Sponsors Link

6 Makanan Penyebab Lupus yang Sebaiknya Anda Hindari

Sponsors Link

Lupus adalah salah satu penyakit ganas. Penyakit ini pada dasarnya bermula dari ketidakseimbangan sistem imun di dalam tubuh manusia. Ketidakesimbangan tersebut membuat sistem imun tidak mampu membedakan antara jaringan tubuh yang sehat dan virus atau bakteri. Akibat dari hal tersebut, sistem imun akan merusak jaringan tubuh yang sehat menjadi rusak.

ads

Perlu waktu lebih dari lima tahun bagi seorang dokter untuk mengidentifikasi seseorang menderita lupus atau tidak. Selain karena memiliki banyak gejala, lupus bukanlah penyakit pada organ tertentu namun mampu menyerang banyak organ secara sekaligus. Akan tetapi, mayoritas penderita lupus biasanya memiliki ruam merah berbentuk kupu-kupu di sekitar hidung. Untuk itu melakukan cara pencegahan penyakit lupus lebih baik dilakukan terutama dengan cara menghindari makanan yang menjadi pemicu penyakit lupus seperti berikut ini.

  1. Kafein dalam Minuman

Beberapa jenis minuman dan olahan makanan dengan kandungan kafein yang tinggi adalah salah satu pemicu seseorang dengan risiko penyakit lupus semakin parah. Sebab, kafein dalam kadar yang tinggi bukanlah zat yang baik untuk kesehatan lambung apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit magh.

Kadar kafein yang dikonsumsi mampu membuat lambung mengalami iritasi. Iritasi di bagian dalam tubuh bagi seseorang dengan risiko penyakit lupus yang besar sangatlah berbahaya. Apalagi jika lupus sudah menyerang sistem pencernaan Anda. Jika Anda memiliki kegemaran meminum kopi, Anda bisa menggantinya dengan teh yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi.

  1. Makanan Sumber Lemak Trans

Rentannya sistem imun penderita lupus dan orang-orang dengan risiko penyakit lupus membuat mereka harus menghindari makanan yang menjadi sumber lemak trans. Lemak trans diketahui memiliki kandungan kolesterol jahat yang tinggi. Kolesterol jahat atau biasa disebut LDL ini merupakan pangkal dari berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung.

Banyak mengonsumsi lemak trans bagi seseorang dengan risiko menderita penyakit lupus sangat dilarang, sebab mampu mengambil peran sebagai unsur yang memperparah kerusakan jaringan. Apalagi jika orang tersebut secara tidak sadar sudah menderita lupus, maka kerusakan jaringan yang dideritanya semakin parah. Untuk meminimalisasi kerusakan, ketahui cara penularan lupus agar Anda senantiasa terlindungi.

  1. Tanaman Alfalfa

Tanaman alfalfa tak banyak dikenal sebagai pangan manusia. Di berbagai belahan dunia, jenis tanaman herba ini kerap kali dimanfaatkan sebagai pakan hewan seperti kuda perah, sapi, serta kambing. Begitu juga dengan pemanfaatan di Indonesia. Akan tetapi, daun ini kerap juga digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional berjenis oral. Meski begitu, siapapun yang memiliki risiko menderita penyakit lupus tidak diperkenankan untuk mengonsumsinya.

Mengenai larangan pengonsumsian segala jenis produk dari herba alfalfa, ditengarai karena kandungan L-canavanine yang memberikan dorongan terhadap perkembangan lupus. Salah satu penelitian mengenai keterakitan alfalfa dengan penyakit lupus pernah dipublikasikan pada tahun 1985 berjudul Effects of L-Canavanine on T Cells may Explain the Induction of Systemic Lupus Erythematosus by Alfalfa. Penyakit Lupus bisa berkomplikasi dengan penyakit lainnya, ketahui pula hubungan kebotakan rambut dengan penyakit lupus.

  1. Segala Jenis Alkohol

Alkohol pada dasarnya bukan minuman normal untuk manusia. Pengonsumsian alkohol yang rutin berkontribusi mengembangkan zat-zat karsinogen di dalam tubuh. Mayoritas alkohol juga mampu menaikkan kadar gula darah dan insulin yang memiliki pengaruh buruk terhadap berbagai jenis kesehatan manusia. Dari pada mengonsumsi alkohol, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit.

Sponsors Link

Alkohol tidak selayaknya dikonsumsi oleh penderita lupus maupun orang-orang dengan risiko menderita penyakit lupus. Selain keburukan-keburukan di atas, alkohol juga merupakan kontraindikasi dari berbagai pengobatan medis. Dalam kaitannya dengan sistem imun, alkohol adalah pembunuh utama bakteri baik di dalam tubuh manusia. Punahnya bakteri baik akan mengakibatkan sistem imun manusia semakin lemah dan cenderung berkembang menjadi lupus.

  1. Makanan Kaya Lektin

Ada banyak jenis makanan sumber lektin yang perlu dihindari oleh orang-orang dengan risiko mendapatkan penyakit lupus atau penderita lupus. Dalam simpulan yang sederhana, lektin adalah protein glukosa yang mampu membaut sel tersebut menggumpal. Beberapa contoh dari makanan yang kayak akan lektin adalah segala jenis tepung-tepungan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kelebihan mengkonsumsi protein menimbulan bisul juga, lho.

Kandungan lektin dalam makanan yang diketahui mampu membuat sistem imun manusia menderita. Sebuah studi dalam jurnal PLoS menyebutkan bahwa adalah racun bagi sel-sel tubuh. Lektin juga merupakan agen anti-nutrisi menilik pada kemampuan mereka dalam merusak. Menghindari makanan yang kayak akan lektin sangat disarankan. Apalagi, lupus juga berkaitan dengan beberapa jenis penyakit lain seperti hipertirodi. Ketahui juga hubungan antara penyakit hipertiroid dengan lupus.

Sponsors Link

  1. Daging Sapi

Agar bisa tetap sehat, beberapa golongan orang harus mampu puasa dari berbagai jenis maana yang tampak nikmat, begitu juga bagi orang-orang dengan faktor risiko menderita lupus yang tinggi. Salah satu jenis makanan yang harus mereka hindari adalah daging sapi. Daging sapi dalam pengonsumsian yang berlebihan ditengarai berkontribusi dalam pengaktifan bakteri di usus dan menyebabkan inflamasi.

Larangan mengonsumsi daging sapi dikuatkan dengan penelitian di Universitas Harvard. Dua hari setelah mengonsumi daging sapi cukup untuk menambah jumlah bakteri di dalam perut manusia. Ilmuwan Harvard juga menemukan bahwa di dalam daging sapi sendiri terdapat berbagai jenis bakteri, jamur, dan virus yang akan dengan cepat membentuk koloni di dalam usus. Sementara itu, bakteri dalam jumlah yang besar mampu menyebabkan berbagai jenis gangguan pencernaan yang sudah pasti akan berdampak sangat buruk terhadap orang-orang dengan risiko penyakit lupus.

Salah satu cara untuk terbebas dari lupus adalah dengan mengontrol asupan makanan yang tepat dan penuh nutrisi. Meski hampir semua makanan yang masuk dalam pantangan adalah makanan umum dengan berbagai olahan lezat, penderita lupus dan orang-orang dengan risiko penyakit lupus harus mampu menahan diri. Akan tetapi jika Anda sudah diidentifikasi menderita lupus lekaskah cari cara mengobati lupus dan efek samping pengobatan lupus.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman