Sponsors Link

6 Makanan Penyebab Vitiligo yang Banyak Dikonsumsi Banyak Orang

Sponsors Link

Salah satu jenis-jenis penyakit kulit yang banyak diderita oleh masyarakat adalah vitiligo. Vitiligo adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh lumpuhnya sel-sel dalam tubuh manusia yang berperan besar dalam produksi melanin. Sementara itu, melanin adalah zat yang melakukan pigmentasi atau pewarnaan terhadap bagian-bagian tubuh manusia seperti mata, rambut, dan kulit. Oleh karena itu, salah satu ciri khas dari penderita vitiligo adalah munculnya bercak-bercak berwarna putih di atas permukaan kulit.

ads

Beberapa penyebab umum seseorang menderita vitiligo adalah karena faktor genetik. Seorang anak dengan orang tua penderita atau carier vitiligo memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit yang sama. Meski cara mengobati vitiligo dengan kunyit langsung sembuh total, perlu proses panjang untuk sampai pada tahap benar-benar terbebas.

Selain itu, vitiligo juga bisa terjadi karena gangguan autoimun, tekanan stress, serta kerusakan kulit. Pola makan secara tidak langsung juga memberikan pengaruh terhadap vitiligo. Berikut adalah beberapa makanan yang pantang di makan untuk tehindari dari vitilito.

  1. Hindari Makanan dengan Pewarna Buatan

Majunya industri makanan modern menuntut para pembuatnya untuk lebih cerdas dalam mengemas makanan mereka agar tampak lebih cantik. Tidak jarang dari mereka menambahkan larutan perwarna buatan. Padahal, pewarna buatan apalagi dengan kandungan kimiawi membawa pengaruh buruk terhadap tubuh manusia.

Bagi Anda dengan faktor risiko yang besar untuk menderita vitiligo, makanan yang mengandung pewarna buatan adalah pantangan makanan vitiligo. Penelitian terhadap pengaruh perwarna makanan buatan terhadap risiko menderita vitiligo memang belum dibuktikan secara ilmiah akan tetapi laporan mengenai buruknya pewarna makanan terhadap kemungkinan menderita vitiligo banyak disampaikan.

  1. Hindari Makanan Masam

Agar terhindar dari kemungkinan menderita vitiligo, seseorang dengan faktor risiko yang besar terhadap penyakit tersebut sudah sepatutnya menjauhkan diri dari segalam macam makanan dengan cita rasa masam. Makanan dengan cita rasa masam biasanya mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Sementara itu, vitamin C dikenal mampu mengganggu produksi melanin dan pigmen warna di dalam kulit.

Beberapa jenis makanan malam yang patut dihindari adalah buah-buahan keluarga jeruk, yoghurt, dan makanan lain dengan kadar masam yang tinggi. Gangguan produksi melanin yang disebabkan oleh vitamin C bersumber dari proses pembentukan melanin ketika tyrosinase berubah menjadi tyrosine kemudian berubah menjadi dihydroxyphenylalanine dan berkahir menjadi dopaquinone. Vitamin C menghambat proses pembentukan tersebut. dibandingkan dengan mengonsumsi makanan masam, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit.

  1. Menghindari Makanan Non-Vegetarian

Selain tampak tidak sehat, makanan non-vegetarian lebih baik dihindari oleh seseorang dengan faktor risiko vitiligo atau bahkan oleh mereka yang sudah menderita vitiligo. Hal ini disebabkan karena makanan non-vegetarian memiliki kemungkinan terkombinasi dengan senyawa atau bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa asing bagi sel pigmen.

Salah satu jenis makanan non-vegetarian adalah ikan. Ikan dan makanan laut lainnya dikenal memiliki sikap memperburuk gejala vitiligo pada beberapa penderita. Selain itu, makanan laut juga kerap kali ditemukan mengandung senyawa kimia berat limbah atau buangan dari pabrik semacam merkuri. Oleh karena itu, agar terhindar dari kemungkinan penyebab vitiligo Anda harus puas dengan makanan vegetarian.

  1. Hindari Jenis Buah dengan Kandungan Hydroquinone
Sponsors Link

Meski buah-buahan dengan kandungan hydroquinone cukup baik untuk perawatan kulit agar tampak cerah dan bersinar, namun buah-buahan dengan kandungan hydroquinone adalah racun bagi seseorang dengan faktor risiko vitiligo. Sebab kandungan hydroquinen memberikan dampak yang buruk terhadap produksi melanin. Sementara itu, rusak atau tidak berfungsinya melanin akan membuat seseorang mendapatkan bercak-bercak putih vitiligo.

Beberapa jenis buah dengan kandugnan hydroquinone yang tinggi adalah blueberry dan pir. Buah-buahan tersebut tersedia segar atau dalam olahan makanan dan minuman lainnya. Kedua jenis buah tersebut harus Anda hindari sebisa mungkin.

  1. Makanan Overprocessed

Ada banyak alasan kenapa mengonsumsi makanan vegetarian adalah pilihan terbaik agar terhindari dari vitiligo. Ada banyak alasan pula bagi Anda untuk memilih cara menyembuhkan vitiligo dengan sesegera mungkin meninggalkan makanan dengan proses pembuatan yang panjang atau overprocessed. Makanan vegetarian cenderung segar dan alami sementara makanan overprocessed cenderung memiliki kandungan kimiawi.

Sponsors Link

Salah satu pendorong utama Anda agar tehindar dari vitiligo adalah antioksidan. Senyawa-senyawa kimia dalam makanan overprocessed memiliki peranan besar dalam memangkas habis antoksidan di dalam tubuh. Sementara itu kurangnya antioksidan akan membuat sistem imun melemah. Lemahnya sistem imun adalah salah satu penyebab Anda menderita vitiligo. Itulah alasan utama kenapa Anda dilarang mengonsumsi makanan overprocessed.

  1. Makanan Pedas dan Berminyak

Jenis makanan yang terakhir yang harus Anda hindari agar tidak menderita vitiligo adalah makanan pedas dan berminyak. Tentu karena makanan tersebut adalah jenis makanan yang menjadi pencetus berbagai permasalahan perut yang secara langsung memengaruhi sistem imun tubuh manusia.

Untuk mengakali kenikmatan mengonsumsi jenis makanan ini, Anda bisa mengganti sumber pedas Anda dengan lada merah. Lada merah termasuk ke dalam bahan makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh orang sehat, orang dengan faktor risiko virtiligo, dan penderita virtiligo.

Secara umum, jenis makanan penyebab virtiligo yang perlu Anda hindari adalah jenis makan yang tidak baik bagi masyarakat secara luas jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab makan adalah kunci kesehatan manusia, bijak-bijaklah dalam memilih dan mengonsumsinya agar terhindari dari penyebab perubahan warna kulit dan vitiligo.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman