Sponsors Link

10 Makanan Setelah Operasi Hernia yang Enak di Konsumsi

Sponsors Link

Seperti yang telah kita ketahui, hernia adalah penyakit yang ditandai dengan menonjolnya jaringan usus ke daerah-daerah yang tidak biasa. Kondisi tersebut tentu menganggu penderita dalam menjalani hari-harinya, karena benjolan hernia sering muncul pada area lemah pada dinding otot perut. Jadi penderita juga harus berhati-hati, ketika mereka tertawa, bersin bahkan saat batuk yang tak kunjung sembuh. Hernia sendiri biasanya menyerang anak-anak yang dinamani hernia inguinalis, terletak pada pangkah paha dan dekat pusar. Apalagi jika bayi tersebut lahir dengan keadaan prematur, maka risiko ataupun penyebab hernia inguinalis bayi tersebut akan lebih besar dari bayi yang lahir dalam kondisi normal.

ads

Cara mengobati hernia yang paling manjur dan sering dilakukan oleh banyak orang adalah melakukan tindakan operasi, mungkin memang berisiko tapi jika penyakit semakin maka tidak ada jalan keluar selain harus segera melakukannya. Perawatan pasca operasi pu  perlu diimbangi dengan makanan setelah operasi hernia yang aman untuk penderita, biasanya berupabuah, sayur hingga makanan yang bermanfaat baik untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Selain makanan, penderita yang telah melakukan operasi tidak melakukan aktifitas berat seperti mengangkat beban berat, terlalu lelah hingga kurang tidur. Lalu ketika akan olahraga sebaiknya lakukan olahraga ringan saja seperti berjalan kaki, karena jenis olahraga tersebut akan mempercepat proses penyembuhan luka pada operasi hernia. Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi pasca operasi, yakni :

  • Air putih

Banyak yang merekomendasikan air putih sebagai cara mengobati hernia inguinalis karena terbukti ampuh dan tanpa efek samping sekalipun. Pastinya anda juga sudah mengetahui bahwasanya air putih telah digunakan oleh orang-orang dalam menjaga kesehatan. Tapi bukan sekali dua kali diminum lalu menimbulkan pengaruh baik untuk tubuh, karena anda harus meminum air putih 7-8 gelas dalam sehari. Dengan begitu penyakit hernia akan sembuh pelan-pelan jika anda rajin mengkonsumsinya. Manfaatnya yang paling nyata adalah mampu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urine dan keringat, lalu mencegah dehidrasi oleh tubuh oleh cairan yang memenuhi tubuh kita. Maka dari itu meminumnya sebelum dan pasca operasi hernia akan cepat membantu menembuhkan hernia tanpa ada efek samping.

  • Telur, susu dan ikan

Setelah operasi hernia anda perlu mengkonsumsi makanan mengandung asam amino tinggi seperti telur, susu, ikan, produk kedelai dan kacang-kacangan. Asam amino berperan penting dalam membantu proses penyembuhan pada luka operasi hernia. Kemudian jaringan yang rusak dalam kulit tubuh setelah operasi dan pertumbuhan jaringan kulit baru setelah operasi akan terangsang tumbuh jika anda rutin mengkonsumi makanan yang kaya akan asam amino. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan setelah operasi hernia yang satu ini, adna bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar swalayan, pasar tradisional hingga warung sayur dekat rumah anda.

  • Buah naga

Buah naga dikenal sebagai buah istimewa karena memiliki harga yang lumayan mahal dibanding buah lainnya dan cenderung memiliki manfaat lebih juga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam buah naga terkandung vitamin B12 yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka benjolan di dekat kelamin yang telah di operasi secara mudah dan nyaman dikonsumsi. Selain itu buah naga juga menghasilkan banyak sel darah merah yang diperlukan tubuh, mampu memproses asam folat dengan baik hingga berperan baik dalam membantu proses sintesis DNA di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara di jus, di makan langsung atau bahak di buat manisan, hal ini tentunya untuk menambah cita rasa buah naga itu sendiri tanpa harus menghilangkan khasiat terbaiknya.

  • Mangga

Seperti biasa, manga memang memiliki tempat di hati masyarakat karena manfaat serta rasanya yang begitu nikmat. Mangga juga merupakan buah yang bisa diolah dengan banyak cara, seperti di makan langsung, di oleh menjadi rujak, di campur sebagai lotis, di masak sebagai sambal, di jadikan minuman viral, hingga menyembuhkan bekas jerawat dalam bidang kecantikan wanita. Manfaat yang banyak ini tentu tak melupakan khasiatnya terhadap pasien pasca operasi hernia tentunya, karena manga juga bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh pasien sehingga menjadilebih sehat dan tidak gampang sakit setelah operasi hernia. Konsumsi manga bisa dilakukan setiap hari, sebaiknya selingi juga dengan makanan yang lainnya agar tidak bosan. 

Sponsors Link

  • Pepaya

Papaya lebih sering dikenal dengan buah pelancar pencernaan, karena ia mampu mengatasi sembelit atau susah buang air besar dengan cara aman dan mudah. Selain buahnya, daun dari buah papaya juga bisa dimanfaatkan untuk menambah selera makan pada anak dengan cara dimasak santan yang nikmat sekali pastinya. Pemulihan pasca operasi hernia yang terbilang cukup lamaini bisa anda atasi dengan banyak mengkonsumsi papaya setiap harinya. Namun meski memilikki manfaat baik dalam menjaga serat di dalam tubuh, ada juga yang kurang suka dengan buah ini akrena baunya yang tajam. Anda bisa mengkonsumsi makanan setelah operasi hernia yang lain jika memang tidak bisa mengkonsumsi buah ini. Jangan paksakan hal yang tidak anda sukai, karena penggantinya pasti anda temukan. 

ads

  • Yoghurt

Kekurangan vitamin A memang membuat tubuh seseorang menjadi lemah lunglai dan penghlihatan agar sedikit buram. Itu karenanya makanan yang dikonsumsi tidak mencukup kebutuhan vitamin A dengan baik. Yoghurt merupakan salah satu solusi yang bisa anda coba saat perawatan pasca operasi hernia inguinalis. Di dalamnya mengandung vitamin A yang sangat tinggi yang bahkan mampu mencukupi kebutuhan vitamin harian anda dalam setiap harinya. Produk olahan susu ini sama manfaatnya seperti susu asli, namun kadar vitamin yang diperolehnya cenderung berbeda. Namun tahukah anda bahwa yoghurt juga berpotensi menjaga kesehatan vagina sebelum hingga setelah operasi hernia, jadi anda jangan khawatir akan terjadi keputihan pasca operasi atau penyakit kelamin yang mungkin dating. Karena yoghurt akan memberikan solusi dari ketidaknyamanan yang anda takutkan.

  • Oatmeal

Makanan setelah operasi hernia yang satu ini sering dijadikan sarap di pagi hari karena perannya yang penting sebagai penambah energi yang kita butuhkan untuk memulai aktifitas. Biasanya cara mengkonsumsi oatmeal bisa ditambah dengan susu atau hanya dimasak saja dengan air panas mendidih baru kemudian di konsumsi. Di dalam oatmeal mengandung banyak nutrisi, mineral penting serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seharian. Dalam perannya mengobati luka setelah operasi hernia juga tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak yang menjadikannya obat terpercaya bahakan sudah sejak lama. Meskipun memang memiliki harga yang lumayan tinggi, tapi sesekali cobalah makanan pengganti nasi ini untuk mempercepat penyembuhan luka setelah operasi hernia tubuh anda. Produk lain yang bisa juga anda coba adalah granula yang memiliki harga lebih mahal. Pilih saja yang menurut apa yang anda yakini, dan selalu niatkan diria bahwa makanan yang dikonsumsi memiliki manfaat menyembuhkan.

  • Ubi jalar

Ketika bersantai di sore hari akan terasa lebih nikmat sekali apabila ditemani oleh teh hangat dan ubi jalar yang direbus hingga membuat teksturnya menjadi empuk. Kemudian manfaatnya dalam mengatasi sakit pada hernia yang telah di operasi juga bisa memanfaatkan tanaman rambat ini dengancara merebus, mengukus atau dengan cara di goreng. Hernia yang menganggu seringkali juga menimbulkan rasa kesemutan di area kemaluan, karena ketika terasa gatal kita tidak boleh langsung menggaruknya. Karena aktifitas menggaruk usus yang menonhol tersebut memang sebaiknya tidak dilakukan.

  • Sawi

Siapa yang tidak mengenal sayur berwarna hijau dengan rasa segar yang dimilikinya. Saat akan mengggunakannya sebagai obat penyembuh hernia pasca operasi, sebaiknya pastikan dengan baik bahwa anda telah membersihkannya dengan benar karena dikhawatirkan masih ada sisa kotoran pertanian yang masih meenempel pada sayur, biasanya ketika mencuci melalui tiga kali tahap hingga sayur bersoh dengan benar. Kemudia anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dimasak sayur atau di olah sebagai masakan lain yang melezatkan, menyembhka sekaligus menyehatkan tubuh kita. Jangan bingung ketika pada suatu daerah sawi yang ada di pasaran memiliki warna yang berbeda, seperti putih hingga warna chaisin yang jelas semua sawi memiliki manfaat dan kandungan yang sama.

Sponsors Link

  • Hindari konsumsi lemak berlebih

Bagi adna yang tidak memiliki riwayat apapun sebaiknya juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi, apalagi bagi pasien yang baru saja menjalani operasi hernia. Karena lemak yang berlebihan merupakan penyebab obesitas yang jelas membuat penderitanya malas bergerak, memiliki tubuh yang gampang sakit, mudah mengantuk hingga pada akhirnya lebih mudah terserang penyakit. Konsumsi makanan berlemak secukupnya saja atau bahkan sebaiknya ganti lemak dengan sayuran dan buah sehat agar hidup semakin sehat.

Penderita hernia yang telah melakukan operasi pemotongan usus yang menonjol keluar sebaiknya terus mengitkuti arahan dari dokter agar kesehatannya bisa pulih dengan baik. Selebihnya penderita juga tidak boleh melanggar makanan yang memperburuk keadaan, karena jika salah maka fatal akibatnya nanti ia peroleh. Dan setelah sembuh nantinya mantan pasien hernia juga harus menjaga pola makan, pola tidur hingga pola pikirnya dengan baik. Sehingga penyakit juga tidak datang kali kedua, ketiga dan selanjutnya. Lakukan cara terbaik demi mendapatkan kesehatan yang banyak orang sakit menginginkannya.

Sponsors Link
, , ,