Sponsors Link

4 Lotion untuk Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Manjur

Sponsors Link

Biang keringat (heat rash) adalah salah satu jenis masalah kesehatan yang menyerang permukaan kulit. Jenis penyakit kulit yang juga dikenal dengan istilah miliaria di dunia medis ini ketika menyerang kulit, permukaan kulit akan ruam dan muncul bintik-bintik di atasnya. Biang keringat ini terjadi pada kondisi ketika adanya keringat, sel kulit mati, atau mikroorganisme yang berupa bakter terjebak di bawah kulit. Pada sebagian besar kasus biang keringat, kulit si penderita yang terserang penyakit ini adalah kulit di area leher, bahu, punggung, dada, ketiak, pangkal paha, siku, serta area lainnya yang mudah berkeringat.

ads

Jangan keliru membedakan biang keringat dengan cacar air, sebab ada perbedaan biang keringat dan cacar air. Jangan keliru juga antara biang keringat dan herpes, sebab ada juga perbedaan herpes dan biang keringat. Biang keringat khususnya dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Biang keringat tergolong ke dalam salah satu jenis penyakit yang lumayan umum terjadi di Indonesia. Pasalnya, Indonesia termasuk ke dalam negara yang mempunyai iklim tropis dan bercuaca panas, sehingga penduduknya lebih mudah berkeringat. Di negara ini, terdapat lebih dari 150 ribu kasus biang keringat yang terjadi setiap tahunnya.

Walaupun biang keringat dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, tetapi bayi dan anak-anak lebih memiliki risiko untuk terkena masalah pada kulit ini. Hal tersebut dikarenakan kelenjar keringat yang dimiliki oleh bayi dan anak-anak belum terbentuk dengan sempurna, sehingga saat mereka berkeringat, ada kemungkinan keringat tersebut akan terjebak di bawah kulit mereka. Ketika hal ini terjadi, permukaan kulit mereka akan muncul bintik-bintik, terasa gatal, dan ruam yang disebabkan oleh biang keringat.

Tidak hanya bayi dan anak-anak saja, orang dewasa tertentu juga memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena biang keringat. Berikut ini adalah faktor yang menmyebabkan orang lebih rentan terkena biang keringat:

  • Bayi yang baru lahir
  • Penduduk daerah yang beriklim dan bercuaca panas
  • Orang yang memakai pakaian tertentu yang membuat keringat terperangkap di bawah kulit
  • Orang yang mengidap obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih. Obesitas bisa menyebabkan penderitanya lebih mudah berkeringat

Lotion untuk Biang Keringat pada Bayi

Seperti yang telah diketahui, bayi dan anak-anak lebih rentan untuk terkena biang keringat. Bayi dan anak-anak yang terkena biang keringat biasanya akan lebih rewel, sebab biang keringat dapat menimbulkan rasa gatal dan rasa perih seperti tersengat yang sangat menggangu si penderitanya. Oleh karena itu, meskipun biang keringat bukan tergolong ke dalam penyakit kulit yang berbahaya yang dapat mengancam nyawa si penderitanya, biang keringat pada bayi dan anak-anak harus segera ditangani agar lekas menghilang dan agar si bayi dan anak dapat ceria kembali.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam upaya mengatasai biang keringat pada bayi. Cara-cara tersebut di antaranya dengan menggunakan obat tradisional biang keringat, dengan meminta pertolongan dokter ahli, atau dengan menggunakan salep, lotion, sabun, atau bedak untuk biang keringat pada bayi. Pada artikel kali ini akan membahas tentang lotion untuk biang keringat pada bayi yang bisa Anda coba.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, alangkah baiknya untuk selalu ingat bahwa lotion-lotion untuk biang keringat pada bayi di bawah ini tidak selamanya akan cocok untuk semua bayi. Lotion di bawah ini juga bisa mengandung zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada sang bayi. Penggunaan lotion di bawah ini juga mungkin harus di bawah pengawasan dokter. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian dan kebijakan sebelum dan saat menggunakannya. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya.

Tanpa perlu lama lagi, di bawah ini adalah beberapa lotion untuk biang keringat pada bayi yang bisa dicoba:

1. Caladine Lotion

Lotion untuk biang keringat pada bayi yang pertama adalah Caladine lotion. Mungkin bagi sebagain besar Anda yang sedang membaca artikel ini sudah tidak asing lagi dengan lotion yang satu ini, sebab lotion untuk biang keringat ini dijual bebas di Indonesia. Kerena dijual bebas, Anda dapat membeli lotion ini di apotik terdekat tanpa menggunakan resep dokter.

Sponsors Link

Kandungan aktif yang terdapat di dalam lotion ini adalah calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine. Calamine adalah zat yang ampuh yang berperan sebagai penghilang rasa gatal, sakit, dan rasa tidak nyaman pada kulit akibat biuang keringat. Sehingga caladine cukup ampuh untuk mengobati biang keringat. Selain itu, zat diphenhydramine yang terdapat di dalam caladine lotion juga cukup ampuh dalam melawan rasa gatal serta ruam pada kulit bayi yang bisa saja terjadi akibat biang keringat. Untuk itu, selain dapat digunakan untuk mengobati biang keringat, lotion ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gatal karena gigitan serangga, sebagai anti alergi, sebagai antiseptik, dan sebagai penyejuk kulit.

Cara penggunaan Caladine lotion cukup mudah, di antaranya:

  • Bersihkan permukaan kulit yang terkena biang keringat
  • Bersihkan tangan yang digunakan untuk mengoleskan lotion
  • Kocok Caladine lotion, buka dan keluarkan secukupnya
  • Oleskan lotion yang telah dikeluarkan tadi pada area yang terkena biang keringat
  • Biarkan hingga kering
  • Lakukan cara ini 2 sampai 4 kali sehari. Sebaiknya dilakukan setiap habis mandi pagi dan mandi sore

Perhatian! Jangan gunakanlotion ini pada area kulit yang mengelupas, melepuh, atau yang mengeluarkan cairan. Jika biang keringat tak kunjung mereda atau bertambah parah, segera hubungi dokter.

ads

2. Calarex Lotion

Lotion untuk biang keringat pada bayi selanjutnya yang bisa dicoba adalah Calarex lotion. Sama seperti Caladine lotion, Calarex lotion juga mengandung calamine dan diphenhydramine sebagai bahan aktif penyusunnya. Oleh sebab itu, lotion untuk biang keringat pada bayi ini sangat ampuh untuk mengurangi gejala gatal-gatal, rasa nyeri, dan rasa tidak nyaman pada permukaan kulit yang terserang biang keringat.

Tidak hanya untuk mengatasi biang keringat saja, Calarex lotion juga memiliki indikasi untuk mengobati gangguan kulit akibat gigitan serangga, mengatasi gatal dan nyeri akibat tersengat matahari, dan mengurangi gatal karena reaksi alergi. Akan tetapi berhati-hatilah jika bayi Anda memiliki alergi terhadap zat yang dikandung lotion ini, karena jika dipaksakan, lotion ini akan menimbulkan reaksi alergi.

Untuk mengaplikasikan lotion ini sangat mudah. Anda hanya tinggal mengoleskannya pada permukaan kulit bayi yang terserang biang keringat yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Rutinlah oleskan lotion ini 3 sampai 4 kali sehari. Hentikan pemakaian jika ciri-ciri biang keringat tidak hilang meskipun telah dipakai rutin, atau jika biang keringat bertambah parah dan menimbulkan gejala lainnya. Ingatlah untuk tidak mengoleskan lotion ini pada area permukaan kulit yang melepuh, mengelupas, atau mengeluarkan cairan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Cussons Baby Protect Care Calamine Lotiuon

Lotion untuk biang keringat pada bayi yang patut dicoba adalah Cussons Baby Protect Care Calamine lotion. Seperti namanya, lotion untuk biang keringat ini mengandung bahan aktif berupa calamine. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, calamine adalah zat yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal, rasa nyeri, dan tidak nyaman pada permukaan kulit akibat biang keringat. Selain itu, calamine juga berguna dalam membantu menyejukkan kulit serta mencegah iritasi pada kulit.

Tidak hanya calamine, lotion ini juga mengandung zinc oxide dan ekstrak witch hazel. Zinc oxide berperan sebagai pelindung kulit dari kuman, sedangkan ekstrak witch hazel bertindak sebagai pengurang rasa gatal dan pencegah iritasi pada kulit bayi serta dapat mengurangi ruam merah pada kulit bayi. Selain itu, lotion ini juga tidak mengandung paraben, yakni bahan pengawet yang biasanya digunakan dalam beberapa produk. Sehingga lotion ini sangat aman dan cocok digunakan untuk kulit sensitif dan baik digunakan sehari-hari.

Cara penggunaan lotion ini, antara lain:

  • Pastikan tangan dicuci terlebih dahulu sebelum mengusapkan lotion
  • Usapkan secara lembut pada area kulit bayi yang terkena biang keringat,
  • Lotion ini juga bisa diusapkan pada seluruh badan bayi
  • Usapkan lotion setiap habis mandi atau sehabis daerah biang keringat dibersihkan

4. Johnson & Johnson Caladryl Lotion

Johnson & Johnson Caladryl lotion adalah lotion untuk biang keringat pada bayi selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Sama seperti kebanyakan lotion untuk biang keringat, lotion ini juga mengandung calamine dab zinc oxide sebagai bahan aktifnya.

Sponsors Link

Calamine berfungsi untuk mengatasi gatal dan ruam pada permukaan kulit yang terserang biang keringat. Sedangkan zinc oxide berfungsi untuk melawan dan mencegah kuman yang dapat mengiritasi area kulit yang terkena biang keringat. Kombinasi bahan-bahan aktif inilah yang menyebabkan Caladryl lotion ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

Cara menggunakan lotion ini adalah:

  • Pertama, kocok lotion sebelum menggunakan
  • Oleskan lotion pada area yang terkena biang keringat 3 sampai 4 kali sehari
  • Penggunaan untuk bayi yang berusia di bawah 2 tahun sebaiknya tanyakan dokter terlebih dahulu.
  • Hentikan dan segera hubungi dokter apabila kondisi kulit yang terkena biang keringat tidak kunjung sembuh atau bahkan memburuk dalam waktu 7 hari setelah pemakaian lotion ini.
  • Hentikan juga pemakaian apabila gejala biang keringat muncul kembali setelah dirasa menghilang setelah menggunakan lotion ini.

Itu tadi beberapa lotion untuk biang keringat pada bayi dan anak-anak yang bisa dicoba untuk digunakan. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda semua.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan