski sedang istirahat di rumah. Anda tetap bisa mandi seperti biasanya. Tapi beberapa orang menyarankan untuk mandi menggunakan campuran minyak kelapa atau baking soda pada air mandi Anda.

Tetap periksakan kulit Anda kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Sebab kondisi kulit setiap orang berbeda-beda dan beberapa kulit memiliki sensitivitas terhadap beragam bahan obat atau makanan. Dengan menjaga pola makan dan kebersihan lingkungan, maka tubuh Anda akan segera sembuh dari penyakit cacar air dan cara mencegah penyakit kulit lainnya.

Sponsors Link
, , ,