Sponsors Link

Kulit Leher Sering Gatal: Bahaya, Cara Mengatasi, dan Penanganannya

Sponsors Link

Memiliki masalah di mana kulit leher gatal-gatal tentu sangat tidak nyaman, apalagi jika disertai dengan kulit kering berisik dan keriput. Rasa gatal di kulit leher selalu memaksa kita untuk menggaruk dan terus menggaruk. Padahal, menggaruk kulit yang gatal bukanlah pilihan yang tepat dan tidak akan menyelesaikan masalah.

ads

Berdasarkan pada hal-hal yang bisa menyebabkan kulit leher Anda gatal, ada beberapa kondisi dari kulit gatal yang biasa terjadi. Kulit gatal di leher bisa tampak normal, lainnya disertai dengan jenis-jenis ruam kulit atau kulit gatal kering dan menghitam. Kebiasaan menggaruk bisa membuat keluhan di kulit leher yang gatal semakin buruk dengan munculnya luka dan peradangan, kulit juga bisa menjadi tipis atau bahkan berdarah.

Penyebab Kulit Leher Sering Gatal

Banyak penyebab dari munculnya kondisi kulit leher sering mengalami gatal. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kulit leher yang kering adalah alasan yang masuk akal kenapa leher Anda sering merasa gatal. Leher kering adalah kambing hitam yang tepat jika Anda tidak melihat gejala lain di area leher yang gatal seperti ruam dan kemerahan.
  • Ruam dan penyakit yang membuat kulit leher Anda kerap mengalami gatal cukup banyak, seperti eksim, psoriasis, skabies, hingga biduran. Rasa gatal yang ditimbulkan biasanya spesifik pada area yang terkena keluhan tersebut.
  • Penyakit dalam juga bisa menyebabkan kulit leher Anda gatal bahkan sering mengalami bentol dan memar. Beberapa penyakit dalam yang dimaksud adalah penyakit hati, gagal ginjal, hingga anemia. Biasanya kondisi kulit leher secara visual akan tampak normal jika penyebab utamanya adalah penyakit dalam.
  • Iritasi dan alergi menjadi penyebab lain kenapa kulit leher Anda sering mengalami rasa gatal. Iritasi dan alergi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penggunaan sabun dan lotion yang tidak sesuai hingga penggunaan kain baju dan kalung.

Gejala Kulit Leher Sering Gatal

Jika kulit leher Anda sering merasa gatal maka kemungkinan besar Anda menderita Pruritus.  Secara garis besar, Pruiritus adalah sensasi di permukan kulit yang membuat Anda merasa ingin sekali menggaruk. Ada beberapa gejala yang menyertai rasa gatal di kulit leher Anda seperti berikut ini.

  • Kemerahan,
  • Bentol atau beruntusan,
  • Kulit kering,
  • Kulit kasar dan bersisik

Namun, bisa pula kulit leher yang mengalami gatal tidak menunjukkan gejala-gejala tersebut jika disebabkan oleh penyakit dalam. Meski rasa gatal membuat Anda ingin terus menggaruk, pahamilah jika menggaruk tidak akan membuat kulit leher Anda merasa lebih baik. Menggaruk malah akan membuat kulit Anda semakin tipis, terluka, iritasi hingga mendapatkan infeksi.

Bahaya Kulit Leher Sering Gatal

Kulit leher yang gatal kadang diabaikan begitu saja. Beberapa orang malah berpikir bahwa menaruh salep atau bedak sudah mampu menyelesaikan masalah. Akan tetapi bagi beberapa kasus kulit leher yang kerap gatal, bisa jadi disebabkan oleh adanya penyakit dalam. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara dini apalagi jika rasa gatal terus muncul selama beberapa hari.

Di sisi lain, rasa gatal yang Anda terus garuk akan membuat kondisi kulit menjadi lebih parah. Apalagi jika bagian yang Anda garuk merupakan bagian yang tengah mengalami peradangan. Kulit yang meradang bisa dilihat dari volumenya yang lebih besar atau mengalami bentol. Selain itu, peradangan di area kulit membuat kulit tampak lebih merah, kering, hingga bersisik.

Cara Mengatasi Kulit Leher Sering Gatal

Jika Anda merasa kulit leher yang gatal merupakan reaksi normal terhadap sebuah zat alergen tertentu, maka Anda mengatasinya sendiri di rumah dengan melakukan berbagai hal berikut ini:

Sponsors Link

  • Mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit serta memenuhi kebutuhan tubuh terhadap air hingga membuat kulit dalam kondisi terhidrasi setiap waktu.
  • Menghindari situasi yang membuat Anda merasakan gatal di area leher, hal ini bisa dilakukan setelah Anda menemukan alergen yang kerap kali membuat Anda gatal.
  • Menggunakan moisturizing cream dengan kualitas yang baik cukup membantu meredakan rasa gatal di leher Anda. Anda juga bisa menggunakan produk seperti calamine lotion atau produk dengan kandungan menthol 1% ke atas.
  • Mengurangi stress bisa membuat sistem imun Anda tidak begitu sensitif terhadap alergen yang menyebabkan rasa gatal di area leher. Kurangi juga melakukan garukan karena Anda merasa frustrasi dengan rasa gatal yang Anda derita.
  • Mandi setiap hari adalah langkah yang baik sebagai upaya pencegahan maupun pengobatan. Anda disarankan menggunakan sabun dengan kandungan yang baik dan tidak memicu reaksi gatal.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Menilik pada penyebab rasa gatal di kulit leher Anda yang beragam baik dari hal-hal sepele hingga mendesak-sama halnya dengan penyebab kulit kering bersisik, Anda baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai keluhan rasa gatal yang tidak tertahankan di area leher jika sudah sampai pada kondisi berikut ini.

  • Keluhan gatal yang Anda derita berlangsung hingga lebih dari 2 minggu dan tidak kunjung membaik meskipun Anda sudah mengobatinya dengan berbagai cara dan obat,
  • Rasa gatal muncul tanpa sebab dan gejala seperti ruam, bentol maupun kulit bersisik karena ini mengindikasikan rasa gatal tersebut merupakan gejala dari penyakit dalam seperti penyakit hati dan gagal ginjal.

Itulah beberapa pembahasan dari penyakit kulit leher, yang wajib anda waspadai untuk bisa segera anda atasi.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :