Sponsors Link

Kulit Sering Bentol Dan Gatal: Bahaya, Cara Mengatasinya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Ada banyak jenis keluhan penyakit kulit yang bisa menyerang Anda baik ketika Anda merasa sudah hidup dengan sehat maupun tidak. Sebab, beberapa jenis keluhan kadang muncul tanpa alasan seperti keluhan kulit sering bentol dan gatal atau kulit kering bersisik dan keriput. Namun sesungguhnya yang terjadi adalah Anda hanya tidak tahu bahwa hal yang tidak berbahaya di sekitar Anda pun bisa menyebabkan keluhan seperti bentol dan gatal.

ads

Bentol dan rasa gatal di kulit mayoritas merupakan gejala alergi tubuh Anda terhadap sebuah zat tertentu. Secara general, kondisi kulit sering bentol dan menimbulkan rasa gatal sering diidentifikasi sebagai salah satu jenis penyakit urtikaria. Penyakit ini memang kerap diderita oleh banyak orang dan muncul tiba-tiba. Di sisi lain, bentol dan rasa gatal juga bisa mengidentifikasikan adanya penyakit lain seperti kanker.

Bahaya Kulit Sering Bentol dan Gatal

Tidak hanyap perlu memahami dengan benar cara mengatasi kulit kering, Anda juga perlu dengan baik memahami cara mengatasi kulit yang sering bentol dan gatal. Sebab kondisi kulit yang kerap kali bentol dan gatal bisa menimbulkan berbagai bahaya seperti berikut.

  • Rasa tidak nyaman adalah bahaya utama dan paling umum dari keluhan kulit bentol dan sering gatal. Meski tidak begitu fatal, tetap saja kondisi penyakit tersebut akan membuat hari-hari Anda terganggu sehingga tidak bisa berjalan dengan normal.
  • Menderita Purpura, adalah kondisi pendarahan dan infeksi. Purpura biasa terjadi jika Anda menggaruk bentol untuk meredakan rasa sakit namun terlalu kencang. Garukan tersebut bisa menyebabkan gangguan di ujung pembuluh darah yang teletak dekat dengan sel mast dan saraf perifer.
  • Keluhan bentol dan gatal yang terjadi dalam waktu yang lama serta tidak mudah disembuhkan dengan cara yang biasa bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih parah seperti kanker darah atau leukimia.
  • Gangguan autoimun. Di sisi lain, kondisi tersebut bisa pula menjadi gejala dari adanya gangguan dalam atau autoimun. Autoimun adalah kondisi di mana sistem imun di dalam tubuh Anda mengalami kebingungan sehingga tidak hanya menyerang alergen yang masuk namun juga merusak jaringan sehat.

Cara Mengatasi Kulit Sering Bentol dan Gatal

Mengatasi kulit yang sering bentol dan gatal harus disesuaikan dengan penyebab utama yang membuat kondisi tersebut terjadi, mengingat kondisi kulit tersebut selalu disebabkan oleh hal yang berbeda pada tiap kasus yang dialami oleh setiap orang. Mengetahui penyebab utama kenapa kulit Anda mengalami bentol dan gatal bisa dilakukan sendiri atau dengan berkonsultasi dengan dokter. Maka, langkah-langkah berikut bisa langsung Anda lakukan.

  • Menghindari alergen adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan mengingat kulit bentol dan gatal biasanya merupakan reaksi alergi terhadap zat tertentu. Ada banyak zat yang bisa menjadi alergen baik berupa suhu, debu, kotoran, makanan hingga kain pakaian.
  • Jika Alergi disertai dengan kulit gatal kering dan menghitam, Anda bisa menggunakan obat-obatan nonresep seperti krim atau bedak caladine, larutan saline atau lulur yang terbuat dari bahan alami seperti buah avokad.
  • Mengonsumsi obat antihistamin seperti CTM dan Loratadine bisa menjadi jalan yang ampuh terutama untuk mengatasi rasa gatal yang tidak bisa ditahan. Hanya saja, penggunaan obat-obatan seperti ini seharusnya disertai denganr resep dari dokter agar tidak menimbulkan efek samping tertentu. Mengonsumsi oba antihistamin juga mampu mengatasi penyebab kulit kering bersisik.
  • Menggunakan produk-produk perawatan kulit dengan kandungan yang aman dan tidak membuat kulit Anda iritasi. Produk-produk tersebut yakni sabun, sampo, lotion hingga tabir surya. Sesuaikan juga penggunaan-penggunaan produk tersebut dengan jenis kulit dan sensitifitas kulit Anda.
  • Memenuhi kebutuhan tubuh terhadap air minum selalu menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi berbagai jenis keluhan kulit. Maka, rajin-rajinlah meminum air putih. Anda bisa menambah asupan nutrisi dengan mengombinasikan minuman Anda dengan jus yang terbuat dari makanan sehat untuk kesehatan kulit seperti buah dan sayur.
Sponsors Link

Penanganan Lebih Lanjut untuk Kulit Sering Bentol dan Gatal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika keluhan kulit bentol dan gatal Anda berlangsung untuk waktu yang lama dan tidak bisa sembuh dengan pengobatan normal, maka bentol Anda bisa menjadi gejala dari sebuah penyakit lain yang lebih serius. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Berkonsultasi dengan dokter adalah pilihan yang tepat jika keluhan Anda tidak berakhir. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam terhadap kondisi kulit dan tubuh Anda untuk memperluas penyebab kulit mudah bentol dan gatal.
  • Melakukan pengobatan lanjut yang disarankan dokter adalah satu-satunya hal yang harus Anda lakukan setelah dokter mendapatkan penyebab utama kulit Anda mudah bentol dan gatal. Jika penyebabnya adalah adanya alergen dari bahan tertentu, maka Anda harus belajar untuk meninggalkannya. Akan tetapi jika penyebabnya adalah penyakit dalam tertentu, Anda harus berlapang dada untuk menerimanya dan mulai melakukan perawatan intensif.

Ada banyak hal yang bisa membuat kulit Anda sering kali menderita bentol dan gatal. Namun, mayoritas penyebab yang banyak dipercaya adalah berbagai alergen yang muncul di sekitar Anda. hidup sehat dan bersih saja tidak cukup untuk menghindarkan diri Anda dari alergen-alergen tersebut.  Oleh karena itu, Anda perlu menyertai pola hidup sehat Anda dengan pemahaman yang benar tentang kondisi kulit dan zat-zat yang memiliki kemungkinan besar menjadi alergen.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :