Sponsors Link

Kulit Sering Lebam: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatan yang Disarankan

Sponsors Link

Lebam yang muncul tiba-tiba di tubuh baik disertai dengan kulit kering bersisik dan keriput atau pun tidak tanpa benturan selalu dikait-kaitkan dengan gangguan makhluk halus seperti dijilat dan beberapa kepercayaan lainnya. Padahal meski tanpa benturan fisik, lebam bisa saja muncul di tubuh Anda menilik pada beberapa penyebabnya yang luas.

ads

Jika lebam yang muncul di tubuh Anda jelas disebabkan karena benturan, Anda bisa menggunakan obat salep atau krim untuk meredakan peradangan yang terjadi. Bahkan, Anda bisa menggunakan kompresan es batu saja untuk menghentikan pendarahan di bagian dalam jaringan kulit dan membuat kulit Anda kembali seperti sedia kala.

Penyebab Kulit Sering Lebam

Ada banyak penyebab dari lebam yang muncul di permukaan kulit Anda. Semua penyebab tersebut masuk akal dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Jadi, Anda bisa meninggalkan kepercayaan mistis yang tidak berdasar mengenai penyebab lebam yang tampak muncul tiba-tiba di tubuh Anda, sepertinya halnya penyebab munculnya jenis-jenis ruam di kulit. Ada pun berikut adalah 5 di antara sekian banyak penyebab lebam muncul di tubuh Anda.

  • Beberapa penyakit parah selalu ditandai dengan munculnya lebam tanpa sebab di tubuh Anda, salah satunya adalah penyakit Von Willerbrang. Von Willerbrand adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kadar protein di dalam tubuh Anda.
  • Tidak hanya karena kekurangan protein, tubuh yang kekurangan berbagai jenis vitamin terutama vitamin yang memiliki fungsi besar terhadap kulit Anda seperti vitamin b12, K, dan C juga bisa membuat tubuh Anda lebam tanpa sebab benturan.
  • Lebam adalah hal yang biasa muncul di tubuh orang yang sudah berumur. Hal tersebut disebabkan oleh sudah berkurangnya daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Kulit orang yang sudah menua cenderung dibentuk oleh jaringan yang secara fungsi sudah tidak maksimal, bisa juga menyebabkan kulit gatal kering dan menghitam. Akan tetapi, penuaan juga bisa terjadi pada anak muda. Penuaan dini tersebut bisa disebabkan oleh serangan radikal bebas.
  • Hati-hati jika Anda memiliki hobi olahraga yang berat seperti angkat beban dan olahraga lainnya. Olahraga-olahraga tersebut tidak hanya bisa membuat Anda memiliki risiko lebam karena benturan tapi juga karena kinerja otot dan jaringan tubuh yang berat. Kinerja otot yang terlalu keras bisa membuat pecah pembuluh darah dan menyebabkan lebam.

Bahaya Kulit Sering Lebam

Beruntungnya, kulit lebam tidak begitu memberikan pengaruh dan bahaya yang besar bagi tubuh. Terutama jika lebam yang Anda derita disebabkan oleh benturan yang ringan. Jika benturan terjadi cukup keras hingga terjadinya jaringan kulit yang sobek maka bahayanya bisa menjadi ikut besar dan Anda perlu ditangani oleh medis. Selain itu, lebam yang Anda derita juga cenderung berbahaya jika merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit parah ini.

  • Secara besar penyakit yang membuat tubuh Anda mudah dan sering lebam adalah penyakit yang berkenaan dengan ketidakmampuan tubuh untuk melakukan pembekuan darah seperti penyakit leukimia. Penyakit leukimia terhitung penyakit parah yang harus segera Anda tangani.
  • Begitu juga dengan penyakit Hemofilia, baik Hemofilia tipe A ataupun tipe B. Dua tipe penyakit Hemofilia tersebut menyebabkan tubuh penderitanya tidak mampu melakukan proses pembekuan darah. Darah yang tidak membeku akan membuat permukaan kulit mendapatkan lebam.
  • Di sisi lain, penyakit disseminated intravascular coagulation (DIC) yang membuat trombosit tidak bekerja dengan benar juga bisa menjadi alasan kenapa tubuh Anda sering lebam. DIC membuat trombosit hanya membekukan darah pada satu waktu hingga habis. Hal tersebut memicu pendarahan di bagian dalam kulit dan menyebabkan lebam.

Pengobatan untuk Kulit yang Sering Lebam

Sponsors Link

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit yang mudah lebam. Beberapa langkah ini juga bisa Anda praktikkan untuk menghindarkan diri dari penyebab kulit kering dan bersisik. Ada pun langkah-langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang tepat untuk mengatasi lebam adalah mengompres bagian lebam tersebut menggunakan es batu. Usahakan untuk membalut es batu dengan kain agat kulit Anda tidak menderita frostbite atau cidera karena pengaruh suhu yang teramat dingin. Dalam kondisi yang ideal, suhu dingin mampu meredakan pendarahan yang membuat kulit Anda menjadi lebam.
  • Beristirahat dengan kondisi tubuh yang lebam berada di posisi yang lebih tinggi bisa menekan aliran darah berlebih pada bagian tubuh yang lebam. Misalnya jika bagian kaki Anda yang lebam, angkatlah beberapa saat hingga bagian kaki berada di posisi yang lebih atas dari tubuh.
  • Untuk perawatan bagian luar, Anda bisa menggunakan salep pereda yang dibuat dari bahan herbal atau salep-salep nonresep yang bisa Anda temukan dengan mudah di apotek. Anda juga bisa menggunakan perban kompresi. Untuk menyeimbangkan pengobatan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit agar penyembuhan juga didorong dari dalam tubuh.

Akan tetapi jika luka lebam yang muncul pada tubuh Anda tidak kunjung membaik, Ada baiknya Anda langsung menghubungi dokter terdekat. Keluhan tubuh lebam yang berlangsung lama mengindikasikannya adanya gangguan yang lebih parah dari sekadar penyakit kulit. Dengan begitu, Anda bisa langsung melakukan pengobatan yang disarankan.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :