Sponsors Link

Kulit Kering, Bersisik dan Keriput: Penyebab, Penanganan, dan Perawatannya

Sponsors Link

Apakah anda mengalami kulit kering, bersisik dan keriput? Tentunya hal ini pasti mengganggu aktivitas. Dalam beraktifitas banyak orang ingin tampil sempurna, tidak ingin terlihat keriput apalagi terlihat kusam dan bersisik.

ads

Bagian yang sangat rawan terlihat adalah bagian wajah, karena itulah banyak perempuan sampai rela melakukan perawatan yang harganya ratusan juta hanya untuk mendapatkan kulit yang bebas dari kondisi kering, bersisik, dan keriput.

Oleh karena itu, sebelum anda mendapatkan kulit kering, bersisik, dan keriput pada tubuh anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab kulit kering, bersisik, dan keriput. Ada beragam faktor penyebab kulit kering, bersisik, dan keriput. Berikut mana yang penyebab paling mungkin dapat mempengaruhi anda?

  1. Makan gorengan

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwasanya makan gorengan yang terlalu banyak bisa menyebabkan kulit kering dan keriput bahkan bisa mengalami penuaan dini. Sebabnya karena anda terlalu sering mengonsumsi makanan bermyak. Jadi, kurangi makan gorengan dan mulailah kebiasaan hidup sehat dengan makan makanan sehat dan bergizi.

  1. Kurang Konsumsi Air Putih

Satu faktor yang sudah pasti dan tidak hanya mempengaruhi kondisi kulit ialah kurang minum air putih. Kekurangan air putih bahkan bisa menyebabkan kerja organ tubuh vital kita terganggu. Jantung, ginjal dan hati sangat membutuhkan asupan oksigen yang dibawa oleh air mineral. Begitu pula dengan kulit. Jika kekurangan cairan anda akan mengalami dehidrasi yang berujung pada kulit kering dan bisa jadi berlanjut sampai masalah kesehatan yang lebih serius, oleh karena itu sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi air mineral. Setiap hari minimal  8 gelas air putih sebab kulit juga bisa dehidrasi.

  1. Kurang Nutrisi

Kulit yang kekurangan nutrisi juga bisa menjadi kering, bersisik, dan keriput. Kulit kering, bersisik, dan keriput ini penting untuk mendapatkan perawatan dari dalam berupa meningkatkan konsumsi nutrisi pada tubuh. Disarankan untuk banyak-banyak minum air putih, sering-sering mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan yang dimasak dengan cara yang baik dan sehat. Kulit yang tetap lembab dan terjaga kondisinya akan meningkatkan kesan kecantikan kita.

  1. Tidak Suka mengonsumsi Sayur

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, bahwasanya sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan kulit tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk banyak-banyak mengonsumsi sayuran, sebab sayuran mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan nutrisi sehat pada kulit dan bagian tubuh lainnya. Mengonsumsi sayuran sehat tidak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan kulit tapi juga organ tubuh lainnya. Khusus untuk kulit, agar terjaga kelembabannya dibutuhkan sayuran yang mengandung vitamin a vitamin C, A, E dan B.

  1. Tidak Suka Buah

Selain sayuran, buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, B, dan E juga dibutuhkan oleh kulit tubuh. Buah mengandung banyak sekali manfaat karena mengandung air, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh. Pada buah pisang misalnya terkandung vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan kelembaban kulit. Jadi konsumsilah buah pisang sebanyak yang anda bisa untuk menjaga kelembaban seluruh kulit tubuh anda, bahkan bisa juga untuk membantu mencerahkan kulit loh.

Sponsors Link

Penanganan kulit kering, bersisik, dan keriput

Buat anda yang bingung mencari cara mengatasi kulit kering, bersisik, dan keriput, berikut cara-cara efektif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah kulit nampak kering, bersisik, dan keriput.

1. Mandi atau kompres air hangat

Untuk mencegah kemunculan penyebab bercak merah pada kulit  kering disarankan untuk mandi atau mengompres bagian kulit yang kering, keriput, dan bersisik dengan air hangat. Tingat kehangatannya hanya suam-suam kuku saja. Lama waktu mengompres disarankan jangan mengambil waktu terlalu lama karena malah bisa menyebabkan iritasi pada kulit bila terlalu lama mengompres bagian yang sedang tidak sehat. Kompres sampai kondisi kompres mendingin saja. Ketika sudah terasa tidak hanya, ganti kompres atau hentikan proses mengompres. Kemudian, anda lanjutkan dengan tahap lainnya.

Untuk mengompres gunakan waslap bayi yang bersih. Kemudian celupkan kedalam air hangat. Lalu gosokkan dengan lembut ke sekitar tubuh dengan gerakan melingkar agar kotoran dapat terangkat dengan baik. Ulangi beberapa kali dalam sehari bila anda merasa perlu untuk melakukannya lagi. Perhatikan kondisi waslap yang anda pakai, disarankan untuk selalu menggunakan waslap bersih setiap kali akan mengompress.

ads

Ketika mandi, kami sarankan agar anda memilih air biasa, jangan pilih air panas atau terlalu dingin. Air mandi yang terlalu panas dapat melucuti minyak alami tubuh. Dermatologist menganjurkan agar anda tidak mandi lebih dari 5-10 menit. Rentang waktu tersebut adalah rentang waktu terbaik untuk menjaga kulit tubuh tetap lembab alami.

2. Pilih sabun pembersih sesuai dengan kebutuhan tubuh anda

Kulit tubuh bisa terlihat kering dan bersisik sebabnya bukan hanya karena pengaruh paparan lingkungan, seperti sinar matahari yang terlalu kering, tetapi bisa juga berasal dari sabun yang tidak sesuai dengan kondisi kulit tubuh anda. Beberapa sabun pembersih, baik itu tubuh maupun wajah mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan kulit anda. Ada jenis kulit sensitif yang tidak cocok dengan sembarangan sabun.

Bahagialah bagi anda yang memiliki kulit yang cocok dengan berbagai macam sabun, tapi untuk mereka yang memiliki jenis kulit sensitif, pasti sedikit kesulitan untuk mendapatkan sabun yang sesuai dengan kebutuhan kulitnya dan sekaligus bisa mempertahankan kelembaban alami kulit. Anda perlu melakukan review untuk mendapatkan sabun yang tepat, bahkan jika perlu melakukan pemeriksaan ke dokter, sebab sabun sangat penting untuk menjaga kondisi kulit anda tetap sehat.  Tips mudahnya ialah pilihlah sabun yang bebas dari pewangian dan warna, serta sabun yang ditambah dengan moisturizing. Hindari penggunaan sabun-sabun seperti itu untuk kulit tubuh sensitif anda.

3. Keringkan tubuh dengan tertib

ternyata mengeringkan tubuh juga bisa menjadi sebab tubuh kita kering, bersisik, dan keriput sehingga hal ini mengganggu penampilan kita untuk menonjolkan kelebihan tubuh kita. Banyak orang pasti berpikir, mengeringkan tubuh dengan cara apapun sudah cukup baik dan tidak akan mempengaruhi kondisi kulit tubuhnya, namun ternyata tidak.

Mengeringkan tubuh ternyata membutuhkan tata cara yang tepat supaya bebas dari masalah kulit seperit kering, bersisik, dan keriput. Utamanya pada bagian wajah. Untuk wajah, agar tetap lembab alami, ialah anda harus mengelap wajah dengan handuk lembut jangan sekali-kali gunakan handuk kasar untuk mengelap wajah. Hal ini malah bisa membuka pori-pori wajah makin luas, jadi sangat disarankan untuk menggunakan handuk dengan tekstur lembut yang sesuai untuk lapisan terluar pada wajah. Ingat handuk memiliki peran sebagai exfoliator.

Gesekan handuk berbahan kasar dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan kekeringan lebih lanjut, serta mengalami iritasi parah. Sekali lagi direkomendasikan untuk menggunakan handuk lembut dan bersih untuk mengelap bagian wajah.

4. Pakai pelembab yang tepat

Penyebab kulit kering bersisik dapat dihilangkan dengan oleskan pelembab ke bagian wajah dan kulit ubuh. Ingat pelembab untuk wajah tentunya berbeda untuk tubuh, pilihlah pelembab yang sesuai untuk tubuh dan wajah anda agar tidak terjadi ruam merah di kulit anda.  Anda mungkin perlu mengulangi mengoleskan pelembab beberapa kali dalam sehari. Hindari menggunakan toner atau astringent berbasis alkohol. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

Cara Merawat Kulit kering, bersisik, dan keriput

Sponsors Link

Cara merawat kulit kering, bersisik, dan keriput tidak sulit sama sekali. Ada bergaam cara yang sudah dibocorkan oleh artis-artis di media sosial, di televisi, dan bahkan oleh produk-produk terkenal di dunia. Mereka memperkenalkan produk sambil memberi tahu cara merawat kulit kering, bersisik, dan keriputnya.

Berikut secara singkat cara merawat dan mencegah kemunculan  penyebab kulit kering bersisik , bersisik, dan keriput supaya bisa kembali lebih kencang dan tetap lembab.

  • Untuk wajah, gunakan pelembab wajah yang sesuai untuk kondisi kulit wajah anda. Hindari penggunaan pelembab terlalu banyak tapi jangan sampai tidak pernah menggunakannya sama sekali, pilih lotion wajah yang mengandung UV A dan UV B agar kulit wajah terlindung dari bahaya sinar matahari. Hal yang sama juga harus diterapkan pada kulit tubuh anda.
  • Agar anda tidak memiliki kulit kering, bersisik, dan keriput sangat penting untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi dan minum air putih. Buah-buahan dan sayuran adalah dua bahan makanan yang paling tepat untuk mengembalikan kesehatan kulit tubuh anda.
  • Agar tidak mudah dehidrasi, minumlah air putih secara rutin. Minimal 8 gelas air putih dalam sehari. Air putih yang mengandung oksigen akan membantu menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah anda.
  • Rajin-rajinlah menggunakan masker dan scrub, cara ini akan membuat kulti wajah dan tubuh menjadi lebih sehat dan terhidrasi dengan baik. Pilih masker dan scrub yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti lemon, madu, pisang, dan lain sebagainya.
  • Konsumsilah vitamin pendukung, belilah vitamin yang seusai untuk kondis kulit anda, misalnya:
  • vitamin untuk kulit kering yang tepat ialah vitamin A yang terkandung dalam wortel dan sayuran hijau.
  • Vitamin untuk kulit bersisik ialah vitamin B complex yang terkandung dalam oatmeal, telur, pisang dan juga beras.
  • Vitamin untuk kulit keriput ialah Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk lemon, sayuran hijau, dan kol. Vitamin C dapat membantu anda menjaga kulit tetap lembab dan lembut sehingga jauh dari keriput dini.

Demikian beberapa ulasan dari kulit kering, berisik dan juga keriput mengapa itu bisa terjadi yang bisa anda ketahui bagaimana penanganannya dan perawatannya.

Sponsors Link
, , , , ,