Sponsors Link

Kulit Bersisik dan Mengelupas: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatan yang Tepat

Sponsors Link

Memiliki kulit yang lembut dan sehat adalah idaman pada wanita. Oleh karena itu, mereka rela keluar banyak uang untuk membeli produk perawatan kulit. Jika Anda malas menggunakan produk-produk tersebut karena kandungan bahan kimiawinya, Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis rempah dan herbal. Indonesia kaya akan produksi kunyit, cuka apel, madu, avokad dan banyak lagi.

ads

Bahan-bahan alami tersebut mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit ringan seperti cara mengatasi kulit kering. Namun, bagaimana jika masalah kulit yang Anda derita adalah kulit bersisik dan mengelupas? Kondisi ini tentu bukan kondisi main-main dan membutuhkan pertolongan medis yang intensif untuk menyembuhkannya. Sebab, bisa jadi masalah ini berkaitan dengan sebuah penyakit kulit tertentu.

Kulit Bersisik dan Mengelupas

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis penyakit kulit parah memiliki gejala kulit bersisik dan mengelupas, selain itu kadang gejala yang muncul adalah kulit kering bersisik dan keriput. Hal tersebut adalah kondisi di mana kulit Anda kering dan bersisik seperti sisik ikan. Kulit-kulit kering tersebut mudah sekali terkelupas. Kondisi ini bisa disertai dengan rasa gatal atau perih ketika sisik-sisik kulit tersebut terkelupas.

Penyebab Kulit Bersisik dan Mengelupas

Penyebab utama dari kulit bersisik dan mengelupas, kadang juga disertai dengan keluhan kulit gatal kering dan menghitam adalah pengelupasan kulit mati. Sel-sel kulit mati memang biasanya mengalami pengelupasan untuk memberikan kesempatan pada jaringan kulit baru berkembang. Sayangnya, pengelupasan kulit terjadi karena lapisan tersebut lebih dulu mengalami kerusakan.

Sementara itu, produksi minyak yang minim di area kulit membuat sel-sel kulit mati mengalami dehidrasi dan kering. Produksi minyak yang kurang juga membuat kulit tidak elastis sehingga membentuk sisik. Di sisi lain, kerusakan kulit juga menghambat pembentukan jaringan kulit baru. oleh karena itu, kulit bersisik yang terkelupas kadang meninggalkan rasa perih dan kemerahan.

Namun, Ada kondisi lain yang menjadi penyebab kulit kering bersisik serta mudah terkelupas. Kondisi ini biasanya merujuk pada beberapa penyakit kulit parah seperti berikut.

  • Psoriasis, adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan kulit baru yang terlalu cepat sementara sel kulit lama tidak kunjung terkelupas. Psoriasis membuat kulit penderitanya kering, kemerahan, bersisik dan mengalami pengelupasan.
  • Dermatitis, terdiri dari berbagai jenis seperti dermatitis atopik dan seboroik. Meski tampak berbeda, keduanya disebabkan oleh peradangan di area kulit yang menyebabkan kulit kering dan bersisik serta mudah terkelupas baik terjadi pada kulit kepala maupun kulit lainnya.

Bahaya Kulit Bersisik dan Mengelupas

Jangan abaikan jika kulit Anda sering kering dan bersisik serta mudah terkelupas. Hal tersebut mengindikasikan adanya anomali dalam jaringan kulit Anda. Jika dibiarkan terus, gejala tersebut bisa menyeret Anda pada penyakit kulit lainnya yang lebih parah. Di sisi lain, kulit kering dan mudah terkelupas yang Anda derita juga akan membuat Anda tampak buruk secara visual.

Kulit bersisik yang berakhir pada pengelupasan akan menimbulkan jenis-jenis ruam kulit. Kelainan ini kerap kali disertai dengan perasaan tidak nyaman, rasa gatal yang tidak terkira, serta rasa perih baik ketika terkena air maupun terangin-angin. Jika dibiarkan terus, pertumbuhan kulit Anda akan terganggu.

Pengobatan Kulit Bersisik dan Mengelupas

Sponsors Link

Ada banyak pengobatan yang bisa Anda ambil untuk mengatasi kulit bersisik dan mengelupas, baik pengobatan secara medis mau pun melalui jalur pengobatan tradisional dan herbal. Anda memiliki sepenuhnya kehendak untuk menentukan pengobatan yang lebih sesuai dan dibutuhkan. Namun, berikut adalah alternatif jika Anda mengambil jalur pengobatan medis maupun tradisional.

  • Mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit adalah hal yang perlu Anda lakukan ketika Anda melakukan pengobatan baik secara medis atau tradisional. Anda disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah sayuran yang memiliki banyak kandungan mineral, antioksidan, serta mampu menstimulus produksi melanin di dalam jaringan kulit.
  • Pengobatan Topikal diambil jika kulit bersisik dan mengelupas yang Anda derita adalah gejala dari penyakit Psoriasis. Ada dua jenis pengobatan topikal yakni kortikosteroid topikal dan retinoid topikal.
  • Fototerapi atau terapi cahaya bisa menjadi alternatif lain untuk menyembuhkan kulit bersisik dan mengelupas. Ada beberapa jenis fototerapi yang bisa Anda ambil yakni fototerapi UVB, Fototerapi UB narrowband, Terapi Goeckerman, dan Photochemoteraphy.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang dikomsumsi secara oral seperti obat retinoid, methotrexate, siklosporin, dan thioguanine. Pengobatan obat jenis ini tentu harus sesuai dengan resep dan saran dokter.
  • Menggunakan pelembap baik pelembap modern maupun pelembap yang diracik dari bahan herbal seperti lidah buaya, avokad, serta madu.
  • Memenuhi kebutuhan air minum. Satu hal yang perlu Anda tahu adalah kulit juga bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi kulit bisa menyebabkan masalah kulit bersisik dan mengelupas. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan air minum.

Mengalami kulit bersisik dan mengelupas tentu menjengkelkan. Selain membuat Anda tidak nyaman karena rasa gatal dan perih, kulit bersisik juga membuat Anda tampak buruk secara visual. Penyakit kulit ini tidak hanya akan memengaruhi kesehatan tubuh Anda tetapi juga memberikan pengaruh buruk terhadap psikologis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pencegahan dan pengobatan yang sesuai.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :