Sponsors Link

7 Makanan Penyebab Biduran yang Sebaiknya Tidak Anda Konsumsi

Sponsors Link

Selain mengonsumsi makanan sebagai obat alami biduran, pengobatan jenis-jenis ruam di kulit yang disebabkan oleh berbagai reaksi terhadap alergen ini juga perlu ditunjang dengan menghindari berbagai jenis makanan pengebab biduran. Ada banyak jenis makanan penyebab biduran yang biasa terdapat dalam menu makanan Anda sehari-hari, oleh karena itu pintar-pintarlah dalam mengonsumsi agar Anda terhindar dari biduran. Ada pun makanan penyebab biduran yang dimaksud adalah sebagai berikut.

ads
  1. Buah Tomat

Meski memiliki kandungan yang bagus untuk sistem pencernaan manusia, Anda yang sedang menderita biduran sebaiknya menghindarkan diri dari mengonsumsi tomat untuk jangka waktu tertentu. Tomat bisa menjadi penyebab biduran yang tidak Anda sadari karena mengandung zat salicylates, amines dan glutamtes.

Ketiga jenis unsur kimia dalam tomat tersebut mampu memicu Anda yang memiliki kulit sensitif menderita biduran atau memperparah biduran yang sudah Anda alami sebelumnya. Tidak hanya dalam bentuk tomat segar, beberapa produk olahan tomat seperti saus tomat, jus tomat, pasta tomat dan produk lainnya sebaiknya Anda hindari.

  1. Olahan Keju

Selain buah tomat, keju juga mengandung zat amina yang mampu menjadi pencetus  biduran. Amina adalah senyawa organik yang bisa Anda temukan dalam berbagai produk makanan. Dalam kondisi tubuh yang normal, amina sesungguhnya memiliki fungsi yang baik terhadap kesehatan Anda.

Hanya saja jika Anda merasa memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Anda menghindari produk dengan kandungan amina seperti keju. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi keju, pilihlah keju segar seperti cottage chees dan ricotta cheese. Hindari mengonsumsi aged cheese seperti cheddar, blue cheese, dan parmesan.

  1. Daun Basil

Berbeda dengan keju yang memiliki kandungan asam amina, senyama pencetus biduran yang terdapat dalam basil dan beberapa jenis herbs sepeti daun mint dan rosemary adalah senyawa salisilat. Jika kulit Anda sensitif, hindari mengonsumsi segala jenis produk makanan yang menggunakan tambahan herb atau rempah-rempah ini.

Pilihan terbaik untuk terhindar dari biduran adalah dengan mengonsumi makanan tawar atau dengan sedikit tambahan garam. Akan tetapi jika Anda masih mengalami biduran meski sudah menghindari makanan penyebab biduran, segera periksakan diri ke dokter. Ketahui perbedaan biduran dengan kanker kulit agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

  1. Produk Madu

Manfaat madu bagi tubuh sangat luas dan beragam. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, madu juga biasa diaplikasikan pada kulit untuk mengatasi beberapa jenis kulit. Sayangnya, kandungan asam salisilat pada madu tidak baik untuk Anda yang memiliki faktor menderita biduran. Oleh karena itu, hindari makanan yang memiliki rasa manis dari produk madu. Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti pemanis Anda dengan sirup maple.  Di sisi lain, madu adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster.

  1. Olahan Daging Babi

Mengonsumsi makanan olahan daging bagi sangat tidak dianjurkan bagi penderita biduran atau Anda yang memiliki riwayat biduran. Olahan daging babi merupakan sumber asam amina, asam salisilat dan asam glutamat. Begitu juga dengan berbagai olahannya seperti bacon, sosis, dan deli meat.

Sponsors Link

Akan tetapi, beberapa orang memiliki tingkat toleransi yang cukup baik untuk mengonsumsi olahan daging babi dalam porsi yang kecil. Kendari demikian, Anda perlu berkonsultasi dengan dietitian atau dokter kulit pribadi.

  1. Buah Berry

Selain tomat, jenis buah-buahan yang perlu Anda hindari selanjutnya adalah buah-buahan dari keluarga berry seperti strawberry, blueberry, blackberrry, cranberry, raspberry dan lainnya. Buah berry diketahui memiliki kandungan senyawa kimia alami yang tidak baik bagi kesehatan kulit sensitif Anda karena bisa menjadi pencetus atau memperburuk keluhan biduran.

Untuk mengurangi konsumsi buah berry, Anda bisa mengambilk alternatif air kelapa. Air kelapa tidak kalah nikmat dari buah berry. Adapun cara mengobati biduran dengan air kelapa cukup mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

  1. Minyak Zaitun Ekstra-Virgin
Sponsors Link

Minyak zaitun yang biasa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari biasanya terdiri dari dua kelompok besar yakni minyak zaitun yang sudah mengalami permurnia (refined) dan tidak mengalami permurnian (unrefined). Minyak zaitun virgin dan ekstra virgin adalah jenis minyak zaitun yang diolah tanpa mengalami proses pemurnian, oleh karena itulah minyak zaitun jenis tersebut harus Anda hindari.

Jika Anda membutuhkan minyak zaitun untuk kepentingan masakan atau untuk vinaigrette salad, usahakan menggunakan minyak zaitun berlabel light atau pure agar terhindari dari campuran senyama kimia alami yang terkandung tinggi dalam minyak zaitun tanpa pemurnian. Dengan begitu, Anda bisa menghindari makanan penyebab biduran yang menggunakan campuran minyak zaitun.

Mengetahui jenis makanan penyebab biduran memang adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan. Hal tersebut bisa menjaga diri Anda dari kemungkinan menderita biduran atau memperparah biduran yang Anda miliki. Untuk pencegahan lebih lanjut, pahami juga ciri-ciri cacar ular dan penyakit lainnya agar Anda mampu memberikan pengobatan yang benar.

Akan tetapi jika upaya pencegahan tidak berlangsung baik dan pengobatan di rumah tidak memberikan hasil apa-apa, sudah sepatutnya Anda mengugjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pertolongan yang tepat secara medis. Dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spkk sudah tentu mampu Anda mengatasi penyakit-penyakit tersebut.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman