Sponsors Link

10 Makanan Untuk Menyembuhkan Eksim Pada Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Bagi banyak penderita eksim kering menahun, pastinya sudah sangat memahami apa saja yang menjadi pemicu dari penyakit ini. Selain beberapa penyebab penyakit eksim basah yang banyak dikeluhkan, terdapat juga beberapa hal yang menyebabkan penyakit kulit eksim tersebut menjadi kambuh. Salah satunya seperti dari faktor lingkungan dan juga makanan.

ads

Banyak pendapat yang menyebut bahwa mandi terlalu lama bikin eksim. Tak salah memang mengingat penyakit eksim juga sangat dipengaruhi oleh suhu. Nah untuk Anda yang saat ini sedang mencari obat eksim tradisional serta cara mengobati eksim, di bawah ini terdapat beberapa makanan untuk menyembuhkan eksim. 10 makanan berikut, cocok untuk mengobati eksim pada anak-anak atau pun orang dewasa.

1. Pisang

Perbedaan kurap dan eksim salah satunya pada rasa gatal. Rasa gatal yang dialami oleh penderita eksim salah satunya bisa diobati dengan konsumsi pisang. Sebagai salah satu makanan untuk menyembuhkan eksim, pisang memiliki banyak kandungan kalium, magnesium dan vitamin C untuk mengurangi gatal karena eksim.

2. Ikan

Omega-3 terbukti sangat baik untuk menyembuhkan penyakit eksim. Untuk itu para penderita sering kali dianjurkan mengonsumsi ikan yang memiliki banyak kandungan omega-3. Beberapa jenis ikan yang kaya akan omega 3 ini seperti salmon. Selain mengonsumsi ikan salmon langsung, penderita eksim juga bisa mengonsumsi fish oil atau minyak ikan yang kaya akan omega 3.

3. Kacang-kacangan

Selain ikan, beberapa jenis kacang-kacangan seperti biji rami dan chia, dan kenari juga memiliki banyak kandungan omega-3 yang baik untuk penderita eksim. Konsumsi kacang-kacangan sebagai alternatif makanan untuk menyembuhkan eksim selain ikan ini baik bagi penderita alergi atau mereka yang tidak bisa makan ikan. Selain itu, kandungan omega 3 pada biji chia pun diakui nyaris sama banyak dengan kandungan omega 3 pada ikan.

4. Yoghurt

Kandungan bakteri baik atau probiotik dalam yoghurt terbukti sangat bagus untuk mengurangi gejala awal eksim. Gejala awal penyakit eksim seperti gatal, hingga munculnya bintik merah bisa dikurangi bahkan diatasi dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur.

5. Daun Bawang

Selain omega 3, probiotik, dan juga kalium serta magnesium, vitamin K memiliki peranan besar dalam mengobati penyakit ensim. Vitamin K mampu menurunkan kadar histamin yang termasuk tinggi pada penderita eksim. Selain itu juga, vitamin K mampu berperan sebagai anti inflamasi.

Sehingga kulit tidak terasa terlalu merah, gatal, serta panas. Vitamin K bisa didapatkan salah satunya dari konsumsi daun bawang secara teratur. Daun bawang dianjurkan dikonsumsi sejak penderita menunjukan tanda-tanda akan munculnya eksim.

6. Kentang

Bila berbicara mengenai makanan untuk menyembuhkan eksim, maka kentang seharusnya menjadi jawaban. Kentang memiliki sifat alkali yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita penyakit eksim. Selain itu juga, kentang memiliki kandungan kalium, vitamin C dan juga serat yang tinggi.

Sponsors Link

Penderita eksim seringnya dianjurkan untuk melakukan diet sehat. Dimana mereka salah satunya harus mengurangi konsumsi gluten dan juga karbohidrat tinggi seperti pasta, nasi, roti, dan lain-lain. Untuk itu kentang menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti makanan pokok dengan serat tinggi yang memberikan rasa kenyang.

7. Susu beras

Bila penderita eksim dianjurkan untuk berdiet dan mengurangi pasokan nasi, mereka justru dianjurkan mengonsumsi susu beras. Susu beras merupakan sari dari beras yang dimasak. Susu beras bisa memberikan rasa dingin dan mengatasi inflamasi yang biasa terjadi pada tahap lanjutan penderita eksim.

8. Teh kamomil

Salah satu gejala penyakit eksim memang munculnya rasa gatal dan juga panas pada kulit. Biasanya diikuti dengan ruam atau pun bintik merah yang bisa menyebabkan rasa nyeri. Rasa tidak nyaman pada kulit ini, akhirnya membuat pengguna ingin menggaruk yang menyebabkan penyakit semakin bertambah parah.

Sponsors Link

Untuk itulah, penderita dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan untuk menyembuhkan eksis. Salah satunya untuk mengurangi rasa gatal dan juga panas tersebut. Teh kamomil dikenal sebagai salah satu anti inflamasi tradisional yang terbaik. Mengonsumsi teh ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman sebagai salah satu tanda alergi.

9. Sayur-sayuran

Para penderita penyakit eksim memang dianjurkan untuk melakukan pola makan sehat. Salah satunya dengan membatasi makan makanan junk food dan memperbanyak sayuran. Ada banyak sekali vitamin dalam sayuran yang akan membantu mengurangi tanda-tanda dari penyakit eksim ini. Seperti misalnya vitamin E pada kacang-kacangan, vitamin C yang baik untuk meningkat daya tahan tubuh para penderita eksim. Serta vitamin K yang membantu menurunkan kadar histamin dalam tubuh para pendeita eksim ini. Sehingga proses penyembuhan pun lebih cepat.

10. Buah-buahan

Selain pisang, ada banyak sekali buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita eksim. Terutama buah dengan kandungan vitamin C berlimpah.

Selain 10 makanan untuk menyembuhkan eksim, memang masih ada beberapa jenis makanan lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Penderita penyakit eksim pada intinya dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi vitamin serta mineral yang seimbang. Meskipun ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang dianjurkan untuk dikonsumsi lebih banyak. Semoga informasi mengenai makanan untuk menyembuhkan eksim di atas berguna dan memberikan informasi lengkap untuk Anda ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman