Sponsors Link

Kulit Bayi Sering Bentol Merah: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Bentol merah pada bayi merupakan hal yang biasa terjadi. Semua bayi terkadang mengalami hal tersebut, memang banyak sekali faktor yang menyebabkan bentol merah yang terjadi pada bayi. Kulit bayi yang masih memiliki sifat sensitif terhadap lingkungan maupun udara, bisa saja menjadi pemicu terjadinya kulit gatal, kering dan menghitam pada bayi. Biasanya tidak berbahaya, tapi kita juga harus tetap menjaga agar bayi tidak terkena bentol merah yang menyebabkan ruam. Apa saja penyebab bentol merah pada bayi?

ads

1. Ruam Karena Popok

Ruam karena popok juga bisa menyebabkan bayi terkena bentol- bentol merah. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena kulit bayi terlalu sensitif. Ruam pada bayi biasanya terjadi karena kelalaian orang tua dalam mengganti popok yang sudah penuh.

2. Eksim

Eksim terkadang memang sering terjadi pada beberapa mengalami ruam pada kulit bayi dan pada anak. eksim juga bisa mengakibatkan gatal dan bisa menyebabkan kulit pecah-pecah. Apa penyebab eksim? Eksim biasanya terjadi pada kulit yang alergi dan sensitif.

3. Biduran

Biduran bisa saja terjadi karena adanya alergi pada obat-obatan atau hal yang lainnya seperti makanan, suhu yang dingin dan sengatan hewan.

4. Biang Keringat

Biang keringat bisa saja menjadi penyebab bintik merah dan ruam merah pada kulit bayi. Kenapa biang keringat pada bayi? Biang keringat disebabkan oleh cuaca panas yang terjadi di tempat anda.

Bahayakah Kulit Bayi yang Sering bentol Merah?

Berbahaya atau tidaknya bentol merah yang terjadi pada bayi tergantung faktornya dan penyebab yang terjadi pada kulit bayi. Jika masih bisa ditangani oleh orang tua, berarti itu masih dalam hal ringan, karena tanpa adanya bantuan dokter. Jadi kenali penyebab bentol merah pada anak anda.

Itu tadi beberapa penyebab bentol dan apakah penyebab bentol merah dan menghitam pada kulit yang harus kamu ketahui. Kamu pasti bingung, bagaimana cara menanggani bentol pada bayi tersebut? Dalam ulasan ini nanti, kita akan bahas tentang cara penanganan pada bayi yang terkena bentol merah yang bisa mengakibatkan ruam dan hal lainnya.

Penanganan pada Kulit Bayi yang Sering Bentol Merah

1. Jika Terjadi Ruam Popok

Jika bentol pada bayi dikarenakan oleh ruam popok/ lupa mengganti popok sehingga mengakibatkan bentol merah pada bayi. Sebaiknya, kamu mengganti popok dan memberi salep pada ruam tersebut atau beri bedak yang sudah di beli di apotik.

2. Eksim

Beri salep atau mandikan bayi sehari dua kali atau tiga kali, dengan cara di tepuk dengan halus dan hindari menggosok pada area yang gatal. Beri salep atau krim yang bisa menyembuhkan eksim tersebut, sesuai dengan petunjuk dokter

3. Biduran

Jika tanda biduran akan sembuh dan hilang dengan sendirinya setelah 2 hari, tapi jika dalam beberapa hari tidak hilang, sebaiknya dibawa ke dokter dan biarkan dokter yang akan menangani bayi tersebut. Pastinya dokter bisa mengatasi masalah tersebut

4. Biang Keringat

Jauhkan bayi pada ruangan yang panas dan lembab, dan jangan pernah memakaikan baju tebal pada bayi saat suhu panas, dan bawalah bayi pada suhu ruangan yang sejuk, agar biang keringat tidak terjadi.

Nah, itu tadi beberapa penyebab terjadinya kulit bayi sering bentol merah dan apa saja penyebabnya, bahaya atau tidaknya bentol pada kulit bayi yang sering terjadi, dan penaganannya.

Sponsors Link
, , ,