Sponsors Link

5 Makanan Penyebab Keputihan Untuk Wanita yang Wajib Anda Hindari

Sponsors Link

Siapa yang tidak pernah mengalami keputihan? Setiap wanita pasti pernah mengalaminya. Namun, faktor faktor yang di alami masing masing orang tentu berbeda. Nah, pada umunya keputihan adalah hal yang normal selama tidak berwarna kuning hingga hijau, kemudian tidak meninggalkan bau, serta konsistensinya tidak terlalu encer atau terlalu menggumpal. Tahukah Anda ternyata beberapa jenis makanan juga dapat menyebabkan keputihan, lho?

ads

Terlebih saat Anda mengalami menstruasi tentu produksi hormon Anda tidak akan sama dengan hari normal Anda. Adanya produksi hormon tersebut berdampak pada semakin meningkat pula produksi lendir atau keputihan Anda.  Lantas apa saja sih makanan yang harus Anda kurangi bahkan cegah karena menyebabkan keputihan? Yuk pahami hal tersebut dengan membaca penjelasan berikut. Yuk cari tahu tentang keputihan berwarna kuning dan cair.

Makanan Penyebab Keputihan

  1. Ketimun

Banyak orang yang mengatakan bahwa ketimun dapat menyebabkan keputihan. Apakah hal ini mitos atau benar benar fakta ? Sebenarnya hal ini tak sepenuhnya salah. Tidak setiap Anda mengonsumsi ketimun kemudian Anda akan mengalami keputihan. Hal ini dapat terjadi dalam waktu tertentu saja. Terlebih jika Anda telah memasuki masa haid Anda. Mengapa demikian?

Karena pada saat itu, Anda akan memiliki produksi hormon estrogen yang cukup tinggi. Kemudian jika Anda mengonsumi ketimun, maka ada beberapa kandungan pada sayur tersebut yang semakin meningkatkan produksi lendir pada daerah kewanitaan Anda. Mengapa kepuithan coklat dan tidak bau keluar dari daerah kewanitaan Anda? Hal ini tentunya tidak berbahaya jika masih normal dengan jumlah lendir yang keluar tidak banyak, warna yang dihasilkan juga putih seperti susu serta tidak menyebabkan bau bahkan sampai bernanah atau berdarah. Meski demikian, Anda harus menjaga kuantitas ketimun yang Anda konsumsi agar tidak terjadi keputihan yang berlebih.

Keputihan yang berlebih tentunya juga berdampak buruk untuk kesehatan Anda, ya! Keputihan yang berlebih juga menyebabkan Anda merasa gatal di sekitar organ kelamin. Tentu jika Anda memiliki banyak kesibukan, keadaan ini akan mengganggu serta membuat Anda tidak percaya diri tampil di depan umum, kan ? Oleh karena itu, jangan lupa Anda juga memastikan untuk mengonsultasikan gizi dan porsi makanan Anda kepada ahlinya agar kebutuhan nutrisi terjaga tanpa menyebabkan luka atau masalah kesehatan lainnya.

  1. Tape Singkong

Makanan selanjutnya yang dapatkan menyebabkan keputihan pada organ intim Anda yaitu tape singkong. Produk fermentasi tersebut ternyata juga dapat mengakibatkan produksi lendir berlebih, ya. Meski memiliki rasa yang enak dan membuat ketagihan, Anda harus memerhatikan jumlah mengonsumsinya. Itu pun jika Anda mengonsumsinya juga secara berlebihan. Jika tidak, atau masih dalam kuantitas yang normal, maka tidak akan memberikan efek samping apapun. Disarankan, saat menstruasi tidak mengonsumsi makanan tersebut terlebih dahulu agar produksi lendir tidak berlebih. Baca juga tentang khasiat bawang putih untuk mengobati keputihan.

Pada saat menstruasi, daerah kewanitaan Anda sangat rentan untuk dijadikan sarang bakteri atau kuman penyebab penyakit lainnya. jika ditambah dengan masalah keputihan atau produksi lendir berlebih, maka Anda perlu waspada terhadap kesehatan organ kelamin Anda. Labih aman lagi, jika Anda menanyakan terlebih dahulu hal ini dengan dokter Anda. Mengonsultasikan makanan apa saja yang baik untuk kesehatan organ intim Anda juga perlu dilakukan agar tidak terjadi apa apa yang memperburuk kesehatan Anda. Pahami juga mengapa keputihan Anda berwarna kuning dan kental.

  1. Soft Drink

Banyak sekali jenis minuman ini di pasaran baik yang mengandung rasa atau tidak. sayangnya, mengonsumsi produk minuman tersebut dapat membuat Anda keputihan. Mengapa demikian? Pewarna dan pemanis buatan tentunya menjadi bahan yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Hal ini tidak terkecuali untuk kesehatan daerah kewanitaan Anda.

Sponsors Link

Mengonsumsi pewarna dan pemanis buatan akan meningkatkan tumbuh kembang bakteri dan kuman yang ada di daerah kewanitaan. Akhirnya, lendir akan terproduksi dalam jumlah yang banyak dan berdampak pada keputihan yang akan Anda alami. Maka dari itu, mulai saat ini, yuk kurangi mengonsumsi produk minuman yang demikian. Lebih baiknya tingkatkan konsumsi air putih yang tidak hnya murah dan mudah di dapatkan, namun juga sangat baik dan menyumbang kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Hal apa lagi yang Anda pikirkan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih? Bagaimana cara mengobati keputihan dengan kunyit ?

  1. Telur

Protein memang dibutuhkan oleh tubuh untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda. Salah satu sumber protein yang mudah Anda dapatkan yaitu telur. Namun, tahukah Anda ternyata telur juga bisa menyebabkan Anda keputihan? Tentu keputihan yang Anda alami tersebut karena kuantitas telur yang Anda konsumsi berlebihan. Normalnya, telur di anjurkan untuk di konsumsi sekitar 3-4 butir saja seharinya.

Nah, meski Anda penggemar telur, jangan sampai mengonsumsinya dengan berlebihan ya. Ini akan menyebabkan produksi lendir pada daerah kewanitaan Anda semakin berlebihan. Anda bisa mengimbangi konsumsi protein dengan makanan lainnya. Baca juga terkait mengobati keputihan dengan daun sirsak yang mudah untuk Anda lakukan.

ads
  1. Gula

Makanan selanjutnya yang menyebabkan Anda keputihan yaitu gula. Tidak hanya menyebabkan diabetes dan jenis penyakit lainnya, nyatanya mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan daerah kewanitaan Anda mengonsumsi banyak lendir penyebab keputihan. Anda sebenarnya bisa , lho mengganti produksi gula dengan mengonsumsi buah yang manis secara alami.

Jika belum bisa, Anda dapat memulainya dengan mengurangi konsumsi gula perlahan lahan. Jangan lupa untuk mengonsultasikan dengan dokter terkait kebutuhan nutrisi harian Anda agar tidak hanya mengurangi secara asal asalan namun juga sesuai dengan kebutuhan harian tubuh Anda.

Keputihan sebenarnya hal normal yang selalu di alami oleh wanita. Hanya saja, faktor penyebab dan jenis keputihan yang tidak normal, justru akan menyebabkan banyak masalah kesehatan terutama bagi daerah kewanitaan Anda. namun tak perlu khawatir, selalu ada cara untuk mencegah suatu masalah kesehatan. Begitu juga untuk masalah kesehatan pada keputiha Anda. Apa saja ya cara yang dapat di lakukan untuk mencegah terjadinya keputihan? Berikut ini cara cara nya.

Cara Mencegah Terjadinya Keputihan

  1. Rutin Membersihkan Daerah Kewanitaan

Hal ini bisa di bilang cara paling sederhana yang bisa di lakukan oleh semua orang. Tapi meski sederhana, kebanyakan wanita melupakan hal tersebut. Menjaga kebersihan daerah kewanitaan tidak hanya sebatas mencuci dengan air bersih setelah buang air, atau mengganti pakaian dalam secara rutin. Namun, juga diperhatikan pula sabun yang di gunakan agar tidak menyebabkan keputihan. Begitu juga jenis pakaian dalam yang digunakan apakah menyerap dengan baik. Di sarankan untuk membicarakan hal ini dengan dokter agar lebih terarah. Jangan lupa pahami juga keputihan yang keluar setelah Anda melakukan buang air kecil.

  1. Istirahat yang cukup

Cara lain yang dapat di lakukan yaitu istirahat yang cukup. Kebanyakan wanita pekerja atau karir melupakan hal demikian karena kesibukan nya dan tuntutan tugas yang tak kunjung selesai. Nah, jika ini Anda alami sendiri, maka bisa saja Anda akan mengalami keputihan karena terlalu lelah bekerja. Beri waktu tubuh untuk berisitirahat dengan cukup. Tidur yang berkualitas dengan durasi sekitar 6 jam dalam sehari akan membantu tubuh untuk mengurangi produksi lendir yang berlebih. Jangan biasakan diri untuk begadang karena tidak hanya meningkatkan produksi lendir pada daerah kewanitaan. Namun, juga membuat tubuh Anda kekurangan tenaga untuk menjalani aktivitas sehari hari. Yuk, biasakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup dalam seharinya mulai dari sekarang!

  1. Memerhatikan Produk untuk Vagina

Hal ini juga perlu untuk Anda perhatikan. Banyak sekali produk khusus untuk vagina. Mulai dari sabun, bedak, dan jenis wangi wangian lainnya. di sarankan untuk tidak menggunakan produk ini tanpa anjuran dari dokter. Mengapa demikian? Meski terbilang sehat dan aman, produk tersebut tetap mengandung bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan Anda, bukan? Maka dari itu, hentikan penggunaan produk tersebut jika Anda telah sering menggunakannya.

Anda bisa bertanya ke pada dokter terkait obat atau produk apa yang sesuai dan aman untuk Anda dan kesehatan daerah kewanitaan Anda. Jangan menggunakan produk tanpa anjuran dokter, karena cukup berpengaruh dan beresiko tinggi bagi kesehatan kelamin Anda. yuk, mulai kurangi penggunaan produk produk tersebut dan jangan lupa untuk melibatkan dokter dalam setiap keputusan dalam kesehatan Anda, ya ! yuk baca terkait bahaya keputihan abnormal yang patut untuk Anda waspadai.

Masih banyak cara lainnya yang sebenarnya dapat Anda terapkan untuk mengurangi dan mencegah produksi lendir atau keputihan yang berlebihan. Namun yang jelas, memiliki gaya hidup yang sehat akan membantu Anda dalam mengurangi produksi keputihan tersebut. Mulai lah dengan mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas seharinya. Jangan lupa pula berolahraga secara teratur. Perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi. Terlebih jika Anda sedang menstruasi. Perhatikan makanan yang boleh dan tidak boleh untuk Anda konsumsi. Kurangi juga makanan yang tidak sehat. Selain itu, jangan lupa pulau untuk istirahat yang cukup. Hal ini tidak hanya mengurangi keputihan yang Anda alami namun juga meningkatkan metabolisme pada tubuh Anda. Bagaimana, sudah jelas? Semoga artikel tadi bermanfaat untuk Anda ya !

Sponsors Link
, , , ,