Sponsors Link

Kulit Kaki Sering Gatal: Inilah Penyebab, Bahaya dan Pengobatan Ampuhnya

Sponsors Link

Kesehatan kulit, khususnya kulit kaki, bukanlah sesuatu yang dapat diremehkan atau dipandang sebelah mata. Kulit kaki merupakan bagian dari tubuh yang terlihat oleh mata telanjang ketika menemui orang lain. Apabila tidak diperhatikan, kulit kaki diancam dengan berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat terjadi meliputi kulit kering bersisik di leher, bahaya penyakit keloid dan kulit sering keluar bintik merah.

ads

Salah satu hal yang mengganggu hidup anda adalah apabila kulit kaki sering gatal: penyebab, bahaya dan pengobatan pun belum diketahui secara jelas. Pada bayi, gejala gatal tersebut terkadang juga didampingi dengan ruam merah pada kulit bayi, sementara pada orang dewasa, permasalahan tersebut akan mengganggu konsentrasi pada saat bekerja atau aktivitas lain.

Sebelum dapat mengatasi gangguan kulit kakiyang gatal, anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini penyebab – penyebabnya :

  1. Kulit kaki yang kotor dan jarang dibersihkan pada umumnya menyebabkan kulit kaki terasa gatal dan tumpukan daki akibat tidak bersihnya kulit juga tidak membantu.
  2. Baju dengan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit karena kasar atau bergesekan keras dengan kulit;
  3. Sabun dengan bahan dasar kimia yang terlalu keras sehingga menyebabkan kulit kaki yang sensitif lalu berakhir dengan kulit kaki sering gatal:penyebab, bahaya, pengobatan;
  4. Lingkungan yang kering atau matahari yang terik yang menyebabkan dehidrasi pada kulit kaki.
  5. Alergi pada benda-benda tertentu atau pada makanan tertentu dapat pula menjadi salah satu penyebab kegatalan pada kulit kaki.

Kulit kaki sering gatal, penyebab, bahaya, dan pengobatan merupakan sebuah hal yang penting untuk diketahui masyarakat sebagai pengetahuan dasar kesehatan sebab kulit kaki yang gatal bisa saja bukan hanya sekadar kulit yang gatal namun termasuk dalam gejala – gejala adanya penyakit yang lebih serius. Kondisi kulit kaki sering gatal: penyebab, bahaya dan pengobatan yang tidak segera ditindaklanjuti atau diperiksakan ke dokter dapat berujung pada bahaya-bahaya sebagai berikut:

1. Penipisan Kulit dan Kulit Yang Semakin Rapuh

Kegatalan yang hampir selalu diatasi dengan tindakan menggaruk untuk mengurasi rasa gatal tersebut sesungguhnya merupakan perbuatan yang tidak boleh dilakukan. Menggaruk akan mengikir kulit dan bahkan terkadang melukai kulit kaki yang apabila tidak dapat diobati dapat berujung pada infeksi serius.

2. Penyakit Kulit yang Lebih Serius

Kulit kaki yang gatal yang mungkin saja muncul bersamaan dengan gejala kesehatan lain atau berkembang menjadi lebih parah dapat menjadi sinyal dari tubuh bahwa anda sedang menghadapi penyakit yang lebih serius meliputi eczema, penyakit thiroid, penyakit atopic, penyakit seborrheic dan bahkan kanker kulit.

Apabila dompet anda kosong dan tidak mampu atau tidak punya waktu untuk meminta bantuan profesional, maka terdapat beberapa hal dan cara-cara yang dapat anda lakukan dalam usaha mengobati permasalahan kulit kaki yang cenderung gatal tersebut. Kulit kaki sering gatal: penyebab, bahaya dan pengobatan yang ampuh akan mengatasi permasalahan anda.

  1. Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi menggunakan sabun yang tidak terlalu keras pada kulit.
  2. Salep atau krim yang mengandung steroid juga dapat mengatasi rasa gatal di kulit, yang dapat pula memiliki jenis yang sama dengan salep untuk bercak putih.
  3. Cuka apel, selain dapat digunakan untuk cara menghilangkan kutil di leher dengan cuka apel, dapat pula berkhasiat dengan memudahkan rasa gatal pada kulit kaki mengingat khasiatnya terhadap kulit.
  4. Khasiat asam jawa untuk kulit dapat pula berpengaruh kepada kulit kaki yang seringkali gatal dan mengganggu sehingga mengkonsumsi asam jawa secara berkala dapat menyembuhkan rasa gatal secara perlahan.

Meskipun pengobatan yang telah diinformasikan di atas merupakan beberapa cara yang tentunya ampuh dalam mengatasi serta mendeskripsikan kulit kaki sering gatal: penyebab, bahaya dan pengobatan. Semoga artikel ini berguna bagi anda dan keluarga serta sesama anda. Terima kasih

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan