Sponsors Link

Cermati Kenapa Kulit Anda Sering Memar: Ini Penyebab, Bahaya, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Memiliki tingkat aktivitas yang tinggi disertai dengan ketidakawasan terhadap lingkungan sekitar rentan membuat Anda mengalami benturan. Tanda paling mencolok dari benturan yang Anda alami adalah munculnya memar di permukaan kulit bagian tubuh tertentu. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melulurkan obat salep. Namun, bagaimana jika memar muncul di tubuh Anda tanpa sebab?

ads

Dalam kepercayaan lokal, memar yang muncul di tubuh serta kondisi kulit kering bersisik dan keriput kerap dipercayai sebagai hasil dari perbuatan makhluk halus. Akan tetapi, kemajuan di bidang ilmu pengetahuan mampu meruntuhkan keyakinan tidak berdasar tersebut.

Penyebab Kulit Sering Memar

Memar yang muncul di kulit Anda tidak muncul begitu saja meski penyebabnya bukan karena benturan. Penyebab memar sama halnya dengan penyebab munculnya jenis-jenis ruam di kulit bisa berasal dari aktivitas yang terjadi di dalam tubuh manusia. Berikut adalah 5 di antaranya.

  1. Penuaan bisa menjadi penyebab kenapa kulit Anda mudah memar. Penuaan yang terjadi baik secara alami atau merupakan penuaan dini membuat jaringan kulit dan pembuluh darah di dalamnya merapuh, tipis, dan mudah terluka. Tidak hanya memar, penuaan juga bisa membuat kulit gatal kering dan menghitam.
  2. Kekurangan vitamin terutama vitamin B12, k, dan C berpengaruh besar terhadap kondisi kulit Anda. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin-vitamin tersebut, kulit Anda tidak hanya akan mudah memar namun juga mengalami proses penyembuhan luka yang lama.
  3. Penyakit diabetes dikenal sebagai penyakit hiperglikemi yang mampu merusak sistem sarah dan peredaran darah. Penyakit ini juga kerap memunculkan berbagai luka kulit yang sulit disembuhkan.
  4. Angkat Beban membuat tubuh Anda harus meregang untuk menahan beban. Beban yang sama juga terdapat dalam berbagai jenis stress. Dua hal tersebut memiliki kemungkinan yang besar untuk memecahan pembuluh darah hingga tampak memar di permukaan kulit.
  5. Penyakit tertentu seperti penyakit Von Willebrand ditandai dengan munculnya memar-memar di beberapa anggota tubuh. Memar dihasilkan dari kurangnya kadar protein di dalam tubuh

Bahaya Kulit Sering Memar

Kulit sering memar memang tidak memberikan bahaya yang mendesak, terutama jika diakibatkan oleh hal-hal sepele seperti benturan ringan. Namun, status tersebut bisa berubah menjadi membahayakan jika memar menjadi gejala dari berbagai penyakit berat seperti berikut.

  1. Hemofilia A (defisiensi faktor VIII) dan hemofilia B (penyakit christmas) adalah penyakit yang membuat penderitanya kehilangan kemampuan dalam proses pembekuan darah. Sulitnya darah untuk dibekukan berakibat pada munculnya memar-memar di permukaan kulit.
  2. Leukimia atau kanker darah cenderung memilki banyak bekas memar di permukaan kulitnya. Memar yang terjadi disebabkan oleh sulitnya pembekuan darah yang terjadi karena kurangnya platelet trombosit.
  3. Gangguan fungsi platelet yang terjadi pada penderita leukimia memang mematikan. Gangguan ini juga disebut dengan nama acquired platelet function disorder yang ditandai dengan fungsi abnormal dari trombosit yang menyebabkan darah tidak membeku dengan baik.
  4. Penyakit disseminated intravascular coagulation (DIC) adalah penyakit yang membuat seluruh simpanan trombosit digunakan secara tidak normal untuk proses pembekuan darah. Hilangnya kadar trombosit bisa membuat tubuh mengalami pendarahan baik internal maupun eksternal yang ditandai dengan munculnya memar.

Pengobatan untuk Kulit yang Sering Memar

Penyebab kulit kering bersisik dan memar yang muncul karena benturan yang ringan sesungguhnya mudah diatasi dengan beberapa pengobatan sederhana seperti berikut ini:

Sponsors Link

  1. Kompresan es dipercaya mampu meredakan memar. Suhu dingin dari es mampu mempersempit pembuluh darah yang melebar dan membuat kulit memar. Suhu dingin es juga mampu meredakan peradangan yang membuat memar menjadi bengkak.
  2. Mengurangi aliran darah menuju daerah yang memar bisa menjadi alternatif lain. Anda bisa membuat bagian tubuh Anda yang mengalami memar terletak lebih tinggi dari bagian tubuh Anda yang lainnya. Namun jika bagian torso Anda yang memar, cukup kompres saja dengan es batu.
  3. Menggunakan perban kompresi juga mampu mengurangi aliran darah menuju bagian tubuh yang memar serta mencegah aliran darah terakumulasi di bagian yang memar. Jangan lupa untuk menyertai penggunaan perban dengan mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit.
  4. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan salep atau gel. Anda dibebaskan untuk menggunakan salep atau gel nonresep ini baik jenis salep medis maupun yang terbuat dari bahan herbal.

Akan tetapi, jika memar di tubuh Anda tidak kunjung hilang makan semakin parah bisa jadi hal tersebut mengindikasikan sebuah gejala dari penyakit berat yang telah disebutkan sebelumnya. Segeralah periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Jika memar yang Anda derita merupakan indikasi dari penyakit yang lebih parah, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan menyeluruh.

Kulit memar secara umum adalah bukti bahwa ada aktivitas yang tidak benar baik di bawah permukaan kulit atau dalam sistem imun tubuh Anda. Kepercayaan bahwa kulit memar disebabkan oleh gangguan makhluk halus bisa mulai Anda tinggalkan. Di sisi lain, pengetahuan mengenai kulit memar secara medis yang telah diterangkan di atas bisa Anda cermati dan pahami. Selain bisa mengatasi kulit memar yang disebabkan oleh hal sepel, pengetahuan-pengetahuan yang benar mengenai kulit memar juga diharapkan mampu membuat Anda awas dari munculnya berbagai penyakit dalam yang ditandai dengan munculnya memar pada jaringan kulit Anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :