Sponsors Link

Kulit Buah Zakar Gatal dan Mengelupas: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Mungkin Anda para pria pernah merasakan gatal-gatal pada kemaluan terutama di area kulit buah zakar Anda? Tentu apabila ini terjadi, akan terasa tidak nyaman. Terlebih ketika harus bertemu dengan banyak orang, tentu masalah tersebut menjadi masalah yang cukup serius bagi Anda.

ads

Biasanya gatal-gatal tersebut juga bersamaan dengan kulit kemaluan mengelupasnya pada buah zakar Anda. Anda khawatir dan mencari tahu bagaimana itu bisa terjadi? Tak perlu khawatir karena artikel kali ini akan membahas hal tersebut. Berikut akan dijelaskan mengenai gatal dan mengelupasnya kulit buah zakar. Mulai dari penyebab, bahanya dan pengobatannya.

Penyebab Kulit Buah Zakar Gatal dan Mengelupas

Gatal dan mengelupasnya kulit buah zakar pada pria disebabkan oleh beberapa alasan. Mungkin salah satu dari yang disebut di bawah adalah penyebab gatal dan mengelupasnya kulit buah zakar Anda.

  • Intertrigo

Intertrigo adalah inflamasi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur infeksi tertentu. Ciri-cirinya antara lain perih, kulit menjadi kasar, dan ruam kemerah-merahan. Bakteri ini lebih sering berkembang pada daerah kulit yang berlipat dan lembab seperti kulit buah zakar pria. Sehingga skrotum gatal dan terkadang mengelupas pula.

  • Kutu kemaluan

Penyebab kulit buah zakar gatal yang lain adalah kutu kelamin. Dengan gigitannya, rasa gatal akan menjadi hal yang membuat Anda tak nyaman. Kutu dan telurnya berkembang biak pada rambut kelamin Anda.

  • Tinea Cruris

Penyebab umum kulit buah zakar Anda gatal dan mengelupas adalah tinea cruris. Tinea cruris juga disebabkan oleh baktei dan jamur penyebab infeksi yang tumbuh dan berkembang di area yang lembab. Sehingga kulit buah zakar Anda menjadi area yang tepat untuk berkembang baik.

Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang menyebabkan gatal dan mengelupasnya kulit buah zakar pria. Meskipun kutil kelamin dapat hilang, penyakit ini dapat muncul lagi jika virus berkembang lagi pada daerah kemaluan Anda.

  • Herpes

Herpes juga merupakan penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan ruam gatal dan biasanya mengelupas juga pada kelamin Anda terutama pada kulit buah zakar. Setelah beberapa hari ruam ini akan melepuh emnjadi lebih parah.

Gatal dan mengelupasnya penyebab buah zakar turun Anda tentu menjadi masalah yang tidak boleh diabaikan. Apalagi melihat beberapa penyebab uyang sudah diuraikan di atas. Lantas bahayakah gatal dan mnegelupasnya kulit buah zakar? Berikut akan dijelaskan bahaya kulit buah zakar yang gatal dan mengelupas.

Bahaya Kulit Buah Zakar yang Gatal dan Mengelupas

Sponsors Link

Kulit buah zakar Anda yang gatal dan mengelupas memiliki beragam penyebab. Tetapi semua penyebab tersebut adalah adanya penyakit kelamin pada diri Anda. Sehingga gatal dan mengelupasnya kulit tersebut menjadi cukup bahaya jika masalah yang mengjangkit kelamin Anda juga cukup serius. Maka jangan abaikan jika Anda merasa gatal pada kelamin Anda bahkan ada kulit yang mengelupas atau seperti penyebab kulit sering bersisik.

Bisa jadi ini menajdi gejala atau tanda masalah kelamin yang cukup serius. Seperti halnya gatal yang Anda alami bisa jadi merupakan gejala herpes. Sedangkan herpes tidak bisa ditangani dengan bahan alami atau pengobatan menggunakan produk yang beredar di masyarakat. Anda harus melakukan uji laboratorium terlebih dahulu agar dokter memberikan obat sesuai kebutuhan Anda.

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Pengobatan kulit buah zakar yang gatal dan mengelupas dapat dilakukan tergantung dari seberapa parah dan meluasnya luka tersebut. Sehingga identifikasi terlebih dahulu luka Anda dan sesuaikan pengobatannya. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Pemberian krim anti-jamur. Krim anti-jamur tersebut biasanya berfungsi untuk mengurangi tinea cruris. Dengan menggunakannya secara rutin, Anda akan terhindar dari tinea cruris.
  • Sampo dan lotion khusus anti-jamur. Sampo dan lotion ini digunakan untuk pengobatan kutu kemaluan Anda. Kandungan pada obat tersebut dapat membunuh kutu sekaligus telur-telurnya.
  • Pelembab dan minyak khusus. Pelembab dan minyak khusus ini juga bertujuan untuk mengobati trinea cruris yang merupakan salah satu penyebab kulit buah zakar Anda gatal dan mengelupas.
  • Obat khusus bagi penyakit menular seksual. Obat ini didapatkan melalui uji laboratorium terlebih dahulu dengan dokter spesialis Anda. Obat yang diberikan akan sesuai dengan diagnosis yang didapatkan oleh dokter.

Beragam masalah kesehatan kulit terutama pada kelamin baik pria maupun wanita pada umunya disebabkan oleh kurang bersihnya diri dalam menjaga organ vital. Sehingga menjaga kebersihan tubuh adalah langkah utama yang paling penting dilakukan. Hal-hal sederhana seperti membersihkan kemaluan secara rutin, membilas kemaluan sampai bersih ketika selesai baung air kecil, mengganti pakaian dalam Anda secara teratur, segera mengganti ketika celana dalam basah meskipun baru dipakai, dan menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan kemaluan dapat membantu Anda untuk mencegah munculya gatal dan mengelupasnya kulit penyebab varises pada buah zakar Anda.

Sudah tahu, kan apa penyebab dan pengobatan yang tepat saat kulit buah zakar Anda gatal dan mengelupas? Meskipun demikian, jangan pernah lupa untuk mengkonsultasikan keluhan Anda tersebut kepada dokter spesialis Anda. Hal ini bertujuan agar Anda mendapat penangan dan pengobatan yang tepat. Sehingga masalah kesehatan Anda segera membaik terutama masalah kulit. Jangan mengabaikan atau bahkan melakukan tindakan yang bukan medis yang dapat memperparah masalah kesehatan Anda.

Sponsors Link
, , ,