Sponsors Link

Kulit Gatal, Kering, dan Menghitam: Penyebab, Perawatan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyebab kulit gatal, kering, sampai menghitam ialah jamur. Setiap penyakit kulit yang mengakibatkan rasa gatal, kering, menimbulkan ruam merah sampai menghitam itu disebabkan oleh jamur, penyebab kulit gatal, kering sampai menghitam ini jarang diketahui oleh banyak orang. Pada umumnya mereka mengira hanya mengalami penyakit biasa yang tidak memerlukan perhatian khusus, namun ketika rasa gatal semakin menggila dan tak kunjung menghilang malah sampai mengakibatkan ruam merah pada kulit, barulah orang-orang akan bingung mencari cara untuk mengatasinya.

ads

Berikut paparan singkat penyebab kulit gatal kering, dan menghitam, gangguan kulit gatal kering dan menghitam penyebab penyakit yang tak boleh disepelekan beserta akibatnya:

1. Jamur

Ada jamur yang jadi penyebab kurap di selangkangan tapi ada juga yang membuat kulit di selangkangan menjadi gatal, kering, dan menghitam. Hal itu bisa terjadi karena amur tertentu memiliki kebiasaan hidup yang sangat khas, ada beberapa genus jamur yang khusus tumbuh di daerah selangkangan.

Gejala awal dari penyakit ini ialah kulit menjadi mewah kecokelatan sampai menghitam dnegan batas tegas, sehingga kalau dapat dilihat baik-baik akan terbentuk seperti pulau. Selain itu ada pula yang sampai bersisik dan mengelupas. Jamur ini sangat menganggu, timbul keinginan untuk menggaruk di bagian selangkangan karena area ini sering terkena keringat selama beraktivitas.

2. Intertrigo

Penyakit kulit kering yang disebut dengan istilah medis intertrigo. Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, ada peradangan kulit yang menjadi penyebab perubahan warna kulit menjadi kemerahan, rasa terbakal, gatal-gatal di bagian lipatan, dan sering menyerang area paha. Tidak hanya paha, penyakit ini juga bisa menyerang area selangkangan dan bagian tubuh yang sering lembab.

Intertrigo ialah peradangan pada kulit yang mempengaruhi lipatan kulit disebabkan karena sering terjadi gesekan antara kulit dengan pakaian. Seseorang yang terserang penyakit ini kondisinya bisa semakin buruk ketika berada di area yang sangat lembab atau di daerah yang terlalu panas, misalnya di daerah tropis seperti indonesia.

3. Akibat Infeksi Bakteri

Seseorang dapat mengalami kulit gatal kering dan menghitam ketika terkena infeksi bakteri. Bakteri dapat meningkatkan peradangan pada kulti menjadi kemerahan dan iritasi menjadi semakin parah. Bila sudah menjadi kemerahan, kulit yang terserang bakteri bisa mengalami infeksi dan penanganannya menjadi lebih sulit karena menyebar dan membuat penderita mengalami rasa nyeri sampai demam. Kulit yang terserang bakteri bisa mengalami kemerahan, gatal-gatal, bersisik, sampai ada pula yang sampai bernanah.

4. Akibat Scabies

Selain akibat di atas,  penyebab kulit kering bersisik di area selangkangan sampai menyebabkan gatal, kering, dan menghitam bisa jadi karena kutu sarcoptes scabei yang senang tinggal di sela-sela jari, perut, dan daerah selangkangan. Kutu jenis ini aktif di malam hari, sehingga anda akan merasakan gatal yang teramat sangat saat di malam hari. Oleh sebab itu, sebelum tidur anda pastikan sudah membersihkan diri dengan baik dan tidak lupa untuk membersihkan tempat tidur anda secara berkala untuk membebaskan anda dari bakteri lainnya.

5. Akibat Reaksi alergi

Penyakit kulit gatal kering dan menghitam bisa juga disebabkan karena reaksi alergi. Alergi bisa membuat anda merasa gatal, timbul bentol-bentol merah sampai kulit berwarna merah dengan batasan tertentu yang cukup tegas.

6. Penyakit Eksim

Sponsors Link

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada juga kulit gatal kering dan menghitam disebabkan karena dermatitis, yakni penyakit kulit atau kelainan pada kulit akibat terjadi peradangan dan iritasi. Penyakit ini yang paling dikhawatirkan semua orang dan banyak orang sudah mengalaminya. Peradangan yang disebut juga dengan penyakit eksim ini pada umumnya menyerang daerah tangan dan kaki.

Eksim kering menahun yang paling sering dijumpai di masyarakat atau menyerang sebagian besar masyarakat Indonesia ialah eksom atopik atau dermatitis atopik. Eksim seirng muncul pada anak-anak yang beumur di atas 2 tahun. Pada beberapa orang eksim akan menghilang dengan sendirinya, namun tidak sedikit pula yang mengalami eksim sepanjang hidupnya. Pada tipe kedua, eksim dapat kambuh kapan saja, karena tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, obat yang ada hanya dapat membantu mengendalikan penyakit ini dan mengurangi rasa gatal ketika kambuh.

Jenis-Jenis Penyakit Eksim Dan Gejalanya

Dikarenakan penyakit eksim sering dijumpai di masyarakat dan menjadi momok di tengah-tengah masyarakat. Mari kita bahas lebih lanjut tentang jenis-jenis penyakit eksim yang meimbulkan kulit gatal, kering, dan menghitam.

Berikut jenis-jenis eksim:

  • Eksim Basah
ads

Eksim basah pada umumnya menyerang dengan daya tahan tubuh lemah. Oleh karena itu, bagi anda yang merasa memiliki tubuh lemah, sebaiknya hati-hati. Eksim basah lebih cepat menyebar dibandingkan dengan eksim kering.

Gatal akan lebih sering muncul karena bakteri tersebut akan lebih cepat beraksi pada saat anda berkeringat. Meskipun demikian, pada dasarnya eksim basah lebih mudah disembuhkan daripada eksim kering, hanya saja lebih mudah menyebar karena  penyebab penyakit eksim basah ialah bakteri atau virus yang sangat aktif terutama bila dipicu oleh kondisi lembab, tidak hanya oleh keringat, tapi bisa terjadi ketika kulit tubuh anda tersiram air.

  • Eksim kering

Sudah sedikit disinggung apa itu eksim kering yang dapat  menyerang bagian tubuh manapun. Eksim paling seirng menyerang daerah buku-buku jari, lipatan selangkangan, lipatan tengkuk, sela-sela jari, dan masih banyak lagi area yang berpotensi terkena eksim kering, termasuk daerah wajah.

Ciri-ciri Dan Gejala Eksim, Kulit Gatal Kering dan Menghitam

Berikut anda harus memahami ciri dan gejala eksim, baik itu eksim basah maupun eksim kering. ketika anda sudah mengetahui perbedaannya, anda bisa mengetahui cara mengatasi penyakit eksim yang menyerang kulit anda.

  • Eksim kering memiliki warna yang lebih hitam. Hal ini menunjukkan bawa kulit telah mengering, sehingga warna kulit juga mulai menghitam karena sel kulit telah mati.
  • Seseorang yang mengalami eksim kering mengalami rasa gatal yang lebih jarang daripada seseorang yang terserang eksim basah. Seseorang yang menderita penyakit eksim kerim biasanya akan merasakan gatal yang memuncak ketika sangat berkeringat dan sesudah makan makanan berbahan hewani. Untuk anda yang memiliki eksim kering, sangat disarankan untuk menghindari makan makanan hewani sebelum sembuh.
  • Sifat penyakit ini sama, biasanya bisa bertahan lama dari satu sampai dua tahun bahkan bisa bertahun-tahun jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Oleh karenanya disarankan agar anda mendatangi dokter kulit untuk berkonsultasi mengetahui penyebab penyakit lebih cepat lebih baik kemudian menerima obat yang direkomendasikan oleh dokter kulit anda.
  • Gejala penyakit eksim baik kering maupun basah pada umumnya sama, yakni penderita akan mengalami rasa panas dan gatal yang berlebihan pada bagian yang terkena eksim. Rasa gatal akan memuncak di malam hari karena udara yang semakin lembab. Selain itu, pada beberapa kasus akan memperlihatkan lepuhan-lepuhan kecil pada kulit. Resiko selanjutnya kulit akan terasa kering dan bersisik. Pada beberapa kasus juga akan mengalami pembengkakan disertai dengan rasa panas dan gatal. Sangat dianjurkan agar anda tidak menggaruknya karena bisa menyebabkan luka.
  • Sifat kedua eksim, baik basah maupun kering sama-sama cepat menular pada bagian kulit yang lain, terutama jika anda merasa gatal dan menggaruknya.

Perawatan untuk menghindarkan diri dari kulit gatal kering dan menghitam

Bagi anda yang belum mengalami penyakit eksim, sebaiknya melakukan hal-hal berikut yang akan kami rekomendasikan kepada anda supaya tidak pernah penyakit eksim. Di samping itu, cara-cara berikut ini juga dapat menjadi cara mengurangi penyakit eksim yang sudah menyerang anda menjadi tidak menyebar lebih lusa ke seluruh bagian tubuh. cobalah langkah-langkah berikut ini:

  • Untuk menghindarkan diri dari penyakit eksim yang menyebabkan kulit gatal kering dan menghitam anda harus rajin menggunakan pelembab kulti sehabis mandi. Oleskan merata ke seluruh bagian tubuh seperti tangan, kaki, lengan, punggung, dan beberapa sisi tubuh lainnya.
  • Bagi anda yang sudah terserang penyakit eksim baik itu basah maupun kering kompres area yang terjangkit penyakit tersebut secara berkala dengan air dingin dan basah.
    Sponsors Link

  • Terkait dengan fashion sehari-hari, kenakan pakaian berbahan katun yang bertekstur halus untuk menghindarkan tubuh dari iritasi dan produksi keringat berlebih. Bila sudah berkeringat, sangat disarankan agar anda mengganti pakaian sesegera mungkin agar bakteri tidak lekas berkumpul di kulit.
  • Olahraga yang terbaik untuk seseorang yang menderita eksim ialah melakukan relaksasi untuk meredakan stress. Sebab stress juga dapat meningkatkan atau memperburuk  penyakit kulit eksim yang sudah muncul di kulit tubuh anda.
  • Hindarkan diri untuk menggaruk area yang sudah terserang penyakit eksim. Hal ini perlu dilakukan sebab menggaruk menjadi faktor utama gejala penyakit eksim bisa semakin buruk.

Cara Mengobati kulit gatal, kering, dan menghitam secara alami

Ada beberapa cara untuk mengobati penyakti eksim secara alami. Dikarenakan penyakit eksim digolongkan sebagia penyakit ringan yang dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan sederhana, maka semua orang pasti bisa menerapkannya, beirkut tips mengatasi penyakit eksim, kulit gatal, kering, dan menghitam.

  • Oleskan minyak kelapa organik pada kulit yang mengalami eksim. Kandungan vitamin E dan asam lauratnya dapat meredakan gejala eksem dan juga meredakan rasa gatal akibat aktifitas bakteri. Oleskan setelah anda mandi.
  • obat eksim tradisional paling ampuh ialah oleskan gel lidah buaya yang mengandung antiinflamasi dan antimikroba. Zat tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi kulit gatal, kering, dan menghitam karena kedua zat tersebut membantu mengurangi rasa gatal pada permukaan kulit. Pemakaian yang teratur dapat menyembuhkan eksim.
  • Oleskan Minyak Almond yang kaya akan vitamin E  yang dapat membantu menyembuhkan eksem dan mengembalikan permukaan kulit ke bentuk semula.

Itulah beberapa ulasan mengenai beberapa ulasan dari kulit gatal, kering dan bisa menghitam yang bisa anda ketahui bagaimana penyebab dan perawatannya yang mudah untuk dilakukan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Eksim