Sponsors Link

Kulit Selangkangan Sering Mengelupas: Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Sponsors Link

Anda mungkin sering mengalami kasus Kulit Selangkangan Sering Mengelupas. Tenang saja, masalah ini tidak hanya satu atau dua yang menghadapi, tetapi cukup banyak. Bahkan beberapa orang atau sebagian besar mempertanyakan masalah serupa. Tentu saja hal ini menjadi boomerang, salah satunya dari segi penampilan untuk anda sendiri. Apalagi bagi beberapa orang yang telah berpasangan, kulit pada bagian selangkangan yang mengelupas cukup menjadi momo.

ads

Biasanya yang paling sering mengeluhkan keadaan ini wanita, dan perbandingannya cukup besar bahwa wanita lebih jeli. Wajar, setiap wanita tentu ingin mempunyai kondisi kulit mulus dan indah. Akan tetapi tidak semuanya beruntung bisa memiliki apa yang mereka ingini. Terkadang yang terlihat mulus dan putih bersih, di dalamnya mengalami masalah seperti ini. Mengenai masalah ini, akan di sampaikan tentang penyebab, gejala sampai dengan penanganan dari Kulit Selangkangan Sering Mengelupas.

Perlu anda ketahui bahwa ada penyakit jamur yang telah mengenai daerah selangkangan sehingga akan timbul ciri ciri jamur di selangkangan berikut. Hal itu di karenakan oleh jamur bernama dermatofita atau candida, dalam dunia kedokteran disebut juga sebagai tinea kruris. Jadi intinya ketika kulit selangkangan anda seringkali mengelupas secara garis besar kemungkinan terkena Tinea Kruris. Kondisi ini memang tak banyak di pahami, disini akan di sampaikan mengenai penyakit Tinea Kruris.

Tinea cruris adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes. Umumnya jamur ini akan mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dan mampu terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja.

Keluhan utamanya yakni rasa gatal yang dapat hebat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan dan lenting-lenting, namun terkadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Dan untuk pengobatannya, Anda dapat melihat cara mengobati tinea cruris ini.

Penyebab

  • Banyak Keringat

Seseorang terlalu banyak keringat, sampai-sampai hal itu juga termasuk pada bagian selangkangan. Sehingga memudahkan jamur menginfeksi dan membuat kulit mengelupas.

  • Penyakit Kulit

Adapun penyebab lain mungkin saja karena adanya penyakit kulit. Ada banyak jenis jenis penyakit kulit, dan semuanya akan membuat kulit mengelupas sekalipun pada selangkangan.

  • Obesitas

Penyebab lain karena kelebihan berat badan atau di kenal dengan obesitas. Anda harus benar-benar waspada terhadap penyebab satu ini sebab obesitas juga bisa menjadi penyebab impoten dan berbagai macam penyakit lain.

  • Kekebalan Tubuh Lemah

Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang terbilang lemah menjadi faktor penyebab yang lainnya. Kekebalan tubuh lemah menjadi faktor paling besar untuk menyebabkan suatu penyakit, mulai dari menjadi penyebab penyakit scabies, penyebab penyakit kurap di selangkangan, hingga campak rubella dan masih banyak lagi lainnya.

  • Pemakaian Celana Ketat

Penggunaan dari celana ketat akan membuat selangkangan sulit mendapat ruang, sehingga senantiasa lembab dan menimbulkan jamur mengganggu.

Beberapa hal di atas adalah penyebab atau faktor yang menimbulkan kulit selangkangan mengelupas dengan sering, demikian gejalanya akan di sampaikan pada berikut:

Gejala

  • Gatal – Gejala yang umum di hadapi adalah rasa gatal. Umumnya penderita akan merasa ingin menggaruk area selangkangan.
  • Panas – Panas adalah efek dari rasa gatal dan garukan yang telah di lakukan. Tetapi rasa panas ini hanya sebatas hangat, tidak menyakitkan.
  • Melepuh – Mulai timbul lepuhan-lepuhan kecil memerah pada area lesi selangkangan. Jika tidak segera di tangani, kondisi ini akan bertahan.
  • Bersisik – Kulit menjadi bersisik dan kasar, hal ini menjadi awal dari kulit yang akan mengelupas. Kejadian ini biasanya disebabkan oleh penyebab kulit kering bersisik berikut.
Sponsors Link

Selangkangan adalah bagian tubuh yang mudah sekali lembab, bahkan setiap hari karena merupakan area yang terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban itu muncul di daerah selangkangan anda seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, sampai dengan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat sangat berpengaruh sekali. Setiap orang tentu tidak nyaman apabila di keluhkan dengan masalah selangkangan mengelupas.

Berikut ini yang bisa anda lakukan, mencegah sebagai bentuk penanganan yang tepat:

Pencegahan

  • Sering Mengganti Celana Dalam

Rutinlah mengganti celana dalam minimal sehari 3 kali, atau gantilah setiap kali sudah merasa tak nyaman atau basah.

  • Bersihkan Area Selangkangan

Pada saat mandi, jangan lupa untuk rajin membersihkan area selangkangan agar terhindari dari infeksi jamur dan bisa dijadikan salah satu teknik paling efektif dalam cara mengobati jamur kulit.

  • Kurangi Penggunaan Celana

Minimalisirlah penggunaan celana, dan imbangi dengan memakai rok. Tujuannya agar bagian selangkangan mendapatkan hawa angin sehingga tidak selalu lembab.

  • Gunakan Celana Longgar

Kurangilah penggunaan celana jeans, agar bagian selangkangan tidak tersiksa akibat ketat. Bagi pria, penggunaan celana longgar ini memiliki pengaruh cukup besar pula sebab hal ini termasuk dalam cara memperbanyak sperma secara alami.

Penanganan

Penanganan adalah bentuk pengobatan yang sudah harus di lakukan ketika telah terjadi pengelupasan pada kulit selangkangan. Berikut ini yang bisa anda lakukan:

  • Mengoleskan Salep – Oleskan salep pada area selangkangan yang telah mengelupas, biasanya obat berupa salep bisa di beli di apotik.
  • Mengoleskan Krim – Krim dan salep berbeda, namun keduanya bisa menjadi obat oles area luar. Krim lebih bertekstur seperti lotion dan lebih ringan.
  • Kompres Air Hangat – Lakukan pengompresan pada area selangkangan, khususnya menggunakan air hangat agar lebih mudah mengelupas untuk menjadikan kulit normal kembali.

Demikianlah yang bisa di sampaikan pada kasus Kulit Selangkangan Sering Mengelupas, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :