Sponsors Link

Kulit Sering Keluar Bintik Merah: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Kesehatan kulit sangat penting untuk penampilan kita. Bila kulit menunjukkan tanda-tanda tidak sehat, berarti ada yang salah dari gaya hidup kita. Ada banyak jenis ganguan kulit, salah satunya ialah kulit sering keluar bintik merah. Apa penyebabnya, bahayakah kulit yang sering keluar bintik merah tersebut? Lalu bagaimana cara penangangannya?Simak ulasan singkat berikut ini.

ads

Penyebab Kulit Sering Keluar Bintik Merah

Penyebab kulit kering keluar bintih merah bisa beragam, bergantung pada kondisi-kondisi tertentu yang ada di lingkungan seseorang, namun pada umumnya penyebab kulit sering keluar bintik merah adalah sebagai berikut.

1. Masalah Biang keringat

Biang keringat bisa menjadi biang keladi dari kulit sering keluar bintik merah. Biang keringat yang juga bisa disapa miliria ini tidak hanya dapat terjadi pada kulit bayi. Biang keringat juga dapat muncul pada orang dewasa. Umumnya akan muncul di musim panas. Untuk gejala ringan anda bisa mengatasinya dengan bedak untuk biang keringat.

Biang keringat biasa muncul di berbagai lapisan kulit, lalu bintik-bintik merah, kadang ruam merah juga berisi cairan yang dapat menyebabkan kulit. Biang keringat bisa sembuh dengan sendirinya ketika cuaca berubah menjadi lebih ramah untuk kulit. Akan tetapi ada juga yang dapat semakin parah karena aktivitas harian yang terlalu banyak mengeluarkan keringat. Jadi cobalah juga untuk pahami ciri-ciri biang keringat supaya bisa lekas mengatasinya.

2. Disebabkan oleh Infeksi jamur

Penyebab kulit seirng keluar bintik merah berikutnya kemungkinan karena adanya infeksi jamur. Berbagai jenis bakteri dan jamur dapat hidup di kulit, kebanyakan tidak berbahaya, tapi ketika ada jenis jamur tertentu yang tumbuh tak terkendali di kulit, kondisi ini bisa menyebabkan infeksi. Tanda-tandanya kulit sering keluar bintik merah karena infeksi jamur yang menyerang kulit tubuh.

Selain itu, di sekitar kulit berbintik merah itu pun akan terasa gatal dan perih. Biasanya ini dirasakan di daerah lipatan kulit yang menjadi tempat berkumpulnya keringat. Gangguan kulit ini sebenarnya tidak menular, tetapi sangat mengganggu dan bisa memicu jenis-jenis penyakit kulit lainnya.

3. Bintik Merah Karena Kudis

Kulit sering keluar bintik merah bisa jadi karena kudis. Kudis adalah sejenis penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu. Organisme kecil ini hidup di sekitar tubuh dan meletakkan telurnya pada kulit. Pertumbuhan telur menjadi kutu ini akan menyebabkan rasa gatal di kulit dan memunculkan bintik merah di area gatal tersebut. Masalah ini bisa menyebar namun bisa juga segera diatasi dengan obat kudis tradisional.

4. Pasien Terserang Penyakit Sipilis

Kemungkinan lain yang memungkinkan kulit sering bintik merah ialah sipilis, sebuah penyakit menular yang diakibatkan oleh aktivitas seksual yang tidak sehat seperti oral seks. Sipilis muncul dengan gejala bintik merah pada kulit, lama kelamaan bisa menjadi luka kecil, tapi tidak terasa nyeri. Sipilis umumnya muncul di area alat kelamin dan sekitar mulut. Jika tidak segera dirawat, bintik merah akibat sipilis bisa menimbulkan luka. Jika belum parah, anda bisa mencoba cara mengobati sipilis dengan daun sirsak.

5. Dermatitis Atopik

Sponsors Link

Penyebab selanjutnya dari kulit sering keluar bintik merah ialah karena tubuh mengalami dermatitis atopik. Penyakit kulit ini disebut juga dengan penyakit kulit eksim. Umumnya muncul di sekitar tangan, pergelangan kaki, leher, tungkai, tubuh bagian atas, dan kaki.

Bahaya Bintik Merah di Kulit

Bintik merah di kulit bisa jadi tanda penyakit berbahaya sebagai berikut:

  • Bisul

Kulit sering keluar bintik merah bisa jadi merupakan bisul yang disebabkan oleh infeki kulit karena bakteri Staphylococcus. Kemunculan bisul yang secara ilmiah bisul di mons pubis ditandai dengan adanya perubahan warna kulit menjadi merah. Lambat laun muncul bintik-bintik lunak di area yang terinfeksi. Kemudian, selang beberapa hari kemudian benjolan mulai berwarna merah. Penyakit kulit ini mudah menyerang orang yang tidak menjaga kebersihan, kurang gizi, dan memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

  • Impetigo
Sponsors Link

Kulit sering keluar bintik merah bisa jadi juga merupakan sinyal infeksi kulit menular yang disebut dengan Impetigo. Infeksi ini umumnya ditemukan pada bayi dan anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri jahat bernama Staphylococcus aureus. Bintik merah impetigo bisa muncul di area hidung dan mulut, serta tangan dan kaki. Luka ini bisa menimbulkan cairan warna kuning, yang kemudian kelak bisa mengering, terus berkerak.

  • Selulitis

Sinyal bahaya lainnya yang ditunjukkan dengan adanya kulit sering keluar bintik merah lainnya ialah kulit mengalami Selulitis. Penyakit kulit ini merupakan masalah kulit yang diakibatkan oleh bakter menyebabkan kulit bengkak, merah, dan terasa panas. Ada juga yang sampai bernanah hingga melepuh. Selulitis bisa muncul di bagian tubuh manapun. Bila tidak segera diobati, Selulitis bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh dan mengancam nyawa.

Penanganan Bercak Merah pada Kulit

Kulit sering keluar bintik merah bisa ditangani dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Dioles dengan krim khusus untuk parasit, karena umumnya bercak merah pada kulit disebabkan oleh parasit seperti jamur dan bakteri maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan krim khusus yang ampuh menyingkirkan parasit tersebut.
  • Pengobatan dari Dokter, bila tidak dapat diobati dengan obat warung atau yang bisa ditemukan di apotik, anda harus segera pergi ke dokter supaya lekas mendapatkan resep obat yang tepat dari dokter.

Demikian pemaparan tentang kulit sering keluar bintik merah yang harus anda waspadai penyebab dan bahayanya.

Sponsors Link
, , , ,