Sponsors Link

11 Makanan Penyebab Bisul yang Wajib Anda Hindari

Sponsors Link

Bisul adalah salah satu jenis penyakit kulit yang cukup sering dan umum dialami oleh banyak orang. Ciri-ciri bisul adalah muncul benjolan berwarna merah di permukaan kulit dan berisi nanah. Biasanya, bisul akan terasa sakit, terutama jika disentuh. Penyebab bisul adalah karena terjadi infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan di folikel rambut. Oleh karena itu, area yang umum terkena bisul adalah area yang terdapat folikel rambut, atau lubang tempat rambut tumbuh, seperti di ketiak, bokong, dan kulit kepala. Namun, tidak menutup kemungkinan bisul juga bisa tumbuh di leher, bahu dan wajah.

ads

Jenis-jenis bisul ada banyak, namun secara umum sebenarnya bisul tidak berbahaya dan akan sembuh dengan cukup mudah. Namun, penyakit kulit yang satu ini cukup mengganggu, terutama karena rasanya yang menyakitkan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita mengetahui cara mencegah bisul, salah satunya dengan menjaga pola makan. Mengapa demikian?

Makanan yang kita konsumsi ternyata memiliki pengaruh terhadap potensi munculnya bisul di tubuh kita. Meskipun kita telah mengetahui cara mengobati bisul, namun alangkah baiknya jika kita juga tahu cara mencegahnya. Jika kita menghindari, atau setidaknya mengurangi, konsumsi makanan penyebab bisul, maka kita telah mengurangi resiko terjadinya bisul. Lalu, makanan apa saja kah itu? Simak terus, ya!

  1. Daging sapi

Daging sapi termasuk makanan yang lezat dan mudah untuk diolah menjadi aneka hidangan. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan begitu banyak orang yang menjadikan daging sapi sebagai bahan makanan favorit. Tapi, tahukan Anda bahwa daging sapi ternyata bisa menyebabkan bisul?

Daging sapi memang merupakan makanan yang sehat dan bergizi untuk tubuh kita. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, daging sapi bisa menyebabkan munculnya bisul di tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan lemak di daging sapi cukup tinggi.

  1. Daging kambing

Makanan yang menjadi khas masakan Timur Tengah ini, ternyata juga bisa menjadi penyebab bisul. Daging kambing juga memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga bisa memicu tumbuhnya bisul di beberapa area tubuh kita. Bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsinya. Selama kita mengkonsumsinya dengan porsi yang wajar, tentu makanan ini bergizi dan tidak berdampak buruk. Jadi, Anda tidak perlu, kok, mengucapkan selamat tinggal ke sate kambing kesukaan.

  1. Gorengan

Kandungan minyak di gorengan sudah tidak perlu diragukan lagi bahayanya. Selain bisa menimbulkan aneka jenis penyakit degeneratif, kandungan minyak juga bisa menyebabkan tumbuhnya bisul. Hal ini dikarenakan minyak di gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit.Maka, sudah pasti gorengan tidak termasuk makanan sehat untuk kesehatan kulit yang sebaiknya kita hindari.

  1. Kacang

Di dalam kacang-kacangan terkandung protein dan lemak nabati yang cukup tinggi, dimana kedua kandungan ini bisa menyebabkan munculnya bisul di tubuh kita. Selain itu, protein dan lemak nabati di dalam kacang-kacangan juga memicu diproduksinya minyak berlebih di kelenjar minyak. Hal ini bisa membuat orang yang berlebihan mengkonsumsi kacang memiliki kulit yang cenderung lebih berminyak dan mudah berjerawat.

  1. Seafood
Sponsors Link

Ikan dan makanan dari laut lainnya juga bisa menjadi penyebab bisul, lho! Kandungan protein dan lemak yang tinggi dalam aneka hasil laut ini juga bisa menyebabkan munculnya bisul. Meski begitu, bukan berarti Anda dilarang makan makanan ini. Anda tetap bisa mengkonsumsinya, asal dalam porsi yang wajar dan tidak terlalu berlebihan.

  1. Telur

Telur memang telah dikenal sejak lama sebagai makanan yang bisa menyebabkan bisul. Ternyata anggapan tersebut memang benar karena telur memang mengandung protein dan lemak yang tinggi. Apalagi, telur juga sering menimbulkan alergi di beberapa orang yang memicu munculnya penyakit kulit pada orang tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi telur, terutama bagian kuning pada telur yang mengandung lemak sangat tinggi.

  1. Ikan asin

Makanan penyebab bisul selanjutnya adalah ikan asin. Mungkin Anda tidak pernah menyadari hal ini karena memang ikan asin tidak terlalu sering kita makan dalam keseharian sehingga tidak menyadari efek ikan asin terhadap kulit kita. Namun, ternyata kandungan protein dan garam yang tinggi di ikan asin bisa memicu tumbuhnya bisul di berbagai bagian tubuh kita. Jadi, hati-hati ya jika Anda ingin memakan telur asin! Cukup satu porsi saja dan jangan terlalu banyak mengkonsumsinya.

  1. Daging babi
ads

Untuk satu jenis makanan yang satu ini, mungkin tidak semua orang pernah memakannya. Daging babi merupakan makanan yang diharamkan di agama tertentu sehingga membuat makanan ini tidak terlalu sering diekspos kelezatannya.

Kandungan di dalam daging babi ternyata hampir sama dengan kandungan di daging sapi. Namun, yang membedakan adalah kandungan minyak di daging babi cenderung lebih tinggi. Hal ini membuat daging babi lebih beresiko menyebabkan bisul di tubuh.

  1. Daging ayam

Siapa yang tidak suka dengan daging ayam dan aneka makanan olahan ayam? Meski pada beberapa orang daging ayam bisa menimbulkan alergi, daging ayam masih menjadi jenis bahan makanan yang paling favorit, terutama di Indonesia. Begitu banyak masakan yang menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Hal ini membuat kita sering sekali mengkonsumsi daging ayam.

Tapi ternyata daging ayam mengandung lemak yang cukup tinggi jika dikonsumsi terlalu sering. Akibatnya, daging ayam juga termasuk makanan yang bisa menyebabkan bisul, yang mungkin akan cukup sulit untuk kita hindari setiap harinya. Tapi setidaknya, mari kita coba membatasi konsumsinya, ya!

  1. Susu full cream

Susu kemasan sering kita jumpai di etalase supermarket dan menjadi pilihan kita untuk mengkonsumsi susu yang enak dan mudah. Di pasaran, umumnya tersedia dua jenis susu yaitu susu rendah lemak dan susu full cream. Jadi, tahukan Anda bahwa susu full cream juga bisa menyebabkan munculnya bisul di tubuh? Kandungan lemak yang tinggi di susu inilah yang bisa memicu bisul tumbuh di tubuh kita.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengganti preferensi Anda menjadi susu rendah lemak untuk dikonsumsi sehar-hari. Sebagai alternative lain, Anda juga bisa memilih susu berbahan nabati, seperti susu kedelai atau susu almond yang kini telah banyak tersedia di supermarket.

  1. Junk food

Sudah tidak perlu diragukan bahwa junk food atau makanan cepat saji memiliki dampak buruk untuk kesehatan kita, termasuk kesehatan kulit. Junk food mengandung minyak yang tinggi, sekaligus kandungan lemak dan garam yang juga tinggi. Hal ini menyebabkan seseorang yang mengkonsumsi junk food akan lebih mudah mengalami bisul dibandingkan seseorang yang tidak mengkonsumsi. Oleh karena itu, mulai batasi, ya, konsumsi junk food yang kamu sukai!

Dari 11 jenis makanan penyebab bisul di atas, kita bisa mengetahui benang merah dari semua makanan tersebut. Bisa kita simpulkan bahwa makanan yang memiliki kandungan protein, lemak dan garam yang tinggi cenderung berpotensi untuk menyebabkan bisul tumbuh di tubuh kita. Maka, ada baiknya kita membatasi aneka jenis makanan yang mengandung banyak tiga kandungan tersebut. Bagaimanapun, mengkonsumsi makanan dengan kandungan normal dan seimbang akan lebih baik untuk kesehatan kita.

Sponsors Link

Memang, bisul tidak hanya disebabkan oleh makanan yang memicu pertumbuhannya. Faktor kebersihan juga berpengaruh pada munculnya bisul. Menjaga tubuh tetap bersih juga merupakan cara pencegahan penyakit kulit, termasuk bisul. Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk mencegah munculnya bisul di tubuh:

  • Mengkonsumsi makanan yang seimbang – seperti sayuran dan buah-buaha yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan di sayur dan buah bisa membantu kita membersihkan tubuh kita dari lemak dan segala racun yang masuk melalui makanan dan lingkungan. Sebagai bonus, mengkonsumsi buah dan sayur juga merupakan cara mengobati kista tanpa operasi serta mencegahnya.
  • Menjaga kebersihan – telah kita ketahui bahwa bisul merupakan akibat dari adanya infeksi di folikel rambut tubuh kita. Maka, infeksi ini bisa dicegah dengan kita menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kita. Tidak hanya mencegah infeksi, menjaga kebersihan juga bisa menjadi cara mencegah penyakit panu yang akan sangat mengganggu.
  • Jangan berlebihan mengkonsumsi satu jenis makanan – protein dan lemak termasuk kandungan yang juga dibutuhkan tubuh, namun kita tidak boleh juga mengkonsumsinya secara berlebihan.
  • Jangan mencabut rambut tubuh – tindakan ini jika tidak dilakukan dengan benar bisa memicu infeksi dan munculnya bisul.

Demikianlah pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mencegah terjadinya bisul ataupun mencegah bisul semakin parah. Semoga bermanfaat, ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman