Sponsors Link

Kulit Bibir Bayi Sering Mengelupas: Penyebab, Bahaya dan Penanganan

Sponsors Link

Memiliki buah hati adalah dambaan semua wanita. Bayi memang lebih menggemaskan lantaran masih sangat lucu. Kendati demikian, bukan berarti bayi tidak mempunyai masalah. Ada banyak kasus yang terjadi pada bayi mulai dari penyakit ringan sampai kronis. Akan tetapi yang paling umum terjadi adalah masalah pada bibir bayi yang seringkali kering dan pecah-pecah. Bahkan hampir semua ibu mengeluhkan hal ini karena merasa khawatir terhadap kondisi buah hatinya. Mungkin anda juga pernah menemui kasus seperti ini?

ads

Kulit Bibir Bayi Sering Mengelupas menjadi kasus yang dominan terjadi. Sebagai ibu, cukup wajar bila anda mengkhawatirkan hal ini. Selain rasa takut seorang ibu terhadap anaknya, sebenarnya kulit bibir pada bayi yang mengelupas juga menjadikan seorang ibu juga tidak nyaman pada saat menyusui. Tentang kondisi ini, semuanya akan di sampaikan dalam kesempatan ini mulai dari penyebab, bahaya sampai dengan penanganan yang tepat untuk Kulit Bibir Bayi Sering Mengelupas.

Penyebab

  • Dehidrasi

Bibir bayi yang baru saja lahir umumnya mudah kering, dan hal ini  bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Diantaranya seperti faktor kebiasaan, asupan, dan juga faktor lingkungan yang juga turut memengaruhi kelembapan pada bibir bayi. Salah satu penyebabnya yakni karena bayi telah mengalami dehidrasi, tidak hanya rasa saja melainkan kulit juga bisa dehidrasi.

Bayi baru lahir bisa saja jadi kurang menerima ASI lantaran ASI sang ibu belum banyak keluar dari payudara, khususnya pada hari-hari pertama pasca masa persalinan. Selain ASI yang telat, haid sering telat setelah melahirkan juga sudah menjadi hal wajar bagi setiap wanita.

  • Cuaca Panas

Di tambah lagi, cuaca yang panas dan juga kering juga turut memperburuk kondisi bibir kering pada bayi anda. Lingkungan sekitar bayi yang panas serta kering mampu membuat bibir bayi mudah kehilangan kelembabannya. Disamping itu, kebiasaan bayi yang menjilati bibirnya juga dapat memicu bibir bayi makin tambah kering. Mungkin memang keadaan kering pada bibir bayi bukan kondisi yang serius, tetapi hal ini bisa jadi pertanda bahwa adanya masalah kesehatan pada bayi anda apabila telah terjadi dalam waktu cukup lama.

  • Kurang/Kelebihan Vitamin

Kurangnya vitamin tertentu pada bayi juga bisa menyebabkan bibir bayi kering atau pecah-pecah. Selain itu, konsumsi terlalu banyak vitamin A juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan bagi anda sebagai orang tua karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Sedangkan untuk usia bayi yang sudah bisa mengkonsumsi jenis-jenis vitamin alami, bisa berikan makanan sehat untuk kesehatan kulit berikut.

Bahaya?

Lantas apakah masalah pada kondisi Kulit Bibir Bayi Sering Mengelupas cukup berbahaya? Pertanyaan ini banyak sekali menjadi tanda tanya besar karena sudah pasti semua ibu ingin mengetahuinya.

Sebenarnya tidak berbahaya untuk kasus kulit bibir bayi sering mengelupas. Hal ini karena pengaruh keadaan saja. Akan tetapi jika saat mengelupas terjadi dalam jangka cukup lama, sudah seharusnya anda memeriksakan pada dokter. Bahaya atau tidak, jika terjadi dalam waktu lama di khawatirkan mengarah pada kondisi kesehatan lainnya.

Penanganan

  • Oleskan ASI

Keadaan bibir bayi yang kering tidak hanya membuat bayi terganggu, tetapi juga anda sebagai ibu. Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mengobati bibir kering pada bayi tersebut yakni dengan mengoleskan ASI menggunakan jari anda ke bibir bayi.

ASI bukan hanya bisa memberikan kelembapan pada bibir bayi, namun juga mampu mencegah infeksi pada bibir bayi yang mengalami pecah-pecah. Tidak hanya menjaga kelembapan Bayi saja, ASI juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bintik merah pada bayi dan juga cara mencegah campak.

Sponsors Link

  • Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mempunyai kandungan asam laurat yang juga terkandung di dalam ASI. Jika payudara anda terasa perih, nyeri, atau sakit usai menyusui, anda bisa mengoleskan krim khusus atau minyak kelapa pada puting payudara anda. Selain mengobati, sebagai seorang ibu anda tentu juga perlu mencegah agar bibir bayi anda tidak terus kering.

Hal penting yang harus di lakukan adalah dengan memastikan bayi mendapatkan ASI yang cukup. Intinya, pastikan bahwa anda telah memberikan cukup ASI pada bayi. Lalu yang perlu Anda perhatikan lainnya adalah, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat eksim tradisional, cara mengobati biduran dengan air kelapa, hingga ke cara menghilangkan keloid.

  • Berikan ASI yang Cukup

Perhatikan juga seberapa banyak dan seberapa seringnya bayi anda menyusu. Sebagai informasi, yang perlu di ingat adalah semakin sering bayi menyusu, maka semakin banyak juga ASI yang diproduksi payudara. Hal ini yang akan mendorong kelancaran pemberian ASI ke bayi. Selain itu, kelembapan ruangan tetap harus di perhatikan agar tetap terjaga dengan baik.

  • Buat Suhu Ruangan yang Stabil

Pastikan bahwa suhu di dalam rumah tidak terlalu kering dan panas. Sehingga kelembaban kulit dan juga bibir bayi ikut terjaga. Apabila bayi anda harus keluar rumah di saat cuaca sedang cerah atau berangin, tutupi wajah bayi dengan kain ringan. Meski kulit bayi terbilang masih muda sekali, akan tetapi bisa saja mengalami kulit kering, bersisik dan keriput. Jadi, berusahalah untuk selalu melindunginya.

Demikianlah penyebab, bahaya sampai dengan penanganan pada kasus Kulit Bibir Bayi Sering Mengelupas, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Oleh :